Schmu.id, Teknologi :: TikTok memiliki berbagai fitur seperti upload video yang bisa dipadukan dengan musik yang ada, filter yang sangat variatif dan banyak, hingga ada juga fitur live. Selain itu seiring dengan popularitas TikTok, kini banyak brand yang memanfaatkannya untuk promosi bisnis. Salah satunya dengan menggunakan fitur live streaming di TikTok.
Calon customer bisa langsung bertanya seputar produk yang dipajang, melalui fitur komentar dan akan dijawab secara langsung oleh penjual atau host yang sedang live saat itu. Tak hanya dengan memanfaatkan influencer.
Anda juga bisa menggunakan live streaming TikTok secara mandiri. Jadi, Anda bisa memanfaatkan tim internal bisnis untuk berjualan melalui siaran langsung di TikTok.
TikTok juga menyediakan fitur gift virtual saat live. Hal ini dapat dikonversikan menjadi uang tunai yang tentunya memberikan banyak keuntungan bagi para penggunanya. Berikut ini akan dijelaskan tentang cara live streaming TikTok, tips, dan persiapannya. Untuk Anda yang penasaran, simak penjelasannya berikut ini!
Cara Live Streaming di TikTok
Berikut beberapa cara memanfaatkan fitur live streaming di TikTok yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan bisnis :
- Unduh aplikasi TikTok di perangkat Android atau iOS Anda.
- Klik “Daftar” dan lengkapi informasi untuk membuat akun TikTok untuk bisnis Anda.
- Jika Anda sudah memiliki akun TikTok, klik tanda “+”.
- Gesek ke tab “LIVE”.
- Tambahkan judul.
- Klik “Siarkan Langsung”.
- Sekarang, Anda siap melakukan streaming langsung di TikTok untuk mempromosikan produk dan menarik pelanggan sebanyak mungkin.
Setelah melakukan siaran langsung, Anda dapat mengakses hasil rekaman streaming langsung hingga 90 hari dengan membuka tab “pengaturan dan privasi” dan memilih “LIVE replay”. Dari pengaturan tersebut, Anda juga dapat mengunduh video streaming langsung atau menghapusnya dari akun TikTok Anda.
Algoritma Live Streaming TikTok
Algoritma TikTok bekerja berdasarkan interaksi penggunanya. Jika pengguna sering berinteraksi dengan akun tertentu, maka ia akan lebih cenderung melihat konten dari akun tersebut.
Untuk algoritma live streaming TikTok sendiri, di awal TikTok akan memberikan penonton atau views yang banyak. Hal ini dikarenakan TikTok ingin merekayasa agar kita sering live streaming. Dan jika kita tidak bisa membuat penonton untuk berinteraksi atau membeli di awal, dipastikan penontonnya akan turun meskipun akun kita sudah di boost oleh TikTok.
Indikator interaksi TikTok terkuat adalah durasi menonton live, berbagi, penawaran produk menarik dan lain sebagainya. Oleh karena itu, Anda perlu membuat live streaming yang tidak hanya menarik perhatian di awal, tetapi juga dapat mempertahankan minat viewers untuk menonton dan membeli produk yang dijual.
Cara Menjadi Live Specialist
Berikut ini cara bagaimana cara seorang sales atau live specialist bisa menjadi orang yang sukses:
1. Keunggulan Produk (yang bisa diperagakan)
Pertama harus mengetahui terlebih dahulu apa keunggualan produk Anda. Kemudian apakah keunggulan tersebut bisa diperagakan saat Anda berjualan melalui live streaming. Dengan begitu calon konsumen atau viewers live Anda akan lebih tertarik dengan produk yang Anda jual.
2. Tunjukkan Testimoni (yang membuat orang bisa membayangkan benefitnya)
Selanjutnya, saat live streaming Anda bisa juga menunjukkan testimoni atau benefit dari produk Anda. Hal ini dilakukan agar viewers bisa membayangkan benefit dari produk yang Anda jual. Testimoni bisa berupa deskripsi tentang produk, manfaat atau kegunaannya, dan lain sebagainya.
3. Temukan sweet spot kata-kata yang pas untuk menjelaskan produk
Kemudian Anda harus menemukan sweet spot atau kata-kata yang pas untuk menjelaskan produk untuk live streaming. Hal ini juga sangat penting dilakukan agar jumlah viewers semakin bertambah dan dengan begitu penjualan produk juga akan meningkat.
Untuk menemukan kata-kata yang pas, Anda bisa mencoba live streaming beberapa kali kemudian cek penjualan apakah bagus atau tidak dengan menganalisa data live streming tersebut. Kemudian Anda bisa kembangkan lagi menjadi script untuk live streaming selanjutnya. Intinya Anda harus terus mencoba sampai menemukan kata-kata apa yang pas untuk Anda berjualan.
Tips Live Streaming TikTok
Semakin banyak penjual yang melakukan live selling atau live streaming. Cara ini cukup efektif dalam meningkatkan penjualan, namun tentunya tidak mudah untuk membuat penonton betah berlama-lama di sesi live.
Diperlukan strategi khusus agar dapat menarik perhatian pembeli hingga tertarik dan berujung pada pembelian.
1. Hindari memberikan informasi produk yang berbelit-belit
Informasi yang disiarkan pada live streaming TikTok tidak boleh berbelit-belit karena akan membuat penonton kurang tertarik.
Jika penonton tidak tertarik di awal, maka mereka akan melewatkan live streaming begitu saja. Informasi harus padat dan jelas agar dapat diterima dengan baik oleh viewers, sehingga viewers mau berinteraksi.
2. Pengemasan konten yang monoton
Kemas konten dalam bentuk yang bervariasi. Berikut ini beberapa format live di TikTok yang bisa Anda lakukan.
-
Q&A (Question and Answer) atau Sesi Tanya Jawab
Anda dapat menjawab seluruh pertanyaan terkait perusahaan dan produk yang ditawarkan secara langsung dari penonton dengan menekankan kelebihan dari produk yang ditawarkan secara persuasif. Jelaskan solusi yang diberikan produk terhadap permasalahan yang dihadapi penonton.
-
Live Events
Promosi secara langsung dengan memberikan diskon maupun promo juga dapat memberikan dampak besar pada omset penjualan. Selain jumlah penggunanya yang banyak, Anda tidak perlu harus mengeluarkan biaya promosi serta iklan.
Berikan beberapa penawaran menarik seperti flash sale yang hanya ada saat live berlangsung. Ini menjadi tips dan cara Jualan di TikTok Shop Live Streaming agar pembeli segera menyelesaikan pembayarannya sebelum live berakhir.
-
Open House & Review Products
Live Streaming TikTok juga memberikan kesempatan untuk pelaku bisnis menampilkan secara langsung seluruh produk yang ditawarkan. Hal ini terbukti sangat efektif untuk mengkonversi traffic audiens kepada penjualan. Dengan menampilkan review secara langsung, maka audiens akan mendapat gambaran terhadap produk yang Anda tawarkan.
3. Waktu Live Streaming
Perkirakan kapan waktu terbaik Anda untuk live streaming di Tiktok Untuk live streaming, sebaiknya Anda harus memikirkan kapan waktu siaran terbaik untuk mendapatkan banyak penonton saat Anda sedang live.
Persiapan Live di TikTok
Jika Anda pengguna baru Tiktok dan ingin memasarkan produk Anda, ada beberapa persiapan alat untuk live streaming yang bisa Anda simak, yaitu:

1. Device
Live streaming di TikTok bisa dilakukan menggunakan beberapa metode. Yang pertama langsung live menggunakan handphone atau perangkat seluler. Yang kedua live menggunakan software tambahan atau menggunakan perangkat komputer dan perangkat laptop yang disambungkan dengan webcam atau handycam.
2. Michrophone
Salah satu hal terpenting dalam live streaming adalah kualitas suaranya. Karena itu, microphone menjadi hal yang sangat penting. Kejernihan suara menjadi hal utama agar apa yang dibicarakan dapat didengar oleh para penonton.
3. Setting Tempat
Persiapan untuk live selanjutnya adalah setting tempat. Tempat harus disetting sebagus mungkin untuk live streaming yang meliputi pencahayaan, tata letak produk, dekorasi, dan lain sebagainya.
Dan untuk dekorasi sebenarnya hal ini tidak terlalu diperlukan, karena bisa Anda ganti dengan green screen. Namun, live akan terasa lebih hidup jika Anda mendekorasi set tempat atau studio. Dekorasi juga bisa menjadi ciri khas tersendiri.
Baca Juga : Cara Edit Video TikTok Menggunakan Capcut
4. Jaringan Internet
Kemudian yang terakhir dan yang paling penting adalah jaringan internet. Anda tidak bisa mengangap remeh untuk jaringan, karena jaringan yang lemah atau sinyal yang sering hilang akan membuat live streaming tidak stabil.
Hal ini juga mempengaruhi viewers atau calon pembeli saat menonton live streaming. Karena jaringan yang tidak mendukung akan mengakibatkan live menjadi patah-patah atau lag. Dan viewers akan dengan mudah meninggalkan live karena sudah tidak menarik lagi.
Demikianlah penjelasan tentang bagaimana cara live streaming TikTok untuk berjualan, beserta tips dan persiapannya. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat.
Jika anda masih bingung untuk memulai Live Streaming Jualan produk dan membuat konten di Tiktok Anda bisa membeli buku “Cuan Dari Tiktok”
