Pemerintah Ganti Rugi Sapi PMK yang Dimusnahkan, Rp 10 Juta per Ekor

Pemerintah akan menyiapkan dana santunan bagi peternak sapi yang musnah karena penyakit mulut dan kuku (PMK). Santunan ternak yang dimusnahkan akibat wabah PMK sebesar Rp 10 juta per ekor.

Mengenai penggantian, terutama untuk hewan yang dimusnahkan atau dibunuh secara paksa, pemerintah sedang menyiapkan pengganti khusus untuk peternak UKM sebesar Rp10 juta per ekor, kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai menghadiri rapat internal dengan Presiden Jokowi saat PMK penanganan hewan ternak, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (23/6).

Airlangga mengatakan, hasil rapat internal yang dipimpin Presiden menyetujui pembatasan pergerakan hewan ternak khususnya sapi yang berada di wilayah terdampak PMK ke wilayah lain.

“Wilayah tingkat kecamatan yang terkena penyakit kuku dan mulut disebut daerah merah. Daerah merah ini ada di 1.765 dari 4.614 kecamatan atau 38 persen,” jelasnya.

Rapat juga menyetujui pengadaan vaksin PMK tahun ini sebanyak 29 juta dosis, yang akan dibiayai sepenuhnya oleh Komite Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

Kepala BNPB Suharyanto selaku Kepala Satgas Penanganan PMK mengatakan, pihaknya akan segera bekerja sama dengan unsur-unsur satgas dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Pertanian, Kementerian Dalam Negeri, dan TNI/Polri.

Gugus tugas PMK akan menangani PMK dengan cara yang sama seperti mekanisme penanganan COVID-19 yang masih berjalan, antara lain dengan menggelar rapat koordinasi di daerah, khususnya PMK wilayah merah.

Menurut data Satuan Tugas Penyakit Mulut dan Kuku (Satgas PMK), wabah PMK telah menginfeksi 214.994 ternak hingga Selasa 21 Juni 2022 pukul 12.30 WIB. Kasus infeksi ini tersebar di 208 kabupaten/kota di 19 provinsi di Indonesia.

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli Pemerintah Ganti Rugi Sapi PMK yang Dimusnahkan, Rp 10 Juta per Ekor

Baca Juga:   Menkes Minta Hub Vaksin Covid-19 hingga APD Diperluas ke Banyak Negara

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

BeritaPemerintah Ganti Rugi Sapi PMK yang Dimusnahkan, Rp 10 Juta per Ekor

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini