UMSU Kurban 54 Ekor Lembu

Sivitas akademika Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menyembelih 54 hewan kurban pada perayaan Idul Adha 1443 H. Penyembelihan hewan kurban dilakukan di Kampus Jalan Kapten Mukhtar Basri sebanyak 40 dan sisanya 14 ekor sapi diserahkan ke masyarakat sekitar yang tersebar di tiga kampus. , Minggu (10/7).

Penyerahan hewan kurban kepada masyarakat sekitar kampus dilakukan secara simbolis oleh Rektor UMSU Prof. Dr Agussani, MAP kepada Lurah Glugur Darat II Kecamatan Medan Timur Riki Irawan Nasution di Jalan Ampera belakang Kampus Induk UMSU, di hadapan Pembantu Rektor I Prof. Dr. Muhammad Arifin Gultom, Pembantu Rektor II Prof. Dr. Akrim, M.Pd, Pembantu Rektor III Dr. Rudianto, M.Si, pimpinan fakultas, lembaga, masyarakat dan Kepling se Kelurahan Glugur Darat II penerima hewan kurban.

Rektor Prof. Dr Agussani, MAP mengatakan, penyerahan hewan kurban kepada masyarakat sekitar kampus patut diapresiasi, setelah dua tahun tidak ada pemotongan akibat pandemi Covid-19. Penandaan ulang kegiatan penyembelihan hewan kurban yang menjadi agenda rutin menyambut Idul Adha diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi.

Tahun ini UMSU menghimpun 54 ekor sapi kurban dari kalangan akademisi dan mitra perbankan serta perusahaan,” ujarnya.

Penyerahan hewan kurban kepada masyarakat, lanjut rektor, sebagai bentuk komitmen UMSU dalam menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi, sekaligus sebagai bentuk kepedulian dan silaturahim. Sebanyak 14 ekor sapi dibagikan kepada masyarakat di Kecamatan Medan Denai (dekat Kampus Pascasarjana), masyarakat di Kecamatan Medan Kota (dekat Kampus Kedokteran) dan masyarakat di Kecamatan Medan Timur (Kampus Utama), serta kampus terpadu tanah di sampali dan desa konstruksi.

Rektor menegaskan UMSU telah dipercaya masyarakat sehingga tidak bisa lepas dari masyarakat. Untuk itu, program-program sosial yang digulirkan setiap hari besar nasional dan keagamaan menjadi kalender tahunan universitas. Civitas akademika memanfaatkan momentum Idul Adha untuk meningkatkan rasa kepedulian sosial guna mencapai nilai takwa.

Baca Juga:   Hewan Ternak Kena Wabah PMK Sah untuk Kurban? Ini Penjelasan MUI

“Di hari raya kurban ini, UMSU sengaja membagikan hewan kurban kepada masyarakat untuk meningkatkan rasa peduli sesama dan ketakwaan, serta membangun ikatan silaturahim dan semangat kebersamaan,” ujarnya.

Rektor Prof. dr. Agussani mengatakan, keberadaan UMSU seperti saat ini tidak lepas dari dukungan masyarakat sekitar kampus. Kehadiran mahasiswa UMSU yang hidup bersama masyarakat tentunya membutuhkan perhatian dan dukungan agar dapat menjalankan studinya dengan baik.

Rektor juga mengajak masyarakat sekitar kampus untuk bersatu padu menyambut kehadiran mahasiswa UMSU dari berbagai daerah seiring dengan pandemi yang diperkirakan akan terus menyebar.

“Mari kita jaga situasi kampus bersama-sama. UMSU merasa benar tentang perdamaian dan hubungan baik dengan masyarakat. Kami berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan layanan lulusan,” ujarnya.

Sementara itu, Lurah Glugur Darat II Riki Irawan Nasution mengatakan, sebagai perwakilan masyarakat di Desa Glugur Darat II, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada rektor dan seluruh civitas akademika UMSU yang telah menyerahkan hewan kurban kepada masyarakat. Pemberian hewan kurban kepada masyarakat yang dilakukan setiap tahun tepatnya pada saat perayaan Idul Adha ini sangat berarti karena akan semakin mempererat silaturrahmi dan semangat kebersamaan.

“Sebagai perwakilan masyarakat, saya mengucapkan terima kasih kepada UMSU. Sebagai alumni, tentunya saya merasa bangga dengan kinerja dan kepedulian sosial yang ditunjukkan UMSU,” ujarnya.

Lurah menegaskan, sinergi UMSU dengan pemerintah desa selama ini cukup positif. Kehadiran UMSU dirasakan sangat positif bagi masyarakat sekitar sehingga perlu dipertahankan.

Sedangkan salah satu tokoh masyarakat, Syarifuddin berharap UMSU dapat terus maju dengan prestasi yang membanggakan. “Harapan saya UMSU bisa lebih maju dan memberi lebih kepada masyarakat sekitar,” ujarnya.

Baca Juga:   UMSU Lepas 279 Mahasiswa FAPERTA Ikuti PKL

Berita ini kami Kurasi dari umsu.ac.id dengan judul aseli UMSU Kurban 54 Ekor Lembu

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

BeritaKampusUMSU Kurban 54 Ekor Lembu

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini