Sri Mulyani Pastikan Garuda Akan Diselamatkan, Ini Rencananya

Pemerintah akan memastikan akan menyelamatkan PT Garuda Indonesia Tbk dengan memberikan Penyertaan Modal Negara. Menteri Keuangan Sri Mulyani akan menggunakan anggaran pembiayaan investasi dalam APBN 2022 untuk menyelamatkan Garuda.

Namun, menurut dia, pihaknya masih menunggu laporan dari Kementerian BUMN dan direksi PT Garuda Indonesia Tbk terkait skema pencegatan penerbangan BUMN tersebut. Skema yang diusulkan juga akan menentukan besaran PMN untuk Garuda.

“Dengan hasil PKPU dan bagaimana skema penyembuhan elang, pemerintah akan bersedia masuk dengan PMN,” kata Sri Mulyani di Jakarta, Kamis (30/6).

Sri Mulyani mengatakan pemerintah tahun lalu juga berencana menyuntikkan modal ke Garuda menggunakan dana investasi pemerintah yang dialokasikan dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) senilai Rp 7,5 triliun. Dana tersebut batal karena ada kreditur yang mengajukan gugatan.

Namun, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada Senin (27/6) telah menyetujui rencana perdamaian dalam proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) Garuda Indonesia. Adapun PMN untuk Garuda, menurut Sri Mulyani, tidak berasal dari alokasi dana PEN yang dibatalkan sebelumnya.

Dengan batalnya pencairan, dana tersebut kemudian dikembalikan ke kas negara. Namun, Sri Mulyani menyebutkan PMN kepada Gaurda yang rencananya akan dicairkan nanti tidak berasal dari dana IPPEN yang dibatalkan sebelumnya karena dana tersebut sudah dikembalikan ke kas negara.

“Untuk itu, kami masuk dalam UU APBN 2021, itu termasuk dibawah garis untuk investasi, masih ada investasi yang bisa digunakan, nanti kami akan minta izin ke DPR,” kata Sri Mulyani.

Kementerian BUMN sebelumnya menjelaskan, pemerintah akan menyuntikkan modal ke maskapai pelat merah itu melalui masalah hak sebesar Rp 7,5 triliun yang rencananya digelar pada kuartal III 2022. Namun, Rio enggan menanggapi besaran PMN yang diberikan Kementerian Keuangan. Selain itu, mereka juga akan melakukan right issue tahap kedua pada awal kuartal IV 2022 untuk tambahan dana dari investor strategis.

Baca Juga:   Breaking News: Jenazah Eril Ditemukan, Akan Dipulangkan ke Indonesia

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli Sri Mulyani Pastikan Garuda Akan Diselamatkan, Ini Rencananya

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

BeritaSri Mulyani Pastikan Garuda Akan Diselamatkan, Ini Rencananya

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini