Riset Kata Kunci Menggunakan Google Trends, Begini Caranya!

Schmu.id, Riset Kata Kunci Menggunakan Google Trends – Salah satu tujuan utama semua pemilik website dan blogger adalah memiliki banyak pengunjung dan pembaca setia. Anda akan mempelajari cara menggunakan Google Trends untuk penelitian kata kunci untuk mencapai tujuan tersebut.

Untuk mencapai trafik yang tinggi dan pelanggan yang meningkat tentunya dibutuhkan serangkaian upaya untuk membuat konten atau website yang menarik perhatian banyak orang. Upaya yang paling krusial adalah menentukan topik yang akan digunakan sebagai bahan dasar pembuatan konten.

Riset Kata Kunci Menggunakan Google Trends

Salah satu alat yang dapat digunakan siapa saja dengan mudah dan gratis adalah Google Trends.

Google Trends adalah alat dari Google yang berfungsi untuk menemukan dan menganalisis topik pencarian yang sedang dibicarakan di mesin pencari Google. Google merilis Trends ke publik pada 11 Mei 2006 dengan tujuan meningkatkan partisipasi blogger dan pemilik situs web dalam membuat konten yang dioptimalkan mesin telusur.

Salah satu fitur Trends yang paling terkenal setiap tahun adalah Tahun Pencarian. Mungkin Anda pernah melihat halaman di bawah ini beberapa kali, akan sering masuk ke timeline Anda menjelang tahun baru.

Di halaman utama Google Trends, Anda akan menemukan beberapa item seperti berikut:

Berikut penjelasan menu-menu di atas:

  • Home: Halaman untuk melihat ringkasan topik yang banyak dicari oleh pengguna internet.
  • Jelajahi: Cari halaman untuk detail lebih lanjut tentang kata kunci yang sedang tren
  • Tren Pencarian: Pembaruan harian dan real-time pada pencarian paling populer.
  • Year In Search: Pencarian paling populer dalam setahun terakhir seperti yang dibahas dalam pengantar artikel ini.
Baca Juga:   Bagaimana Cara Agar Konten Muncul di Google Discover

Langganan: Halaman untuk membuat dan mengatur topik yang ingin Anda ikuti.
Google Trends pada dasarnya sangat intuitif dan mudah digunakan oleh siapa saja. Jika Anda memiliki topik untuk dicari, Anda akan mendapatkan hasil pencarian dalam hitungan detik.

Berikut cara menggunakan Google Trends untuk riset kata kunci sebelum Anda mulai membangun situs web.

1. Cari Kata Kunci di Google Trends

Jika Anda sudah memiliki topik yang ingin dicari, masukkan saja pada kolom yang tersedia. Kemudian, Anda akan dibawa ke halaman dengan tampilan data tentang kata kunci yang Anda gunakan. Dalam contoh ini, kami mencoba mencari kata kunci “Mobil Bekas”.

Riset Kata Kunci Menggunakan Google Trends, Begini Caranya!
Riset Kata Kunci Menggunakan Google Trends, Begini Caranya!

Tetapi jika Anda tidak memiliki ide untuk mencari, Anda dapat memilih dari beberapa contoh pencarian paling populer dari seluruh dunia. Hasil yang ditampilkan dapat diubah dengan mengubah pengaturan negara pencarian di sudut kanan atas.

Setelah mengubah setelan negara Anda, topik penelusuran paling populer di negara tersebut akan ditampilkan di beranda Google Trends. Anda dapat menggunakan data ini untuk meneliti lebih lanjut topik dan kata kunci apa yang ingin Anda bahas di konten selanjutnya.

Riset Kata Kunci Menggunakan Google Trends
Riset Kata Kunci Menggunakan Google Trends

Jika Anda tidak memiliki ide untuk mencari, Anda dapat memilih dari beberapa contoh pencarian paling populer dari seluruh dunia. Hasil yang ditampilkan dapat diubah dengan mengubah pengaturan negara pencarian di sudut kanan atas.

Setelah mengubah setelan negara Anda, topik penelusuran paling populer di negara tersebut akan ditampilkan di beranda Google Trends. Anda dapat menggunakan data ini untuk meneliti lebih lanjut topik dan kata kunci apa yang ingin Anda bahas di konten selanjutnya.

Riset Kata Kunci Menggunakan Google Trends
Riset Kata Kunci Menggunakan Google Trends

2. Analisis Grafik Google Trends

Grafik yang ditampilkan di halaman Google Trends tidak mencerminkan jumlah pencarian, tetapi indeks minat publik (minat lembur).

Baca Juga:   16 Cara Menambah Followers Tiktok

Berikut cara membaca angka pada grafik:

0: tidak ada data yang dapat ditampilkan.
50: kepentingan publik hanya setengah dari puncak.
100: pencarian berada pada puncak popularitasnya.
Singkatnya, angka 0-100 menunjukkan persentase minat publik terhadap suatu topik.

3. Bandingkan Beberapa Kata Kunci Serupa

Di fitur pencarian kata kunci Google Trends, Anda dapat menambahkan beberapa topik lagi sebagai perbandingan.

Fitur ini memudahkan Anda untuk melakukan perbandingan dan memutuskan kata kunci mana yang lebih baik untuk digunakan. Dalam tutorial ini, kami menggunakan beberapa kategori sepeda sebagai contoh perbandingan kata kunci.

Caranya cukup mudah, cukup tambahkan kata kunci perbandingan Anda pada kolom yang disediakan di atas tampilan grafik seperti ini.

Riset Kata Kunci Menggunakan Google Trends, Begini Caranya!
Riset Kata Kunci Menggunakan Google Trends, Begini Caranya!

4. Terapkan Kategori Pencarian Kata Kunci

Google Trends tidak hanya memberikan wawasan untuk pencarian mesin pencari. Anda juga dapat menggunakan alat ini untuk menemukan ide dan data kata kunci untuk beberapa kategori lainnya.

Kategori yang dicakup meliputi: penelusuran web, penelusuran gambar, penelusuran berita, Google Belanja, dan penelusuran YouTube.

Jika Anda bermaksud menargetkan situs web berita tunggal, toko online, atau saluran YouTube, fitur ini akan sangat berguna. Anda dapat menemukan fitur ini dengan memilih menu “Web Search” seperti ini:

Terapkan Kategori Pencarian Kata Kunci
Terapkan Kategori Pencarian Kata Kunci

5. Optimalkan Kata Kunci berdasarkan Wilayah

Jika Anda memiliki bisnis online berupa jual beli produk, target regional mana yang bisa menjadi salah satu solusi paling efektif untuk meningkatkan penjualan.

Gunakan data geografis pencari di Google Trends untuk memfokuskan konten dan promosi produk Anda pada area tersebut.

Pada contoh berikut, kata kunci “Mobil Bekas” sangat populer di Jakarta, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Sulawesi Selatan dan Banten. Anda dapat meluncurkan iklan bertarget di area tersebut untuk mempromosikan produk Mobil Bekas.

Optimalkan Kata Kunci berdasarkan Wilayah
Optimalkan Kata Kunci berdasarkan Wilayah

6. Analisis Tren Musiman

Mungkin Anda sudah sedikit memahami tentang promo musiman yang sering diadakan oleh perusahaan ternama. Beberapa contoh kata kunci musiman di Indonesia adalah kata kunci yang terkait dengan: Idul Fitri, Natal, Tahun Baru, puasa, Tahun Baru Imlek, dan sebagainya.

Baca Juga:   Apa itu Forever.js? Menjalankan Project Node.js dengan Forever NPM

Anda dapat menggunakan Google Trends untuk mengidentifikasi lonjakan pencarian untuk kata kunci tersebut dan meluncurkan strategi konten Anda pada waktu yang tepat.

Dalam contoh ini, kami menggunakan pencarian “promo tahun baru”. Google Trends menunjukkan bahwa kata kunci tersebut mengalami peningkatan pencarian dari pertengahan Desember hingga awal Januari setiap tahunnya.

Gunakan informasi ini untuk mempromosikan konten dengan tema serupa selama periode yang sama. Dengan begitu, Anda bisa memberikan konten yang banyak dicari orang.

Buat Kalender Konten dari Kata Kunci Musiman

Setelah mengidentifikasi kata kunci musiman pada langkah sebelumnya, Anda dapat menggunakannya untuk menyusun konten kalender. Pastikan Anda mulai menerbitkan konten 2-1 minggu sebelum tren naik untuk memastikan konten Anda terindeks oleh mesin pencari saat terjadi peningkatan popularitas.

Joshua Hardwick, kepala divisi konten Ahrefs, menyarankan untuk memperbarui konten dari tahun ke tahun untuk mendaur ulang konten yang ada.

7. Analisis Kata Kunci dengan Tren Menurun

Jika Anda melakukan pencarian kata kunci di Google Trends, Anda juga dapat menggunakan beberapa alat lain seperti Google Keyword Planner, SEMrush, Ahrefs, dan sebagainya.

Google Trends memiliki keuntungan untuk memberi tahu Anda apakah suatu topik akan meningkat atau menurun popularitasnya.

Baca juga: Bagaimana Cara Agar Konten Muncul di Google Discover

Google Trends adalah alat yang sangat berguna untuk menentukan kata kunci dengan potensi terbesar. Dengan kata kunci yang tepat sasaran, Anda dapat menyiapkan konten dengan jangkauan yang luas, sehingga website Anda akan mendapatkan lebih banyak pengunjung.

Jika anda masih bingung dengan segala macam riset keyword untuk bisnis anda?. Gunakan jasa digital Marketing, MDIndonesia merupakan digital marketing agency yang dapat membantu masalah anda.

Digital MarketingRiset Kata Kunci Menggunakan Google Trends, Begini Caranya!

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini