Perbandingan Harga BBM di Dunia

Harga BBM di Indonesia termasuk yang termurah di antara negara-negara lainnya impor bersih minyak. Perbedaan besar antara produksi minyak dan permintaan dalam negeri, menyebabkan Indonesia harus mengimpor BBM.

Di tengah situasi kenaikan harga minyak mentah dunia, impor menambah beban keuangan negara. Sebab, pemerintah harus menambal selisih harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan nilai keekonomiannya.

Berdasarkan data Harga Bensin Globalharga BBM di Indonesia termasuk yang paling murah dibanding negara lain importir bersih minyak lainnya. Harga Bensin Global meluncurkan daftar harga BBM setara RON 95 di seluruh dunia.

Dalam daftar tersebut, harga BBM Indonesia berkisar Rp 17.740 per liter per 20 Juni 2022. Harga tersebut bahkan lebih murah dibandingkan harga di negara-negara kaya minyak, seperti Amerika Serikat, dan hampir menyamai Rusia dan Arab Saudi.

Sementara itu, negara dengan harga BBM tertinggi di dunia berada di kawasan Asia yaitu Hongkong yang mencapai Rp 44.467 per liter atau hampir tiga kali lipat harga BBM di Indonesia.

Jika dibandingkan dengan negara tetangga, harga BBM di Indonesia termasuk yang termurah kedua di kawasan. Negara yang tercatat memiliki harga BBM termurah di Asia Tenggara adalah Malaysia.

Hal ini terjadi karena Pemerintah Malaysia mensubsidi produk BBM dengan kualitas dan nilai oktan yang lebih tinggi yaitu RON 95. Sebaliknya, Indonesia mensubsidi produk BBM dengan kualitas yang lebih rendah seperti subsidi Solar dan pada bensin dengan nilai oktan (RON) 90 atau Pertalite.

Bensin RON 95 setara dengan kualitas Pertamax Plus yang pernah dipasarkan Pertamina sebelum akhirnya tidak dijual lagi. Artinya, bensin RON 95 ini berada di atas kualitas Pertamax yaitu bensin RON 92 serta di atas Pertalite yang RON 90.

Baca Juga:   Video: Sri Mulyani Sebut Ancaman Krisis Pangan Berkepanjangan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya mengungkapkan besaran subsidi untuk menjaga harga BBM. Ia juga membandingkan harga BBM di Indonesia yang saat ini jauh berbeda dengan sejumlah negara.

Jokowi mengatakan negara lain sudah mengalami kenaikan harga BBM yang tinggi, seperti di Singapura dan Thailand.

“Kita masih Rp 7.650 (RON 90). Harganya dari mana? Ya disubsidi. Tapi sampai kapan kita bertahan? Anggaran negara kita, fiskal kita, apakah cukup kuat untuk menahan ini? ” kata Jokowi seperti dikutip dari Katadata Senin, 27 Juni 2022.

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli Perbandingan Harga BBM di Dunia

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

BeritaPerbandingan Harga BBM di Dunia

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini