Pengertian Proposal, Tujuan, Fungsi, dan Unsur yang Ada Didalamnya

Biasanya sebelum membuat event kita akan menyusun proposal terlebih dahulu. Arti proposal dapat diartikan sebagai rencana kegiatan yang dibuat secara tertulis. Dalam proposal biasanya terdapat rincian kegiatan hingga rencana anggaran. Namun, apa sebenarnya proposal itu? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Definisi Usulan

Berdasarkan penjelasan dalam Kamus Besar Bhasa Indonesia, yang dimaksud dengan proposal adalah rencana yang disajikan dalam bentuk rancangan. Sedangkan dalam e-Modul Bahasa Indonesia Kelas XI, secara umum usulan diartikan sebagai rencana kerja yang dibuat secara sistematis dan rinci untuk suatu kegiatan yang bersifat formal.

Selain pengertian proposal secara umum, terdapat juga pengertian proposal secara khusus. Misalnya proposal karya ilmiah yang dibuat dalam dunia pendidikan. Dalam dunia ilmu pengetahuan atau pendidikan, yang dimaksud proposal adalah rancangan penelitian (research proposal) yang ingin dilakukan peneliti terkait dengan bahan penelitian.

Penelitian atau proposal ilmiah ini biasanya dibuat oleh peneliti atau mahasiswa yang akan melakukan penelitian. Bentuk proposal ilmiah umumnya memiliki bentuk dengan standar tertentu mulai dari penggunaan bahasa, tanda baca, kutipan, dan sebagainya.

Tujuan dan Fungsi Pembuatan Proposal

Ketika seseorang membuat proposal, itu pasti memiliki tujuannya sendiri. Geser dari gramedia.com Berikut adalah beberapa tujuan dari proposal.

  1. Memperoleh persetujuan dari pihak-pihak terkait dalam rangka melaksanakan kegiatan tertentu.
  2. Jika terkait dengan pengajuan dana, maka proposal dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan bantuan dana dari pihak sponsor.
  3. Mendapatkan dukungan dari pihak-pihak yang terkait dengan kegiatan tersebut.
  4. Jika proposal yang dibuat terkait dengan proyek pemerintah, maka proposal tersebut dibuat untuk tujuan melakukan tender atau pelelangan untuk proyek-proyek tersebut.
  5. Memperoleh penawaran kerjasama bisnis, jika proposal dibuat dalam bentuk proposal bisnis.
Baca Juga:   Daftar Universitas Muhammadiyah & Aisyiah Se Indonesia, Lengkap!

Sedangkan untuk fungsi usul antara lain :

  • Berguna untuk mengusulkan kerjasama bisnis.
  • Berguna untuk mengadakan acara-acara tertentu, seperti pelatihan, perlombaan, seminar, dan sebagainya.
  • Dapat digunakan untuk pedoman pelaksanaan penelitian ilmiah.
  • Dapat digunakan untuk mengusulkan pendirian usaha.
  • Dapat digunakan untuk proyek atau lelang barang.

Elemen Proposal Umum

Proposal umum adalah proposal yang biasanya digunakan sebagai proposal atau rancangan kegiatan. Bentuk proposal ini sebenarnya mirip dengan proposal karya ilmiah. Namun seperti namanya, proposal umum ini sangat umum sehingga biasanya menggunakan bahasa yang lebih fleksibel dan tidak menggunakan aturan penulisan yang baku.

Meskipun demikian, usulan ini tetap memiliki kaidan dan sistematika tertentu. Berdasarkan penjelasan dalam “e-Modul Bahasa Indonesia Kelas XI” berikut komponen atau unsur dalam proposal umum perlu dipahami.

1. Nama Kegiatan (Judul)

Unsur pertama dari proposal umum adalah nama kegiatan atau judul. Nama kegiatan ini mengandung refleksi dari kegiatan yang akan dilaksanakan. Misalnya, Anda ingin membuat proporsi perayaan hari kemerdekaan. Jadi, judul proposal yang bisa kamu pilih adalah; “Usulan Kegiatan Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia”.

2. Latar Belakang

Dalam sebuah proposal harus ada latar belakang. Bagian ini memuat pokok-pokok pikiran dan alasan perlunya diadakan kegiatan tersebut.

3. Tujuan Kegiatan

Unsur lain dalam proposal umum adalah tujuan kegiatan. Perlu dipahami bahwa tujuan dari kegiatan ini harus dibuat sedemikian rupa agar target yang dicapai dan nilai pemborosan yang diperoleh dapat dirasakan oleh pembaca. Oleh karena itu, tujuan dalam proposal umum harus dijelaskan untuk melihat manfaat dari kegiatan tersebut.

4. Tema

Tema itulah yang mendasari kegiatan tersebut. Dalam proposal kegiatan, tema ditulis agar pembaca dapat mengetahui garis besar kegiatan.

Baca Juga:   Apa Itu Web Developer? Ini Pengertian dan Tugas-tugasnya

5. Target atau Peserta

Dalam proposal kegiatan, tujuan atau target peserta harus ditulis secara eksplisit. Hal ini berguna untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang semua pihak yang terlibat dalam acara tersebut.

6. Tempat dan Waktu Kegiatan

Unsur lain dalam proposal kegiatan adalah tempat dan waktu kegiatan. Dalam proposal harus tertulis secara jelas terkait dengan pelaksanaan kegiatan tersebut.

7. Panitia

Dalam proposal umum, susunan kepanitiaan juga harus ditulis secara rinci sehingga pembaca dapat mengetahui siapa yang berada di balik layar kegiatan tersebut.

8. Rencana Anggaran Kegiatan

Pengusul harus merumuskan anggaran biaya yang logis dan realistis. Tidak hanya itu, rencana anggaran kegiatan juga harus memperhatikan keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran.

9. Penutup

Bagian terakhir dari proposal umum adalah penutup. Pada bagian ini, pihak penyelenggara dapat menuliskan ucapan terima kasih dan harapan kepada pihak penyelenggara acara.

Itulah sederet penjelasan tentang makna proposal, tujuan, fungsi, hingga unsur-unsur yang biasanya ada dalam karya tulis. Dengan memahami hal-hal tersebut, diharapkan kita dapat membuat proposal yang baik dan benar.

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli Pengertian Proposal, Tujuan, Fungsi, dan Unsur yang Ada Didalamnya

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

EdupediaPengertian Proposal, Tujuan, Fungsi, dan Unsur yang Ada Didalamnya

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini