Profil STAI Muhammadiyah Garut

EduPedia: Profil STAI Muhammadiyah Garut. Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Muhammadiyah Garut merupakan Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang berada di Kab. Garut, Jawa Barat. Saat STAI Muhammadiyah Garut memiliki 2 Prodi (Program Studi).

Profil STAI Muhammadiyah Garut

Profil STAI Muhammadiyah Garut
Logo STAI Muhammadiyah Garut. Via: kadowisudaku.com

Berikut Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Muhammadiyah Garut:

A. Visi

Terwujudnya pergurun tinggi agama islam terkemuka di jawa barat 10 tahun yang akan datang, yang memiliki keunggulan dalam bidang manajemen pendidikan islam dan ekonomi syariah, serta kepribadian berdasarkan iman dan taqwa dalam rangka mewujudkan masyarakat yang berakhlakul karimah.

B. Misi

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan pemahaman serta pengamalan islam yang dapat menjamin keterandalan dan keunggulan ilmu ekonomi, teknologi, seni dan keperibadian.
  2. Meningkatkan pemberdayaan infrastruktur yang telah ada.
  3. Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada dan mengembangkan serta meningkatkan kualitasnya, baik ilmu, amal maupun jenjang pendidikan.
  4. Mengembangkan sistem informasi manajemen, baik perangkat keras maupun lunak.
  5. Mengintensifkan pelaksanaan dakwah islamiah, amal ma’ruf nahyi munkar melalui tablig.
  6. Menjalin kerjasama dan kemitraan dengan pihak internal dan eksternal dalam upaya mewujudkan harapan dan cita-cita

C. Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana yang kompeten dibidang pemikiran dan pengembangan manajemen pendidikan islam dan ekonomi syariah yang berbasis keilmuan
  2. Mewujudkan sarjana yang profesional dalam bidang manajemen pendidikan islam dan ekonomi syariah yang berbasis penelitian dan pengembangan.
  3. Mencetak sarjana yang memiliki kualitas akademik dibidang manajemen pendidikan islam dan syariah serta dapat melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi (S2).
  4. Mengembangkan landasan tauhid dan etika dalam bidang pengembangan manajmenen pendidikan islam dan syariah.
  5. Memberikan kontribusi bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya melalui proses pendidikan.
  6. Menyiapkan lulusan terdidik yang mampu memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kualitas dan SDM dimasa yang akan datang.
  7. Terbangunnya jejaring (kerjasama) yang simultan untuk pengembangan kampus dengan semua pihak.
Baca Juga:   Profil STIE Muhammadiyah Tuban

Sejarah STAIM Garut

Cita-cita yang luhur dari Pimpinan Cabang Muhammadiyah Cikelet, untuk mempunyai Perguruan Tinggi Islam, maka tepatnya pada tanggal 16 Oktober 2006, pukul 19.30. di MI Muhammadiyah Cijambe dilaksanakan rapat pelaksanaan pendirian Perguruan Tinggi yang diberi nama Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Muhammadiyah Garut, yang dipimpin langsung oleh Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Cikelet.

Maka di tahun itu juga dilakukan pemetaan-pemetaan untuk membuat Rencana Induk Pengembangan (RIP), Statuta serta data – data lain yang dibutuhkan untuk usulan pendirian. Pada tanggal 12 Pebruari 2007 yang menjadi delegasi bapak Maman Sutarman, S.Sos.,M.M.Pd. menghadap Dikti PP Muhammadiyah di Yogyakarta didampingi oleh Bapak Jajang Herawan, SH dan Bapak Cecep Mustika Malik, SE.Ak.

Dan hasilnya, ditangguhkan untuk sementara, sehubungan di Kabupaten Garut telah ada Perguruan Tinggi Muhammadiyah yaitu STAIDA Muhammadiyah Garut. Maka utusan pun pulang dengan tangan hampa. Tidak sampai disana maka bapak Maman Sutarman, S.Sos.M.M.Pd. menghadap kepada bapak Prof. Dr. Dadang Kahmad, M.Si pada waktu itu Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Barat.

Dan akhirnya mendapat restu. melalui Rekomendasinya tertanggal 10 Dzulqadah1428 H/20 Nopember 2007 M Nomor 259/II.0/F/2007. Dan langsung dibuat pemberkasan dengan dipercayakan kepada bapak Jajang Herawan, SH.dan bapak Cecep Mustika Malik, SE.,Ak.

Dan setelah melewati perjalanan panjang akhirnya pada tahun 2010 diajukan lagi dan disetujui. Kemudian pada tanggal 15 Juni 2010 bapak Maman Sutarman, S.Sos.,M.M.Pd. dipanggil ke Jakarta untuk mengambil SK.Ijin Operasional nomor : Dj.I/370/2010 tanggal : 10 Juni 2010 .

Kemudian pada tanggal 11 Januari 2011 diresmikan oleh Gubernur bapak. H. Ahmad Heryawan Lc, didampingi Oleh Ketua Kopertais Wilayah II Jawa Barat dan Banten, Prof. Dr. H.Nanat Fatah Natsir M.Si, Bupati Garut, Aceng Fikri, dewan Penyantun Prof. Dr. H. Karhi Nizar, SE.,Ak.,MM. Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM). Bapak Drs.H. Ayat Dimiyati, M.Ag. Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM). bapak Drs.H.Haetami, M.M.Pd. Serta tamu undangan lainnya.

Baca Juga:   Profil Universitas Muhammadiyah Jember (UM Jember)

Pimpinan STAIM Garut

1. Ketua: Dr. H. Maman Sutarman, S. Sos., M.MPd

Baca Juga: Profil STAI Muhammadiyah Blora

Program Studi STAI Muhammadiyah Garut

1. S1 Ekonomi Syariah
2. S1 Manajemen Pendidikan Islam

Akreditasi

Secara umum, Akreditasi adalah penilaian terhadap kelayakan dan pemeringkatan suatu program studi atau jurusan yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dan digunakan sebagai pengakuan dari badan atau instansi yang lain.

Secara institusi kampus, STAI Muhammadiyah Blora telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat “Baik” berdasarkan surat keputusan nomor 862/SK/BAN-PT/Akred/PT/X/2020 dari BAN PT.

STAI MUHAMMADIYAH GARUT
Alamat: Jl. Raya Cikelet No. 242  Kab. Garut – Prov. Jawa Barat – Indonesia 44177
Telepon: 0262-2523153
Fax: 0262-2523153
Email: [email protected]
Website: staimgarut.ac.id

Video Profil STAI Muhammadiyah Garut

EdupediaProfil STAI Muhammadiyah Garut

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini