Wikipedia Blokir Edit Halaman Resesi Setelah ‘Perang Sunting’ Naskah

Setelah Amerika Serikat pada Kamis (27/7) pekan lalu mengumumkan bahwa pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat kembali terkontraksi sebesar 0,9% pada kuartal kedua tahun ini. Hal ini menyebabkan negara tersebut mengalami kontraksi berturut-turut dalam dua kuartal terakhir.

Namun, Presiden Joe Biden bersikeras bahwa negaranya belum memasuki resesi, karena menggunakan indikator resesi lebih luas.

Indikator resesi ini kemudian menjadi bahan perdebatan di platform ensiklopedia gratis Wikipedia. Beberapa pengguna baru, yang memiliki nama akun berbeda, mencoba mengedit arti resesi agar memiliki arti yang lebih luas daripada kesepakatan umum para ekonom.

Untuk diketahui, secara teknis, para ekonom di dunia meyakini bahwa indikator resesi sudah dimulai ketika negara tersebut mengalami kontraksi ekonomi selama dua kuartal berturut-turut. Hal ini diukur berdasarkan penurunan produk domestik bruto (PDB).

Pengguna Wikipedia baru membuat tambahan yang dinilai melanggar kebijakan Wikipedia. Revisi memicu ‘perang edit’ yang membuat editor sukarelawan terdaftar berulang kali mengembalikan perubahan untuk mematuhi kebijakan situs. Dalam hal ini, wajib mencantumkan kutipan yang akurat dan tidak bias politik.

Akibatnya, Wikipedia memblokir pengguna baru untuk mengedit versi bahasa Inggris dari halaman resesi, hingga 3 Agustus 2022.

Mengutip laporan Fortune.com, seorang administrator situs Wikipedia bernama Anarchyte memindahkan halaman resesi ke status semi-protected. Berdasarkan kebijakan Wikipedia, pengguna baru harus menunggu empat hari dan membuat 10 pengeditan di halaman lain sebelum mereka dapat mengubah kata-kata pada artikel resesi.

Ketika jeda dicabut pada 3 Agustus, mereka dapat melakukan beberapa pengeditan lagi, tetapi itu akan ditinjau oleh editor sukarelawan.

Anarchyte memperbarui riwayat situs, mengatakan halaman tentang topik saat ini kontroversial dan telah mengalami “penambahan konten yang tidak bersumber atau bersumber dengan buruk.”

Baca Juga:   Resesi Ekonomi Kian Membayangi AS Usai The Fed Menaikkan Bunga 75 Bps

Di bagian atas halaman resesi, sekarang ada peringatan bahwa pembaruan lebih lanjut tanpa referensi yang valid dan andal akan dihapus.

Halaman resesi Wikipedia (Katadata)

“Artikel ini mungkin dipengaruhi oleh peristiwa baru-baru ini. Informasi dalam artikel ini dapat berubah dengan cepat seiring perkembangan peristiwa,” demikian peringatan di Wikipedia, dikutip Senin (1/8).

Jika melihat track record perubahan, total ada 176 revisi skrip halaman resesi. Proses penyuntingan mulai meningkat setelah 25 Juli 2022, dimana dalam sehari ada 10 penyuntingan naskah. Setelah itu, proses perubahan yang terjadi meningkat, dengan puncaknya terjadi pada 29 Juli 2022, dengan 84 suntingan. Artinya, dalam satu jam ada lebih dari tiga proses editing yang dilakukan.

Pemblokiran proses penyuntingan ini pun mendapat beragam tanggapan. Salah satunya dari Elon Musk yang menyebut Wikipedia telah kehilangan objektivitasnya.

Sebagai informasi, Amerika Serikat mendefinisikan resesi berdasarkan hasil National Bureau of Economic Research atau National Bureau of Economic Research (NBER). Sebuah organisasi nirlaba yang dibentuk oleh sekelompok ekonom, yang akan menentukan kapan AS berada dalam resesi.

NBER melihat PDB tetapi juga pada angka pekerjaan, pendapatan pribadi, produksi industri dan faktor lainnya. Kelompok ini juga mendefinisikan resesi sebagai penurunan aktivitas ekonomi yang signifikan, yang menyebar ke seluruh perekonomian dan berlangsung selama lebih dari beberapa bulan.

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli Wikipedia Blokir Edit Halaman Resesi Setelah ‘Perang Sunting’ Naskah

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

TeknologiWikipedia Blokir Edit Halaman Resesi Setelah 'Perang Sunting' Naskah

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini