PKS: Daftar Bakal Capres 2024 Miliki Kesamaan dengan Nasdem

Elite Partai Keadilan Sejahtera atau PKS dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) bertemu di Nasdem Tower, Rabu (22/6). Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengaku tertarik menjalin komunikasi dengan Nasdem karena memiliki kesamaan dalam mendatangkan calon presiden (capres) untuk Pilpres 2024.

Rakernas Nasdem menghasilkan tiga nama calon presiden (capres) untuk Pilpres 2024. Ketiganya adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, Panglima TNI Jenderal Mohammad Andika Perkasa, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Dari ketiga nama tersebut, Syaikh menyampaikan capres yang akan disandang PKS termasuk di antaranya. “Sekitar sana,” ujarnya usai bertemu Ketua Umum Nasdem Surya Paloh di Nasdem Tower, Rabu (22/6).

Dari hasil Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) PKS yang baru saja berakhir Selasa (21/6), Syaikh menyebutkan bahwa Pengurus Pusat PKS sudah memiliki nama-nama calon yang akan diusung.

Namun, keputusan ada di tangan Dewan UKM Syoro. “Bukan DPP yang memutuskan. Jadi kami juga tidak mau memimpin Majelis Syuro sebagai otoritas yang memang berwibawa,” ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Syuro PKS Mohammad Sohibul Iman mengatakan pemilih internal PKS lebih dominan memilih nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai wakil presiden. “Hasil survei, pemilih UKM cenderung banyak ke Anies Baswedan,” kata Sohibul Iman di Jakarta, Senin (20/6) malam.

Selain Anies, beberapa nama lain juga muncul dalam survei internal ini. Antara lain, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, hingga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ia menambahkan, tidak hanya pada nama capres, kesamaan antara PKS dan Nasdem juga terdapat di penentuan posisi. “Pak Ketum menjelaskan bahwa kami kemitraan yang setara,” dia berkata.

Baca Juga:   Pelanggar Aturan Perlindungan Konsumen Bakal Kena Sanksi OJK

Diketahui dalam perolehan suara di parlemen, UKM memperoleh 8,7% kursi, sedangkan Nasdem memperoleh 10,26%. Sebab, keduanya belum memenuhi ambang batas pencalonan presiden atau capres threshold 20%.

Ketua Umum Nasdem Surya Paloh mengatakan ada tiga titik kesamaan antara Nasdem dan PKS. Pertama, keduanya sama-sama mengapresiasi makna keberadaan institusi politik yang memiliki posisi strategis dalam pembangunan bangsa.

Kedua, mereka sama-sama sadar akan perjuangan segala persoalan bangsa yang kompleks dan tidak bisa diselesaikan oleh satu partai politik saja. Ketiga, kedua parpol berupaya menempatkan dan memupuk nilai-nilai komitmen ideologis Pancasila di atas kepentingan masing-masing pihak.

Sejauh ini, Paloh mengungkapkan Nasdem belum mulai memimpin pembentukan koalisi. Ia menyebut kerja sama politik dilakukan dengan menjalin komunikasi dengan berbagai pihak.

“Belum koalisi, hanya saling pandang. Koalisi itu pasti, tapi dengan komitmen kedekatan dan perasaan saja. Itu modal awal,” kata Paloh.

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli PKS: Daftar Bakal Capres 2024 Miliki Kesamaan dengan Nasdem

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

BeritaPKS: Daftar Bakal Capres 2024 Miliki Kesamaan dengan Nasdem

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini