Usai Embargo Minyak Rusia, Dari Mana Eropa Cari Pasokan Pengganti?

Uni Eropa (UE) secara resmi melakukan embargo impor minyak Rusia secara bertahap hingga penghentian total pada akhir tahun 2022. Keputusan ini diambil oleh semua anggota UE setelah mereka menyetujui persyaratan yang diajukan oleh Hongaria.

Persyaratannya adalah tetap mengizinkan impor minyak Rusia melalui pipa Druzhba ke Hongaria, Slovakia, dan Republik Ceko terbatas di daratan sehingga tidak memiliki pilihan lain untuk mencari sumber pasokan baru. Pipa Druzhba adalah salah satu jaringan pipa minyak terbesar di dunia.

Selain itu, Hongaria juga menuntut pencabutan sanksi terhadap pemimpin Gereja Ortodoks Rusia, Patriarch Kirill, yang diketahui merupakan pendukung Presiden Rusia Vladimir Putin. Kirill menganggap aksi militer di Ukraina bukan sebagai invasi tetapi sebagai pertahanan perbatasan.

Setelah memutuskan untuk meninggalkan komoditas energi Rusia, di mana blok ini akan mendapatkan pengganti pasokan minyak Rusia yang diembargo?

Meluncurkan halaman resmi UE, europa.euJumat (6/3), kawasan tersebut membutuhkan energi yang didatangkan dari negara ketiga.

Pada tahun 2020, lebih dari 80% impor energi akan menjadi produk minyak bumi dari Siprus, Malta, Yunani dan Swedia dan lebih dari sepertiganya adalah gas alam untuk Hongaria, Austria dan Italia. Hampir 15% impor energi adalah bahan bakar padat, seperti batu bara, untuk Slovakia, Polandia, dan Republik Ceko.

Keputusan Uni Eropa untuk memotong pasokan minyak Rusia merupakan upaya untuk memutuskan ketergantungan selama puluhan tahun. Hal ini dipandang sebagai tantangan serius bagi Eropa serta memaksa blok tersebut untuk mencari sumber-sumber baru.

Jika itu terjadi, bisa memicu inflasi global dan memperburuk kelangkaan bahan bakar di daerah miskin yang akan bersaing dengan Eropa untuk impor minyak.

Sementara menurut data International Energy Agency (IEA), 29% impor minyak mentah UE berasal dari Rusia. Angka ini turun menjadi sekitar 25% dalam dua tahun terakhir.

Baca Juga:   5 Cara Mengecek Tagihan Listrik Online

Kemudian Amerika Serikat yang menyumbang 9% dari impor minyak mentah UE, kemudian Norwegia 8%, Arab Saudi dan Inggris masing-masing 7%, dan Kazakhstan dan Nigeria 6%. Rusia juga merupakan pengekspor utama bahan bakar olahan ke Eropa, memasok 10% dari permintaan diesel kawasan itu pada tahun 2021.

Eropa telah beralih dari minyak Rusia dalam beberapa bulan terakhir. Mereka mengurangi pembelian dari Moskow dan mengambil minyak mentah dari Afrika Barat, AS, dan tempat lain.

Jerman, yang mengimpor minyak Rusia melalui cabang utara pipa Druzhba, telah memotong pembelian minyak Rusia setelah perang pecah di Ukraina. Der Panzer mengurangi ketergantungannya pada Moskow menjadi 12% dari sebelumnya 35%.

Perlombaan Eropa untuk menimbun minyak dari produsen lain telah mendorong harga minyak mentah berkualitas tinggi dari Afrika Barat ke tingkat Azerbaijan yang belum tercapai selama bertahun-tahun.

Eropa juga diperkirakan akan menghadapi persaingan yang lebih ketat untuk pasokan minyak dengan China, yang baru saja mencabut kebijakan penguncian wilayah. (kuncitara) ketat yang sempat menjinakkan permintaan minyak.

Namun untuk mencari sumber pasokan solar dari Rusia akan lebih sulit bagi Eropa. Diesel adalah bahan bakar, yang menggerakkan sebagian besar armada mobil di Eropa. Pasokan diesel kemungkinan akan datang dari AS, Timur Tengah dan India, kata para analis dan pedagang.

Potensi pasokan energi alternatif di luar Rusia juga bisa bersumber dari sesama anggota Uni Eropa. europa.eu mencatat bahwa pada tahun 2020, nilai ekspor gas Norwegia ke UE akan mencapai 21%. Selanjutnya Aljazair 8% dan Qatar 5%.

Selain itu, AS dan Australia juga memasok masing-masing 16% dan 14% bahan bakar fosil padat yang mayoritas adalah batubara dari total impor UE.

Baca Juga:   Jusuf Kalla Kenang Shinzo Abe Tokoh yang Gigih Menjaga Perdamaian

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli Usai Embargo Minyak Rusia, Dari Mana Eropa Cari Pasokan Pengganti?

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

BeritaUsai Embargo Minyak Rusia, Dari Mana Eropa Cari Pasokan Pengganti?

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini