Reaksi Ganjar Pranowo, Setelah Namanya Muncul di Bursa Capres Nasdem

Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, menjadi salah satu nama yang diajukan Dewan Pimpinan Daerah (DPW) Partai Nasdem, sebagai calon presiden (capres) masa depan pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Ganjar mendapat dukungan dari 29 dari 34 DPW.

Menanggapi hal itu, Ganjar menegaskan dirinya adalah bagian dari PDI Perjuangan. “Saya PDI Perjuangan,” kata Ganjar di sela-sela Rapat Koordinasi Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah PDIP, di Lenteng Agung, Jakarta, Kamis (16/6) seperti dikutip dari Antara.

Meski begitu, Ganjar merasa tersanjung, dan mengapresiasi dukungan DPW Nasdem yang mencalonkan diri.

“Terima kasih atas kehormatannya, tapi saya PDI Perjuangan,” kata Ganjar.

Dalam kesempatan tersebut, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menjelaskan, pihaknya tidak akan mencampuri pencalonan calon dari partai lain, meski salah satu kadernya menjadi bagiannya.

“Untuk perjuangan PDI, tentunya kami tidak mencampuri urusan rumah tangga pihak lain,” jelas Hasto.

Hasto memastikan, segala urusan nama calon dari PDI Perjuangan, menjadi tanggung jawab Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

“Pak Ganjar sudah menegaskan bahwa dia PDI Perjuangan, tegak pada disiplin partai,” kata Hasto.

Menurutnya, PDI Perjuangan memiliki prinsip sebagai partai politik, untuk selalu menyiapkan kader-kader terbaik sebagai calon pemimpin bangsa.

Ini juga yang menjadi alasan mengapa Rakernas PDI Perjuangan pekan depan akan digelar di sekolah-sekolah partai. Implementasi ini akan menjadi pengingat bagi kader, bahwa kepemimpinan lahir melalui proses sekolah dan tugas partai.

Sebelumnya pada Rakernas Nasdem, 34 DPW telah mengajukan beberapa nama untuk menjadi calon Nasdem. Setiap DPW berhak mengajukan minimal tiga dan maksimal lima nama. Hasilnya 32 DPW mengusulkan nama Anies Baswedan, 29 DPW mengusulkan Ganjar Pranowo, dan 16 DPW mendukung Erick Thohir.

Baca Juga:   Survei Bagan Politik: Ganjar, Prabowo dan Anies Sulit Digerakkan

Selain itu, ada dua nama yang sama-sama menerima 13 usulan DPW, yakni Panglima TNI Andika Perkasa, dan seorang tokoh dari kalangan internal Nasdem, yakni Rachmat Gobel.

Selain lima nama tersebut, beberapa DPW juga mengusulkan nama Ridwan Kamil, Khofifah Indar Parawansa, Sandiaga Uno, hingga Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Dari internal NasDem, selain Rachmat Gobel, DPW juga mengusulkan nama-nama Ahmad Sahroni, Syahrul Yasin Limpo, Lestari Moerdijat, Ahmad Ali, termasuk Prananda Surya Paloh.

Munculnya nama-nama Anies dan Ganjar yang menjadi kepala daerah cukup bisa dimaklumi, apalagi jika melihat preferensi masyarakat dalam hasil survei Poltracking Indonesia bertajuk Proyeksi Calon Kuat Pilpres 2024. Umumnya lebih menyukai figur dengan latar belakang kepala daerah.

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli Reaksi Ganjar Pranowo, Setelah Namanya Muncul di Bursa Capres Nasdem

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

BeritaReaksi Ganjar Pranowo, Setelah Namanya Muncul di Bursa Capres Nasdem

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini