QS WUR by Subject 2022, 2 Bidang Ilmu Unpad Masuk 500 Terbaik Dunia

Schmu.id, Kampus : QS WUR by Subject 2022, 2 Bidang Ilmu Unpad Masuk 500 Terbaik Dunia. Peringkat Universitas Dunia QS (WUR) berdasarkan Subjek 2022 telah resmi dirilis. Tahun ini, ada tiga bidang ilmu di Universitas Padjajaran (Unpad) yang berhasil masuk pemeringkatan.

Tiga bidang ilmu yang masuk dalam pemeringkatan QS WUR by Subject 2022 adalah Ekonomi & Ekonometrika pada level 450-500, Ilmu & Manajemen Sosial pada level 450-500, dan bidang Kedokteran pada level 600-650.

QS WUR by Subject 2022

Hasil tersebut mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya, dimana hanya bidang Kedokteran yang masuk dalam pemeringkatan. Selain penambahan bidang ilmu yang masuk pemeringkatan, tahun ini jumlah bidang ilmu yang masuk daftar yang dinilai (listed) oleh QS WUR by Subject 2022 sebanyak 34 bidang ilmu.

Jumlah tersebut juga meningkat dibandingkan tahun lalu yang berjumlah 23 bidang ilmu. “Masuknya dua mata kuliah baru tersebut menunjukkan penguatan bidang keilmuan di Unpad agar pengakuan internasional semakin melebar,” kata Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti, dikutip dari laman resmi Unpad di unpad.ac.id, Kamis (7/4/2022).

Rektor mengatakan, hasil pemeringkatan ini mencerminkan semakin meningkatnya kualitas penelitian dan publikasi yang dilakukan Unpad. Peningkatan kualitas otomatis menaikkan indeks kutipan juga.

Tidak hanya kualitas penelitian yang meningkat, pengakuan terhadap kinerja tridarma Unpad juga semakin meningkat. Dosen tidak hanya didorong untuk menghasilkan publikasi internasional melalui penelitiannya, tetapi juga didorong untuk memperluas jaringan kerjasama dengan peneliti lain, baik lokal maupun luar negeri.

Banyak jejaring kerja sama yang dilakukan agar pengakuan Unpad di mata rekan sejawat (peer) semakin kuat. Hal yang sama juga dilakukan pada aspek lulusan. Penyiapan lulusan yang berkualitas akan mudah diserap dan dikenal oleh dunia kerja. Rektor menjelaskan, pengakuan terhadap kualitas Unpad berperan penting dalam penilaian pemeringkatan QS.

Baca Juga:   Kisah CEO Sirclo Menimba Ilmu di Sarang 'Mafia' Startup Indonesia

Metode penilaian QS sendiri melibatkan kombinasi penilaian berbasis data dengan penilaian berbasis pengakuan pengguna dan mitra. Oleh karena itu, dosen didorong untuk melakukan penelitian yang tidak hanya dilakukan secara internal.

Jejaring kerjasama dengan peneliti dalam dan luar negeri perlu dilakukan. Selain mendapatkan pengakuan, ini juga mendorong penelitian yang berkelanjutan.

“Kalau hanya riset, H-indexnya tinggi tapi tidak akur dan jaringan, nanti penilaiannya tidak bagus. Dosen tidak cukup bekerja di dalam, mereka harus bergaul agar bisa dikenal oleh orang lain,” kata Rektor.

Baca juga: Biaya Kuliah Unpad 2022

Itulah Info tentang QS WUR by Subject 2022, 2 Bidang Ilmu Unpad Masuk 500 Terbaik Dunia, yang kami tulis ulang (kurasi) dari laman Antara News dan sumber lain.er lain.

EdupediaKampusQS WUR by Subject 2022, 2 Bidang Ilmu Unpad Masuk 500 Terbaik...

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini