Bagaimana Cara Membuat Web Profil yang Bagus?

Web Profil Sekolah: Sekolah merupakan lembaga bagi para siswa untuk menuntut ilmu dibantu oleh guru sebagai pengajar dan pendidik. Dalam sistem pendidikan Indonesia kita mengenal sekolah formal dan sekolah nonformal.

Seiring perkembangan jaman sekolahpun berkembang mengikuti jamanya, kita bisa melihatnya dari profil sekolah baik di website sekolah, Video profil sekolah atau brosur sekolah.

Sekolah juga dibagi menjadi dua dari segi kepemilikanya, pertama adalah sekolah negeri yaitu sekolah yang dimiliki pemerintah dan dikelolah oleh Kemendikbud. Kedua, adalah sekolah swasta yaitu sekolah yang dimiliki  dan dikelolah oleh lembaga atau yayasan.

Apa Profil Sekolah?

Dalam pembuatan profil sekolah harus harus benar-benar memberikan informasi yang valid dan tentang sekolah tersebut. Dengan melihat isi dari profile sekolah kita akan bisa mengenali sekolah tersebut dengan baik.

Berikut isi dari profil sekolah yang baik:

  1. Identitas Sekolah, pada profilnya sekolah harus mencantumkan nama sekolah dengan jelas, Nama kepala sekolah, Alamat, NPSN, No telepon, email dan alamat website sekolah jika punya.
  2. Letak Geografis, sekolah juga harus menampilka dan memberikan pejelasan yang valid terkait dengan letak geografis sekolah. Mungkin untuk saat ini dengan bantuan Google Map kita bisa secara detail mengetahui posisi dan letak sekolah.
  3. Visi Misi, Sekolah juga harus mencatumkan visi dan misi sekolah kepada masyarakat agar sekolah mendapatkan banyak siswa dan dipercaya masyarakat. Denga visi misi yang bagus tentunya orang bisa menilai sekolah iti berkualitas atau tidak.
  4. Kurikulum, dalam profil sekolah baik sekolah negeri atau swasta akan menerapkan kurikulum yang diperlakukan pemerintah dengan modifikasi dari sekolah masing-masing. Terkait ini juga harus ditampilkan dalam profil sebagai bentuk pengembangan dan ciri khas sekolah.
  5. Guru dan Staf, dengan memiliki guru dengan kemampuan yang sesuai sekolah akan mampu meningkatkan kwalitasnya. Staf atau tenaga pendidikan non guru juga sangat penting bagi kemajuan sekolah, juga perlu dipublish.
  6. Data Siswa, jumlah siswa bagi sekolah menentukan sekolah itu bagus atau tidak. Selain jumlah juga prestasi siswa
  7. Bangunan Sekolah, setelah lokasi sekolah bangunan sekolah juga akan menentukan kwalitas sekolah. Dengan bangunan yang bagus dan ramah terhadap anak tentunya akan membuat nyaman siswa belajar.
Baca Juga:   Cara Membuat Web Sekolah Dengan Wordpress

Silhkan kunjungi bagaimana Cara membuat PPDB Online di WordPress dengan menggunakan plugin wordpress e-from.

Website Profil Sekolah

Pada era digital sekarang membuat profil sekolah bukan saja dengan membutnya dalam format cetak. Untuk saat sekarang profil sekolah bisa dibuat dengan konten-konten digital. Dalam bentuk Video Profil, Meme, akun Medos dan Website.

Untuk membuat website sekolah anda juga harus memberikan informasi yang valid dan jelas sabagaiman pada diatas. Untuk membuat website profil sekolah ada banyak sekali layanan yang memberikan paket website sekolah dari yang gratis sampau berbayar.

Pada website ini juga anda bisa membuat website sekolah dengan gratis,  pada domai ini hanya sekolah Muhammadiyah yang bisa mendaftar dan menggunakan fitur website gratis untuk sekolah.

Website sekolah selain sebagai web profil sekolah juga memiliki banyak manfaat lainya, salah satunya adalah sebagai media promosi sekolah.

Contoh Website Sekolah Yang Baik

Dalam membuat website untuk profile sekolah tentunya harus mendesain websitenya sesuai denga jenjang sekolahnya. Desain sekolah PAUD Dan TK berbeda denga desain website sekolah SMA tentunya. Jangan jadikan desain SMA untuk sekolah bagi anak-anak usia dini atau Taman Kanak-kanak, kurang mecing kata anak jaman now. berikut akan kami berikan contok website sekolah sesuai denga jenjang pendidikanya.

1) Contoh website sekolah PAUD Dan TK,

contoh website profil sekolah PAUD dan TK
contoh website profil sekolah PAUD dan TK

untuk melihat detail website profil sekolah TK dan PAUD bisa klik link: contoh website sekolah TK/PAUD

2) Contoh website Profile Sekolah Dasar (SD), untuk website sd sebenarnya bisa disamakan dengan TK/PAUD. Anda tinggal membedakan tampilan gambar yang sesuai dengan selera anak-anak. klik link : SD Sang Pencerah Metro

contoh website profil sekolah dasar
contoh website profil sekolah dasar

3) Contoh Website SMP Dan SMA, untuk website seolah SMP serta SMA mungkin kita bisa menyamakan desainya. contoh website Profil: MAN 1 Lamongan

Baca Juga:   Kekayaan Elon Musk Anjlok Ratusan Triliun Sejak Rencana Beli Twitter
contoh website profil SMA dan MAN
contoh website profil SMA, SMP dan MAN

Semoga bermanfaat bagi sekolah yang ingin memiliki website profil sekolah yang baik dan bisa meningkatkan kwalitas siswa, guru dan sekolahnya.

Jika anda membutuhkan konsultan Digitalisasi Sekolah bisa menghubungi kami di: wa: 081330199100

TeknologiBagaimana Cara Membuat Web Profil yang Bagus?

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini