Profil Nupur Sharma, Politikus India yang Hina Nabi Muhammad

Schmu.id, Profil Nupur Sharma, Politikus India yang Hina Nabi Muhammad – Nupur Sharma jarang luput dari sorotan. Pada Minggu (5/6/2022), partai yang berkuasa di India, BJP, menskors juru bicara nasionalnya untuk “menunggu penyelidikan lebih lanjut” atas penghinaan terhadap Nabi Muhammad.

Langkah BJP dilakukan lebih dari seminggu setelah Polisi Mumbai mendaftarkan laporan investigasi (FIR) terhadapnya karena diduga melukai sentimen agama melalui pernyataannya tentang Nabi Muhammad bulan lalu selama debat berita yang disiarkan televisi.

India menghadapi reaksi keras dari dunia Arab atas pernyataan Sharma dan kepala medianya di Delhi, Naveen Kumar Jindal, yang telah dipecat. Siapa itu Nupur Sharma? Nupur Sharma adalah mantan juru bicara nasional Partai Bharatiya Janata (BJP).

Dia diskors dari partai pada Juni 2022 karena pernyataannya tentang Nabi Muhammad selama debat di saluran berita. Sebagai mahasiswa di Delhi University, Nupur Sharma terlibat aktif dengan Akhil Bharatiya Vidyarthi Parishad (ABVP), sebuah organisasi mahasiswa yang berafiliasi dengan RSS.

Profil Nupur Sharma Politisi Yang Hina Nabi Muhammad

Nupur Sharma Politis India Hina Nabi Muhammad
Nupur Sharma Politis India Hina Nabi Muhammad

Pada tahun 2008, ia terpilih sebagai presiden organisasi dan juga mulai muncul di saluran berita. Nupur meraih gelar master di bidang hukum dari London School of Economics.

Karir Nupur Sharma Sebelum menjadi juru bicara unit BJP Delhi, Nupur Sharma bekerja dengan sayap pemuda partai selama bertahun-tahun. Pada 2015, ia menjadi pusat perhatian ketika diberi tiket untuk bertarung melawan Arvind Kejriwal.

Meskipun Sharma kalah dalam pemilihan dengan selisih 31.000 suara, karir politiknya melesat dari sana. Pada tahun 2020, dengan keahliannya dalam masalah hukum dan keterampilan bilingual, ia diangkat sebagai juru bicara nasional BJP di bawah Presiden BJP Nadda.

Baca Juga:   Erick Thohir Gandeng Mentan Atasi PMK di Madura dan Jawa Timur

Penampilannya dalam debat televisi ditandai dengan pembelaannya yang kuat terhadap Hindutva. Penghujatan Nupur Sharma terhadap Nabi Muhammad Pada Juni 2022, komentar Sharma selama debat di saluran berita tentang Nabi Muhammad menyebabkan penangguhannya dari partai.

Pernyataannya yang diduga menghina memicu kemarahan dari beberapa negara Teluk termasuk Oman, Qatar dan Arab Saudi, yang meminta permintaan maaf resmi dari India. Sharma kemudian menarik komentarnya dan, dalam sebuah pernyataan yang diposting di Twitter, mengatakan niatnya tidak untuk menyakiti siapa pun.

Arab Saudi, Qatar dan negara-negara lain di kawasan itu, serta Universitas Al-Azhar yang berpengaruh di Kairo Mesir, mengecam pernyataan juru bicara partai Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi. The Angry World Kemarahan menyebar ke luar negeri ke negara-negara Muslim di seluruh dunia tentang pernyataan yang tidak bertanggung jawab.

Pada hari Minggu, Qatar menuntut agar India meminta maaf atas komentar “Islamofobia”, ketika Wakil Presiden India Venkaiah Naidu mengunjungi negara Teluk yang kaya gas dalam upaya untuk meningkatkan perdagangan.

“Iran mengikuti Qatar dan Kuwait dengan menyerukan duta besar India untuk memprotes atas nama pemerintah dan rakyat,” kantor berita negara IRNA melaporkan pada Minggu malam.

Universitas Al-Azhar, salah satu lembaga Islam paling penting di dunia, mengatakan. adalah terorisme nyata dan dapat menjerumuskan seluruh dunia ke dalam krisis dan perang yang mematikan.” Liga Muslim Dunia yang berbasis di Saudi mengatakan, “Pernyataan itu bisa memicu kebencian.

” Presidensi Umum Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Arab Saudi menyebutnya sebagai “tindakan keji.”

Baca juga: Nupur Sharma Hadapi Ancaman Pembunuhan

Dalam kritik lebih lanjut terhadap pejabat India, Dewan Kerjasama Teluk, kelompok payung untuk enam negara Teluk, “mengutuk, menolak, dan mencela” komentar tersebut. Bahrain juga menyambut baik keputusan BJP untuk menangguhkan Sharma karena “provokasi terhadap sentimen Muslim dan hasutan untuk kebencian agama.”

BeritaProfil Nupur Sharma, Politikus India yang Hina Nabi Muhammad

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini