PayPal Diblokir, Ini Tiga Alternatif Layanan Transaksi Online

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk sementara membuka blokir platform PayPal. Sistem pembayaran ini diblokir karena belum mengajukan pendaftaran sebagai Electronic System Maintenance (PSE).

Paypal adalah fintech layanan elektronik keuangan multinasional Amerika yang melayani sistem pembayaran untuk mentransfer uang secara online di sebagian besar negara.

Dirjen Aplikasi dan Informatika Samuel Abrijani Pangarepan menyatakan akan memblokir situs pembayaran kembali jika tidak ada tindakan dari Paypal dalam waktu lima hari kerja. Adapun pembukaan sementara pemblokiran PayPal akan berlaku hingga 5 Agustus 2022.

Pemblokiran PayPal mendapat protes keras dari netizen karena menghambat aktivitas pengguna platform ini untuk bertransaksi. Namun jika PayPal tidak dapat diakses, ada beberapa alternatif layanan transfer online baik di dalam negeri maupun luar negeri. Berikut ini di antaranya:

TransferWise

TransferWise hadir di Indonesia pada tahun 2020 dengan nama PT Wise Payments Indonesia. Perusahaan yang telah memiliki izin atau izin dari Bank Indonesia, melayani transaksi transfer remittance ke luar negeri.

TransferWise menyediakan fitur biaya transfer yang dapat dilihat oleh pengguna, sehingga pengguna dapat melihat potongan biaya transfer. TransferWise dapat diakses melalui situs resmi wise.com, atau melalui aplikasi Wise yang dapat diunduh dari Play Store dan App Store.

Balik

Flip adalah platform pembayaran fintech terkemuka di Indonesia dan telah melayani lebih dari 7 juta pengguna dan ratusan perusahaan dan UKM. Flip juga memiliki izin dari Bank Indonesia.

Beragam layanan yang disediakan Flip antara lain transfer antar bank yang berbeda, isi ulang e-wallet, hingga belanja produk digital dengan biaya yang lebih terjangkau.

Pada tahun 2021, Flip meluncurkan Flip Global sebagai solusi pengiriman uang ke luar negeri. Pengguna dapat dengan mudah menggunakan Flip dengan mengunduh Aplikasi Flip di Play Store dan App Store.

Baca Juga:   Waspada Tren TikTok Telepon Teman Pakai Suara Penjawab Otomatis

Transfer

Transfez adalah fintech keuangan milik PT Indo Koala Remittance dan didukung oleh investor kelas dunia seperti East Ventures dan Beenext.

Transfez menawarkan cara yang lebih murah dan lebih cepat untuk mengirim uang dari Indonesia ke luar negeri, dari Asia Pasifik hingga Eropa.

Cara menggunakan Transfez berarti pengguna hanya perlu mengirimkan dana ke rekening Tranfez, tentukan jumlah uang dan negara tujuan, masukkan informasi penerima, lalu transfer.

Transfez juga telah memperoleh izin dari Bank Indonesia dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Aplikasi Transfez dapat diunduh melalui Google Play Store dan App Store.

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli PayPal Diblokir, Ini Tiga Alternatif Layanan Transaksi Online

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

TeknologiPayPal Diblokir, Ini Tiga Alternatif Layanan Transaksi Online

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini