Pesan Moeldoko Agar RI Bertahan dari Krisis Pangan dan Energi

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyatakan, saat ini negara-negara di dunia sedang menghadapi krisis pangan dan energi.

Demikian disampaikan Moeldoko saat bertemu dengan relawan Jokowi di Karesidenan Pati, di Stadion Kamal Junaidi, Jepara, Jawa Tengah, Minggu (19/6). Kehadiran Moeldoko mewakili Presiden Joko Widodo.

Menurutnya, hampir semua orang berusaha untuk pulih setelah pandemi COVID-19, ekonomi dunia kembali diguncang perang Rusia-Ukraina. Harga komoditas naik dan mahal. Negara-negara dunia juga mulai membatasi ekspor makanan dan energi mereka.

“Untuk menghadapi ini kita harus memperkuat ketahanan energi dan pangan. Kita harus bisa menanam apa saja. Baik jagung, singkong, atau sorgum yang baru saja diumumkan Presiden,” kata Moeldoko, dalam siaran pers, Minggu (19/6). .

Isu ketahanan pangan dan energi juga akan menjadi fokus pembahasan pada KTT G20 di Indonesia yang akan menghadirkan Food and Agriculture Organization (FAO).

Panglima TNI 2013-2015 juga meminta relawan Jokowi untuk terus memantau dan mendukung penuh jalannya pemerintah hingga selesai pada 2024. Selama dua tahun terakhir, selain menghentikan pandemi, pemerintahan Presiden Jokowi secara konsisten menjalankan semua program kerja prioritas. dan program pemulihan ekonomi.

Selain itu, jelasnya, pembangunan infrastruktur akan terus dilakukan, bantuan insentif bagi masyarakat terdampak akan terus digulirkan, penciptaan lapangan kerja akan terus diupayakan, dan pendidikan yang layak akan terus diberikan.

“Mari kita dukung cita-cita Presiden Jokowi untuk mewujudkan Indonesia Maju 2045. Tanpa dukungan relawan pemerintah, pemerintah ini tidak bisa bekerja secara maksimal,” lanjutnya.

“Yang lebih penting, marilah kita menjaga keberlanjutan pembangunan ini. Untuk itu, diperlukan soliditas dari seluruh elemen bangsa, termasuk para relawan,” seru Moeldoko.

Dalam sambutannya, Moeldoko juga memberikan pengarahan kepada Presiden tentang peristiwa politik 2024. “Dia (Presiden Jokowi) telah menginstruksikan kita untuk tidak terburu-buru. Jangan terburu-buru. Karena sekarang ada hal yang lebih penting untuk kita selesaikan bersama. Mari kita selesaikan bersama. lebih fokus menyelesaikan masalah bangsa saja,” kata Moeldoko.

Baca Juga:   Sumber EBT di RI Melimpah, Bisa 5 Kali dari Konsumsi Energi pada 2060

Untuk politik tinggal menunggu arahannya di mana kapal besar relawan Jokowi ini akan berlabuh, tambahnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga menekankan pentingnya kewaspadaan terhadap COVID-19 yang saat ini menunjukkan peningkatan. Masyarakat dihimbau untuk tidak panik, karena pelayanan kesehatan saat ini sudah jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli Pesan Moeldoko Agar RI Bertahan dari Krisis Pangan dan Energi

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

BeritaPesan Moeldoko Agar RI Bertahan dari Krisis Pangan dan Energi

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini