Pengertian FOMO dalam Psikologis dan Cara Mengatasinya

FOMO adalah singkatan dari Takut Ketinggalan, adalah kata baru yang digunakan oleh anak muda saat ini. Ternyata FOMO berkaitan dengan kondisi psikologis seseorang. Hal ini dikarenakan pengaruh media sosial dan internet yang sedang menjadi trend.

Arti dari FOMO

Istilah FOMO ditambahkan ke Kamus Bahasa Inggris Oxford 2013. Makna FOMO adalah perasaan gugup dan cemas yang dialami seseorang, saat tidak menghadiri acara sosial. Ini terjadi ketika mereka tidak dapat hadir, tidak diundang, atau tidak ingin pergi.

Kemudian kata fomo bertambah. FOMO menyebabkan orang menganggap mereka memiliki status sosial yang rendah. Kemudian mereka menjadi cemas dan rendah diri.

FOMO berasal dari bahasa Inggris yang artinya takut merasa tertinggal, jika tidak mengikuti kegiatan tertentu. Beberapa orang merasakan kecemasan dan ketakutan yang muncul dari pikirannya sendiri.

Kecemasan terjadi karena rasa takut tertinggal oleh hal-hal seperti berita, tren, dan hal lainnya. Istilah FOMO adalah gambaran anak muda yang merasa takut dan dicap sebagai orang yang tidak ramah. Beberapa orang berasumsi bahwa jika orang lain bersenang-senang, mereka juga harus seperti itu. Misalnya, pengguna media sosial yang ingin selalu update informasi baru.

Media sosial membuat sebagian orang tidak dapat melihat dan memperbarui informasi terbaru. Misalnya, Anda melihat seorang teman mengunggah tentang liburan, makan di restoran, atau bermain dengan teman.

Beberapa orang merasa senang memamerkan kesenangan mereka di media sosial. Tidak jarang mengunggah foto dan video menarik, membuat orang lain menganggapnya menyenangkan.

Baca Juga:   Peran Strategis BUMN dalam Penyaluran Bantuan Sosial

FOMO erat kaitannya dengan perasaan selalu ingin terlibat dalam segala hal yang menyenangkan. Beberapa orang akan mengunggah momen menyenangkan ini ke media sosial. Mereka ingin diakui dan mengejar eksistensi.

Cara Mengatasi FOMO

Berikut cara mengatasi dampak psikologis FOMO:

1. Bersyukur dan Berpikir Positif

Cara mengatasi FOMO adalah dengan mengurangi pikiran negatif. Misalnya, media sosial membuat seseorang cenderung membandingkan dirinya dengan orang lain. Langkah sederhana yang bisa dilakukan adalah mensyukuri hidup dan berpikir positif.

Langkah ini membuat Anda berpikir lebih baik dan lebih puas. Berpikir positif membuat Anda lebih fokus pada kehidupan nyata daripada media sosial.

2. Batasi Waktu di Media Sosial

Langkah kedua dalam mengatasi FOMO adalah dengan membatasi waktu. Anda dapat menginstal timer atau timer aplikasi. Dengan cara ini Anda dapat membatasi diri untuk konsumsi media sosial harian Anda. Tetapkan batas waktu untuk menggunakan media sosial, misalnya dua jam sehari.

Selain itu Anda bisa mengurangi aktivitas medsos ke aktivitas lainnya. Ini akan mengurangi FOMO dan kecemasan dalam diri Anda. Matikan notifikasi ponsel untuk mengurangi media sosial.

3. Ubah Konten

Perasaan FOMO bisa muncul saat melihat konten di media sosial. Mengutip dari Halosehat.com, memfilter konten di media sosial membantu Anda mengurangi FOMO. Misalnya, Anda menyembunyikan konten atau memblokir konten yang tidak Anda sukai. Anda bisa mengubah timeline di media sosial menjadi sesuatu yang positif dan menyenangkan.

4. Meditasi

Langkah selanjutnya adalah meditasi. Latihan menjernihkan pikiran ini bisa Anda lakukan. Cobalah untuk mengikuti kursus meditasi atau lakukan di rumah. Kegiatan ini membantu Anda untuk mengurangi konten negatif di media sosial.

5. Nikmati Prosesnya

Langkah terakhir adalah menikmati proses hidup Anda. Konten teman dan pemberi pengaruh di media sosial terkadang membuat Anda cemas. Hal ini akan mengganggu aktivitas dan aktivitas sehari-hari.

Baca Juga:   8 Manfaat Ikan Kembung untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Menikmati proses termasuk langkah-langkah positif untuk mengurangi FOMO. Anda dapat fokus pada kehidupan Anda sendiri dan berguna di lingkungan. Luangkan waktu untuk melakukan hal-hal menyenangkan untuk diri sendiri seperti olahraga, hobi, dan hang out bersama teman-teman.

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli Pengertian FOMO dalam Psikologis dan Cara Mengatasinya

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

BeritaPengertian FOMO dalam Psikologis dan Cara Mengatasinya

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini