Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Pendidik

Tugas dan Tanggung Jawab Pendidik, Pendidik adalah orang yang mendidik, yaitu orang yang memberikan ilmu dan pengetahuan baru kepada orang lain secara konsisten dan berkesinambungan.

Kedudukan pendidik dalam pendidikan merupakan merupakann salah satu pilar utama bagi terselenggaranya pendidikan. Dengan demikian, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa suatu proses pendidikan tidak akan dapat berjalan tanpa adanya seseorang yang mendidik atau tanpa seorang pendidik.

Dalam hal ini, pendidik juga memiliki tanggung jawab dalam pengembangan peserta didik dalam upaya mengembangkan seluruh kompetensi yang dimiliki peserta didik, seperti potensi afektif, kognitif, dan psikomotorik.

Selain tanggung jawab, pendidik juga memiliki tugas yang besar untuk dapat membuat anak didiknya memahami ilmu dan pengetahuan yang diajarkan. Untuk mengetahui lebih jelasnya, berikut dirangkum dari berbagai sumber, mengenai pengertian pendidik, tugas, hingga tanggung jawab.

Baca juga : Akun Canva Pro 100% Gratis

Definisi & Pengertian Pendidik

Definisi & Pengertian Pendidik
Definisi & Pengertian Pendidik
Pengertian Pendidik adalah tenaga kependidikan yang berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan dengan tugas khusus sebagai profesi pendidik, dalam hal ini bisa jadi adalah seorang guru pengajar.

Peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri Melalui proses pembelajaran pada jalur pendidikan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pendidik adalah orang yang mendidik. Pengertian ini memberikan kesan bahwa pendidik adalah orang yang melakukan kegiatan di bidang mendidik.

Jika ditinjau dari segi bahasa pendidik dikatakan sebagai orang yang mendidik, maka dalam arti luas dapat dikatakan bahwa pendidik adalah setiap orang atau siapa saja yang berusaha dan memberi pengaruh kepada pembinaan orang lain (peserta didik) untuk menumbuhkan dan mengembangkan dirinya. potensi menuju kesempurnaan.

Baca Juga:   10 Universitas Terbaik di Dunia 2022 Versi QS WUR

Menurut Wiji Suwarno menjelaskan bahwa pendidik adalah orang yang dengan sengaja mempengaruhi orang lain (peserta didik) untuk mencapai tingkat kesempurnaan (kemanusiaan) yang lebih tinggi.

Sedangkan secara umum, pendidik adalah semua orang yang bertanggung jawab mengembangkan dan membina peserta didik dalam segala aspek baik kognitif, psikomotor, afektif, mental maupun spiritual.

Pengertian tersebut menunjukkan bahwa yang dimaksud dengan pendidik tidak terbatas pada guru di sekolah tetapi juga mencakup orang tua dan semua orang dewasa yang bertanggung jawab membina dan mengembangkan generasi muda, seperti dosen, konselor, pendidik, widyaswara, instruktur tutor, fasilitator, dan istilah lainnya.

Tugas dan Tanggung Jawab Pendidik

Tugas Pendidik

Pengertian Pendidik
Pengertian Pendidik

1. Ajarkan Pembelajar

Tugas pertama pendidik adalah mengajarkan kepada semua peserta didik tentang ilmu yang mereka ketahui secara mendalam. Berkaitan dengan tugas mengajar, seorang pendidik diharapkan dapat menyampaikan materi yang tertulis dalam buku atau media lain kepada peserta didik, sehingga kelak peserta didik dapat menerapkan ilmu yang telah diperolehnya dalam kehidupan sehari-hari.

2. Mendidik Peserta Didik

Tugas pendidik selanjutnya adalah mendidik peserta didiknya. Seorang pendidik harus memberikan contoh kepada peserta didik untuk mengubah perilaku dan karakternya, agar menjadi lebih baik. Dampak positif yang muncul adalah pola pergaulan dari peserta didik itu sendiri yang dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk bagi dirinya.

3. Memberikan Bimbingan dan Arahan kepada Peserta Didik

Tugas pendidik lainnya adalah memberikan bimbingan dan arahan kepada peserta didik. Bimbingan dan arahan ini diharapkan dapat mengembangkan keterampilan motorik dan kemampuan lain yang dimiliki oleh seorang siswa.

Bimbingan dan pengarahan ini dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, termasuk memberikan tugas kepada siswa dengan terlebih dahulu menekankan apa yang perlu dilakukan. Memberikan pembenaran atau revisi ketika siswa melakukan kesalahan pada tugas yang diberikan.

Baca Juga:   Beasiswa Kuliah Binus University, Ini 4 Program yang Disediakan

4. Berikan Penilaian

Pendidik mempunyai kewajiban untuk memberikan penilaian kepada peserta didik, baik secara langsung maupun tidak langsung untuk membantu anak memahami kesalahan dan kekurangan yang dimilikinya, untuk kemudian mengubahnya ke arah yang lebih positif.

5. Memberikan Dorongan Moral dan Mental

Pendidik mempunyai tugas dan kewajiban untuk memberikan dorongan moral dan mental kepada peserta didiknya. Agar peserta didik tersebut mampu menghadapi segala macam permasalahan yang terjadi dalam hidupnya selama menempuh pendidikan formal maupun nonformal.

Tanggung Jawab Pendidik

Ada beberapa tanggung jawab pendidik adalah sebagai berikut:

  1. Korektor, yaitu pendidik dapat membedakan mana nilai yang baik dan mana nilai yang buruk. Koreksinya bersifat menyeluruh dari afektif ke psikomotorik.
  2. Inspirator, yaitu pendidik menjadi inspirator bagi kemajuan belajar siswa atau siswa, petunjuk cara belajar yang baik, dan pemecahan masalah lainnya.
  3. Informan, yaitu pendidik harus mampu memberikan informasi tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Penyelenggara, yaitu pendidik harus mampu mengelola kegiatan akademik (pembelajaran).
  5. Motivator, yaitu pendidik harus mampu mendorong peserta didik agar bergairah dan aktif dalam belajar.
  6. Inisiator, yaitu pendidik menjadi pemicu gagasan kemajuan pendidikan dan pengajaran.
  7. Fasilitator, yaitu pendidik dapat memberikan fasilitas yang memungkinkan terjadinya kegiatan belajar.
  8. Pengawas, yaitu pendidik harus mampu membina moral peserta didik manusia dewasa yang berkompeten.
  9. Demonstran, yaitu jika diperlukan pendidik dapat mendemonstrasikan bahan pelajaran yang telah dipahami.
  10. Pengelola kelas, yaitu pendidik harus mampu mengelola kelas untuk mendukung interaksi edukatif.
  11. Mediator, yaitu pendidik menjadi media yang berfungsi sebagai alat komunikasi untuk mengefektifkan proses interaktif pendidikan.
  12. Supervisor, yaitu pendidik harus mampu, meningkatkan, dan mengevaluasi secara kritis proses pengajaran.
  13. Evaluator, pendidik harus menjadi evaluator yang baik dan jujur.
Baca Juga:   Daftar Alamat Email dan Website Perguruan Tinggi Negeri SeIndonesia

Baca juga: Cara Menulis Jurnal Ilmiah

Sumber : liputan6.com

EdupediaTugas dan Tanggung Jawab Seorang Pendidik

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini