Satgas Atur Prokes Acara Berskala Besar, Panitia Harus Booster

Pemerintah menetapkan protokol kesehatan (prokes) kegiatan berskala besar di tengah pandemi Covid-19. Pelaku kegiatan skala besar harus sudah mendapatkan vaksin booster.

Hal itu diatur dalam Surat Edaran Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 20 Tahun 2022 yang diterbitkan pada Selasa (21/6). Acara berskala besar adalah acara yang secara fisik mengundang lebih dari 1.000 orang pada waktu tertentu.

Sedangkan pelaku kegiatan skala besar adalah peserta, VVIP, petugas atau panitia acara, wartawan, hingga pendukung acara.

Pelaku atau penyelenggara kegiatan skala besar harus telah menerima vaksin atau booster tiga dosis untuk usia 18 tahun ke atas. Sedangkan pelaku aktivitas dengan usia 6 sampai 17 tahun perlu menunjukkan bukti vaksinasi dosis kedua.

Pelaku juga harus menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum memasuki area kegiatan. Untuk kegiatan skala besar yang dihadiri oleh menteri atau VVIP, penyelenggara harus menunjukkan hasil Polymerase Chain Reaction (PCR) negatif paling lambat 2×24 jam sebelum acara.

Bagi peserta kegiatan yang bersifat forum multilateral dan tidak melibatkan menteri dan VVIP wajib menjalani pemeriksaan kesehatan, termasuk pemeriksaan suhu dan antigen.

Sementara itu, pelaku kegiatan yang tidak melibatkan pejabat atau VVIP wajib menjalani pemeriksaan gejala dan suhu tubuh Covid-19. Jika suhu tubuh pelaku aktivitas di atas 37,5 derajat dan gejalanya mirip dengan Covid-19 maka wajib dilakukan tes antigen.

Sedangkan pengunjung yang menghadiri acara besar tersebut tetap harus memakai masker dan menggantinya setiap empat jam sekali. Pengunjung juga harus mencuci tangan dengan air atau hdan pembersih terutama setelah menyentuh benda-benda yang telah disentuh orang lain.

Pengunjung juga disarankan untuk menjaga jarak minimal 1,5 meter dengan orang lain dan menghindari keramaian. Mereka juga perlu menggunakan CareProtect selama aktivitas.

Baca Juga:   Pemerintah akan Atur Pembelian BBM Bersubsidi agar Tepat Sasaran

Penyelenggara juga diwajibkan menyiapkan satu petugas untuk 50 kegiatan skala besar. Tugasnya adalah memastikan protokol kesehatan berfungsi dan memecah kerumunan.

Jika kegiatan skala besar membutuhkan akomodasi penginapan maka Anda harus memiliki kamar yang memenuhi syarat. Syaratnya ruangan harus memiliki jendela yang cukup, penerangan yang cukup, serta tempat sampah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli Satgas Atur Prokes Acara Berskala Besar, Panitia Harus Booster

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

BeritaSatgas Atur Prokes Acara Berskala Besar, Panitia Harus Booster

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini