PDIP Tolak Berkoalisi, PKS Nasehati untuk Bijak Saat Berkuasa

Di tengah menjajaki koalisi parpol menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menutup diri untuk berkoalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat. Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto, di sela-sela Rakernas ke-2 PDIP.

Menanggapi pernyataan tersebut, PKS mengaku tidak ada masalah. Juru bicara PKS, Muhammad Kholid, mengungkapkan PKS tidak ingin mencampuri keputusan partai lain, dalam menyusun strategi politik untuk memenangkan Pemilu 2024, termasuk PDIP.

“PKS menghormati sikap dan keputusan partai politik, termasuk PDIP,” kata Kholid di Jakarta, Jumat (24/6).

Menurutnya, setiap partai berhak menentukan kedaulatan partai, termasuk arah koalisinya. Namun, dia mengingatkan PDIP untuk berhati-hati dalam menggunakan kekuasaan. Seperti diketahui, PDIP merupakan partai utama yang mengusung Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, dan memiliki suara terbanyak di komposisi parlemen, yakni 22,26%.

“Orang Jawa selalu bilang adigang, adigung, adiguna. Ketika kita memiliki kekuatan, gunakan kekuatan itu dengan bijak,” ujarnya.

Selain itu, Kholid mengatakan, PDIP dan parpol lainnya tidak boleh terjebak dengan menciptakan polarisasi di masyarakat, tetapi juga menunjukkan politik nasional yang damai dan sejuk.

“Kita sebagai sesama anak bangsa diingatkan bahwa ada pepatah jawa yang mengatakan ngono ning ngono yo ojo ngono. Jangan terlalu berlebihan dalam berperilaku,” ujarnya.

Adapun koalisi, sejauh ini PKS sepakat menjajaki koalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan Koalisi Semut Merah. Namun dalam perjalanannya, baik PKS maupun PKB justru melakukan manuver politik dengan berdialog dengan parpol lain.

PKB mendekati Partai Gerindra dan menyatakan siap menghadirkan ketua umum masing-masing partai, yakni Prabowo Subiantodan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Baca Juga:   Startup Gencar Rekrut Karyawan saat Bubble Burst

Sedangkan PKS melakukan komunikasi politik dengan Nasdem.

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli PDIP Tolak Berkoalisi, PKS Nasehati untuk Bijak Saat Berkuasa

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

BeritaPDIP Tolak Berkoalisi, PKS Nasehati untuk Bijak Saat Berkuasa

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini