RI Gandeng Bulgaria Perkuat Keamanan Siber dan Ekonomi Digital

Pemerintah Indonesia dan Bulgaria sepakat untuk membahas pengembangan kerja sama terkait penelitian siber dan pengembangan sektor digital.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menjelaskan, kerja sama ini bertujuan untuk memperkuat keamanan informasi dalam mencegah serangan siber dan mendorong pertumbuhan ekonomi digital.

“Pagi ini saya dikunjungi oleh Duta Besar Bulgaria untuk Indonesia HE Petar Andonov untuk membahas potensi kerja sama kedua negara di bidang digital,” katanya, dalam keterangan resmi, Senin (27/6).

Kerja sama ini, kata Plate, secara khusus membahas masalah penanganan keamanan informasi untuk mencegah serangan siber sehingga penegak hukum di Indonesia dan Bulgaria dapat menanganinya secara serius. Menurut Menkominfo, Indonesia dan Bulgaria bersama-sama mengharapkan ruang digital yang sehat dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Pemerintah kedua negara telah sepakat untuk tidak memberikan ruang bagi serangan siber. apa itu perangkat lunak jahat, phishing atau semua jenis serangan dunia maya yang termasuk di dalamnya peretas tidak etis“dia berkata.

Sebagai bagian dari Uni Eropa, Bulgaria juga membuka ruang kerja sama untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia melalui pembangunan memulai digital di setiap negara.

“Indonesia sendiri memiliki pertumbuhan ekonomi digital yang sangat tinggi, dan tentunya ini menarik minat dunia usaha dan sektor digital dari Bulgaria,” ujarnya.

Bahkan, Indonesia juga membuka ruang kerja sama yang luas dengan menjaga agar tata kelola data ruang digital dapat berlangsung dengan baik. Isu tersebut, menurut Menkominfo, merupakan salah satu agenda Presidensi G20 Indonesia.

Selain itu, Kominfo juga bertukar informasi mengenai agenda prioritas terkait Kepresidenan Indonesia Kelompok Dua Puluh (G20) tahun ini, tepatnya di Forum Kelompok Kerja Ekonomi Digital (DEWG). Pelaksanaan DEWG Presidensi G20 Indonesia merupakan yang pertama dan dipimpin oleh Indonesia setelah pengangkatan Gugus Tugas Ekonomi Digital (DETF) Kepresidenan G20 Italia, pada Agustus 2021 silam.

Baca Juga:   Erick Thohir Puji Pelayanan KAI ke Warga Difabel Makin Bagus

Menkominfo menyatakan, Pemerintah Indonesia telah menetapkan tiga agenda atau isu prioritas dalam pelaksanaan DEWG yang akan dilaksanakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, pada 20-23 Juli mendatang. Masalah yang dibahas antara lain, Pemulihan dan Konektivitas Pasca Covid-19, Keterampilan Digital dan Literasi Digital, sebaik Aliran Data Lintas Batas dan Aliran Bebas Data dengan Kepercayaan.

Menurut Menteri Johnny, pembahasan ketiga isu tersebut diharapkan dapat menjadikan ruang digital bermanfaat dan data bernilai ekonomi tinggi. Selain itu, juga memperhatikan aspek kedaulatan data dalam kaitannya dengan geopolitik dan geostrategi.

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli RI Gandeng Bulgaria Perkuat Keamanan Siber dan Ekonomi Digital

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

BeritaRI Gandeng Bulgaria Perkuat Keamanan Siber dan Ekonomi Digital

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini