WIR Group Raih Penghargaan dari Presiden Malta Terkait Metaverse

Perusahaan teknologi Indonesia, WIR Group menerima penghargaan The Mediterranean Tourism Great Sea Awards yang diserahkan langsung oleh Presiden Malta, George Vella. Hal ini terkait dengan metaverse di sektor pariwisata.

Mediterranean Tourism Foundation mengadakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) setiap tahun. Mediterranean Tourism Foundation juga memberikan penghargaan kepada para tokoh atas kerja dan kontribusi mereka dalam mempromosikan pariwisata di kawasan Mediterania.

Tahun ini, WIR Group berhasil meraih penghargaan tersebut. Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan dan apresiasi dari negara yang terletak di Laut Mediterania di Eropa selatan.

WIR Group dinilai secara konsisten, membangun kesadaran seluruh pemangku kepentingan di kawasan Mediterania mengenai potensi pemanfaatan dunia maya dan seluruh elemennya, baik Realitas Tertambah (AR), Realitas maya (VR) serta alias kecerdasan buatan Kecerdasan buatan (AI) untuk pariwisata.

WIR Group melalui anak perusahaannya, PT Mata Nilai Republik mengembangkan inisiatif gamifikasi bernama MINAR pada tahun 2019. MINAR merupakan aplikasi teknologi AR yang mampu menggerakkan sektor pariwisata Malta.

Penerapan tersebut juga dinilai dapat memperkuat sumber daya manusia (SDM) dalam menghadapi perubahan teknologi di industri. Kemudian, dapat memastikan standar tertinggi dan kualitas produk pariwisata di kepulauan Malta.

Malta adalah salah satu negara dengan peraturan blockchain pertama di dunia. Alhasil, pengembangan teknologi menjadi salah satu prioritas utama.

“WIR Group telah aktif terlibat dalam Mediterranean Tourism Forum sejak 2015. WIR Group terus berbagi pengetahuan dan wawasan berharga yang menginspirasi para pemangku kepentingan di kawasan Mediterania untuk terus berinovasi dan menatap masa depan,” ujar Sekjen dan Co-Founder dari Mediterranean Tourism Forum Andrew Agius Muscat dalam siaran persnya, Rabu (16/6).

Komisaris Utama dan Co-Founder WIR Group Daniel Surya mengatakan, perusahaan berupaya untuk berkembang dan berinovasi. Dengan cara ini, teknologi yang diciptakan sejalan dengan tujuan perusahaan, yaitu menyediakan dunia metaverse yang layak huni bagi semua orang.

Baca Juga:   Merck Bagi Dividen Rp 240 per Saham, 80% dari Laba Bersih

“Kami harap platform Metaverse yang kami kembangkan dapat memenuhi kebutuhan berbagai sektor industri, sehingga manfaatnya dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya.

WIR Group adalah perusahaan berbasis teknologi AR, VR, dan AI asal Indonesia yang telah melayani lebih dari 20 negara. Perusahaan juga memiliki lima paten terdaftar.

WIR Group juga terdaftar dalam “Metaverse Companies to Watch in 2022” versi majalah bisnis internasional Forbes GE.

Di Indonesia, WIR Group aktif mengembangkan metaverse dan berkolaborasi dengan sejumlah sektor. Baru-baru ini, WIR Group berkolaborasi dengan platform aplikasi olahraga lari virtual 99Virtual Race (99VR).

Kolaborasi ini bertujuan untuk menghasilkan pengalaman berlari yang lebih menarik dan imersif di metaverse. “Pengguna 99VR dapat berlari dan bersepeda, dan bahkan bersaing dengan siapa pun di metaverse,” kata Pendiri dan CEO 99VR Stevie Go.

WIR Group juga menjalin kerjasama dengan sektor lain, misalnya di bidang media, WIR Group bekerjasama dengan PT Net Visi Media Tbk (NET TV), melalui anak usahanya PT Net Media Digital (NMD).

Di bidang perbankan, WIR Group telah mendirikan sejumlah bank BUMN, seperti PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), dan PT Bank Mandiri Tbk.

Di bidang pendidikan, WIR Group bekerjasama dengan Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya untuk mengembangkan mata kuliah di metaverse. Selain itu, ia membesarkan SMA Media Komunikasi Trisakti.

WIR Group juga bekerja sama dengan inkubator Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UKM), Kaya.id untuk mengembangkan teknologi metaverse untuk UKM. Kolaborasi ini memungkinkan 400 UKM untuk bergerak ke dunia maya.

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli WIR Group Raih Penghargaan dari Presiden Malta Terkait Metaverse

Baca Juga:   Indonesia Tetap Undang Putin ke G20, AS Keberatan

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

BeritaWIR Group Raih Penghargaan dari Presiden Malta Terkait Metaverse

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini