Schmu.id, Perbedaan Promosi Offline dan Online – Promosi merupakan suatu kegiatan pemasaran yang memiliki peran penting bagi perusahaan untuk mempertahankan perusahaannya dan meningkatkan kualitas penjualan dalam memasarkan barang atau jasa perusahaan.
Promosi atau Pemasaran adalah semua bentuk komunikasi yang memberitahukan atau mengingatkan orang tentang suatu produk yang dihasilkan oleh perusahaan, individu, atau rumah tangga.
Promosi Offline dan Online
Berikut keuntungan promosi adalah:
- peningkatan omzet penjualan
- Menambah jumlah konsumen
- peningkatan kinerja perusahaan
Henry Simamora dalam bukunya menulis bahwa ada alasan pemasar melakukan, yaitu untuk memberikan informasi, mempromosikan promosi, membedakan produk, mengingatkan pelanggan saat ini, menghalangi promosi pesaing, menanggapi beberapa berita negatif, dan memuluskan fluktuasi permintaan.
Promosi dapat dilakukan baik secara offline maupun online, dengan perkembangan teknologi, semakin banyak media yang dapat digunakan untuk melakukan promosi. Akan tetapi jika anda melakukan kesalahan dalam pemasaran online atau pun offline bisa produk kita tidak laku.
Apa itu Pemasaran offline dan online?
Apa bedanya?

Beda Offline dan Pemasaran Online, Promosi offline adalah proses dimana produsen bertemu langsung dengan calon pembeli guna menawarkan barang/jasa kepada konsumen hingga terjadi proses jual beli.
Promosi Online atau digital marketing adalah, proses transaksi penjualan barang dan jasa yang menggunakan teknologi elektronik yang dapat memudahkan konsumen. Promosi ofline atau online keduanya memiliki peran penting dalam pemasaran produk tetapi keduanya memiliki perbedaan. Berikut perbedaan promosi online dan Offline diantaranya:
1). Yang pertama dari segi manfaat. Dalam promosi online ini, lebih mudah bagi produsen untuk mempromosikan produk dan jasanya kepada pelanggan yang jauh. Dan mengurangi biaya untuk mengunjungi konsumennya secara langsung, dan konsumen dapat membeli produk atau jasa secara online tanpa perlu repot datang ke toko.
2). Sedangkan dalam promosi offline dengan adanya transaksi langsung dimana produsen dan konsumen bertemu akan membuat konsumen percaya diri untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.
3). Perbedaan dalam hal biaya pemasaran. Promosi online lebih murah daripada promosi offline, karena hanya dengan membuat situs sendiri atau mendistribusikan di situs atau media sosial yang sudah ada, sedangkan dalam pemasaran offline perlu memperbanyak brosur, iklan dan juga butuh tenaga untuk mendistribusikannya.
4). Dari segi luasnya pemasaran promosi online memiliki lokasi pemasaran yang lebih luas, tanpa batas wilayah karena siapa pun yang memiliki internet dapat mengaksesnya.
Dari tingkat kepercayaan, promosi offline terlihat lebih jelas karena konsumen bisa bertemu langsung dengan orang yang menawarkan produk.
Sama-sama Penting
Dari perbedaan online dan offline marketing dapat menganalisis kelebihan dan kekurangan promosi offline dan pemasaran online. Jika kita ingin memulai usaha, kita dapat memilih kedua promosi tersebut dengan bijak dalam memanfaatkan diantaranya.
Dengan membuat pemasarannya semenarik mungkin, serta disarankan juga lebih baik menggunakan cara kedua tersebut. Dikarenakan akan lebih percaya dalam membangun kepercayaan (brand awareness) dengan konsumen sehingga konsumen jauh lebih mempercayai produk kita.
Baca juga: Cara Promosi Sekolah
Jika anda membutuhkan jasa untuk pemasaran digital perusahaan atau instansi silahkan hubungi kami melalui kontak.