Sejarah Mobil Mewah Ferrari, Simak fakta selengkapnya di sini!

Schmu.id, Edupedia : Sejarah Mobil Mewah Ferrari, Ferrari adalah satu merek mobil mewah di Indonesia tidak sembarang orang bisa memilikinya. Terkenal dengan merk mobil sport atau balap, membuat mobil jenis ini menjadi incaran para pecinta mobil balap.

Namun tidak hanya memiliki bodi yang oke dan terkenal dengan warna merahnya saja, ada berbagai hal menarik yang membuat mobil ini cukup terkenal di Indonesia.

Apalagi para pebisnis dan selebritis Indonesia tentu berniat memilikinya.

Untuk itu, bagi Anda yang penasaran dengan mobil mewah merek Ferrari dan seperti apa sederet fakta menariknya dibandingkan mobil mewah jenis lainnya, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Sejarah Mobil Mewah Ferrari

Terkenal dengan tampilan merah klasik membuat mobil asal Italia ini terlihat garang saat digunakan untuk balapan. Selain itu, Ferrari klasik juga terkenal dengan warna background kuningnya.

Sebelum dikenal seperti sekarang dan masuk dalam jajaran mobil mewah bernilai miliaran rupiah, debut Ferrari dimulai pada tahun 1929.

Pada akhir tahun 1929 Seorang pria Italia bernama Enzo Anselmo Ferrari berniat membangun sebuah perusahaan untuk produksi mobil super. Dia ingin membuat Mobil sport, mobil super dan berbagai jenis mobil balap.

Belakangan mobil tersebut dikenal dengan logo kuda pacu, yang terinspirasi dari lukisan di badan pesawat tempur yang diterbangkan Francesco Barraca selama Perang Dunia 1.

Selain itu, logo kuda derap di Ferrari juga disarankan oleh Count Enrico Baracca dan Countess Paolina Baracca sebagai simbol keberuntungan. Dan memang benar, begitu logo tersebut diketahui milik Ferrari, banyak keberuntungan yang menyertai.

Sebelum akhirnya memutuskan untuk mendirikan Ferrari sebenarnya niatnya juga dimulai saat ia sedang makan malam. Enzo yang saat itu bertemu dengan saudara Caniato, Augusto Caniato dan Alfredo Caniato) dan pembalap Mario Tadini di Bologna, Italia, mendapat ide untuk membentuk tim Ferrari.

Baca Juga:   Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja, Kuliah, Sekolah Karena Sakit

Tim langsung beruntung pada tahun 1932, memenangkan perlombaan di sirkuit Savio, Ravenna Italia. Tahun yang sama juga bertepatan dengan kelahiran putra pertama Enzo yang bernama Alfredo Ferrari atau lebih dikenal dengan Dino Ferrari.

Semakin bersinar berkat kemenangan pertama mereka, di tahun yang sama mereka akhirnya juga turun mengikuti 24 Hours of Le Mans. Saat turun untuk kedua kalinya, ia menggunakan mobil produksi Alfa Romeo 8C 2300 Spiders dengan dua unit.

Kemudian kemenangan pertama kali didapatkan oleh tim Enzo. Mereka berhasil membawa kemenangan menjadi juara 1 dan 2. Kemenangan tersebut akhirnya menjadi titik dimana ia ditarik untuk menjadi manajer dan pencari bakat untuk divisi balap Alfa Romeo bernama Alfa Corse.

Namun pada tahun 1939, Enzo memilih keluar dari Alfa dan membuat perusahaan balapnya sendiri bernama Auto Avio Costruzioni Ferrari.

Dalam menjalankan perusahaannya ia membuat kesepakatan dengan Alfa untuk mendapatkan sisa-sisa mobil Alfa Romeo yang tidak ikut balapan. Dari alat tersebut, Enzo kemudian langsung mendesain mobil Tipo 815 (V8 1500cc).

Mobil pertama Ferrari

Mobil pertamanya bersama Alberto Massimino juga dikenal sebagai mobil pertama Ferrari. Mobil Ferrari pertama kemudian digunakan oleh Alberto Ascari dan Marchese Lotario Rangoni Machiavelli dalam kompetisi Mille Miglia 1940 di Modena, Italia.

Namun, sayangnya, semua kegiatan tersebut harus dihentikan karena Perang Dunia II. Akibatnya, sebanyak 815 mobil terpaksa diistirahatkan, termasuk mobil produksi pertama Ferrari.

Agar bisnis tetap berjalan, Ferrari akhirnya mengubah haluan memproduksi suku cadang mobil balap. Kemudian ia juga memindahkan markas produksinya ke Maranello, Italia pada tahun 1943.

Namun sayangnya, nasib buruk kembali terjadi. Pada tahun 1944, tempat produksi dibom oleh Perang Dunia II.

Selain tempatnya yang hancur, peristiwa Perang Dunia II juga membuat aturan baru Kejuaraan Dunia Grand Prix berubah. Hingga akhirnya, dibutuhkan Ferrari untuk membuat mobil baru bernama Tipo 125 (V12, 1500cc).

Mobil tersebut kemudian memulai debutnya di GP Italia pada tahun 1948 dengan Raymond Sommer sebagai pengemudinya. Untungnya, mobil Ferrari kali ini berhasil meraih kemenangan perdananya di Circuito Del Garda bersama Giuseppe Farina.

Baca Juga:   Beasiswa Bank BCA 2023 Lulusan SMA-SMK, Kuliah Gratis

Bersaing di Formula 1

Selanjutnya, untuk pertama kalinya Ferrari berlaga di kompetisi Formula 1 pada tahun 1948. Ia menggunakan mobil pertamanya, Tipo 125 di GP Italia.

Dan dalam kompetisi ini ia juga menjadi tim tertua dan tersukses dalam kompetisi jet darat.

Kemudian secara resmi, Ferrari memulai debutnya di Kejuaraan Dunia Formula Satu FIA di GP Monaco 1950 dengan mobil F1 125. Pembalap di mobil balap adalah Alberto Ascari dan Gigi Villoresi.

Tumbuh di dunia balap hingga satu dekade membuat Ferrari memenangkan beberapa kompetisi. Kompetisi yang dimenangkan antara lain GP Prancis 1961, GP Jerman 1963, GP Belgia 1966, GP Prancis 1968, GP Kanada 1970, GP Meksiko 1970, dan GP Austria 1970.

Namun memasuki tahun 1980-an merupakan dekade yang suram bagi Ferrari. Berawal dari kecelakaan pembalap muda di GP Belgia 1982, Gilles Villeneuve. Kemudian cedera hebat Didier Pironi di GP Jerman tahun yang sama.

Sampai akhirnya di kencan 14 Agustus 1988, Pendiri Ferrari Enzo Ferrari meninggal pada usia 90 tahun.

Setelah pendiri Ferrari meninggal, hampir 90 persen saham dimiliki oleh FIAT. Saat saham dipegang oleh perusahaan otomotif Italia yang awalnya berdiri sebagai Ferrari independen, kini juga berganti nama menjadi Ferrari SpA.

Jenis dan harga mobil Ferrari

Sejarah panjang Ferrari dan terkenal dengan produksi mobil balap berkecepatan tinggi, kini juga menghadirkan super sport.

Selain itu, mobil ini juga dikenal sebagai mobil mewah dengan harga selangit dan termasuk dalam deretan mobil termahal di dunia dan sering dipasangkan dengan lamborghini.

Dealer Resmi Ferrari

Jika Anda berniat membeli mobil buatan Italia ini, hanya ada satu diler resmi mobil Ferrari Indonesia, yaitu di kawasan Jakarta Selatan. Alamat lengkap dealer Ferrari Indonesia adalah Wisma MRA, Jl. TBC. Simatupang 19, Jakarta Selatan, Jakarta. Tertarik untuk memilikinya?

Mobil bernilai miliaran ini memiliki banyak kelebihan jika Anda berniat membelinya. Keunggulan Ferrari dibandingkan dengan mobil lain seperti sporty, desain aerodinamis, fitur canggih dan mesin tangguh dengan kecepatan luar biasa dan tentunya juga terlihat mewah.

Baca Juga:   20 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2022

Namun, dengan banyak keunggulan yang ditawarkan mobil sekelas Ferrari, harganya masih lebih murah dibandingkan Bugatti. Untuk itu berikut ini adalah daftar jenis mobil ferrari terbaru dan harga mobil ferrari.

Daftar harga mobil ferrari

Tipe Mobil Mesin Harga
Ferrari GTC4Lusso T 3900 cc Rp12 Miliar
Ferrari 812 Supercepat 6500 cc Rp4,53 Miliar
Ferrari 488 GTB 3902 cc Rp12,5 Miliar
Ferrari GTC4Lusso 6262 cc Rp12 Miliar
Ferrari Portofino 3855 cc Rp3,09 Miliar
Ferrari 488 Spider 3902 cc Rp10 Miliar
Ferrari LaFerrari Aperta 6262 cc Rp129,7 Miliar
Trek Ferrari 488 3902 cc Rp16,3 Miliar
Ferrari 488 GTE 3996 cc Hubungi Dealer
Ferrari 488 GT3 3902 cc Hubungi Dealer
Tantangan Ferrari 488 3900 cc Rp10 Miliar
Ferrari FXX-K Evo 6262 cc Rp33,2 Miliar
Ferrari California T 2706 cc Rp6 Miliar
Hari Jadi ke-70 Ferrari 488 GTB 3902 cc Rp12,5 Miliar
Ferrari 488 Spider Track 3902 cc Rp5 Miliar
Ferrari Monza SP1 6496 cc Rp28 Miliar
Ferrari Monza SP2 6496 Rp28 Miliar

Itulah ulasan singkat tentang mobil Ferrari dan kisaran harganya jika ingin membelinya. Sampai saat ini Ferrari termahal adalah Ferrari 250 GTO dengan harga mencapai Rp 755,3 Miliar. Dan Ferrari termurah tipe Ferrari Portofino dengan harga Rp3,9 miliar.

Jadi buat kalian yang mau mobil ini harus perencanaan keuangan baik. Karena harganya yang sangat meroket apalagi jika sudah memiliki satu tipe ferrari tentunya asuransi mobil mewah tidak bisa dilewatkan.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Sedan Terbaik, Spesifikasi dan Harganya

Dan perlu diingat, tidak semua jenis mobil Ferrari dijual di pasar Indonesia dan di produksi dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, ketika ingin membeli kendaraan ini, ada baiknya menghubungi pihak tersebut penjual mobil pertama.

EdupediaSejarah Mobil Mewah Ferrari, Simak fakta selengkapnya di sini!

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini