Pahami Cara Menggosok Gigi yang Benar Agar Gigi Tetap Terawat

Cara menyikat gigi merupakan pengetahuan umum yang perlu diketahui semua orang. Pasalnya, kebersihan gigi dan mulut merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Jika gigi dan mulut tidak bersih, maka tidak menutup kemungkinan berbagai penyakit yang mengganggu kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, kita perlu menyikat gigi dengan baik dan benar agar gigi kita bersih dan sehat. Lantas, bagaimana cara menyikat gigi yang baik dan benar? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Menyikat Gigi yang Baik dan Benar

Menurut penjelasan di alodokter.com, menyikat gigi dua kali sehari saja tidak cukup. Anda tetap perlu membersihkan celah antara gigi dan sudut mulut agar semua kotoran di dalam mulut bersih. Adapun langkah-langkah menyikat gigi dan mulut yang baik dan benar sebagai berikut:

1. Bersihkan geraham Pertama

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan saat menyikat gigi adalah membersihkan geraham terlebih dahulu. Gosok bagian luar geraham pada batas gusi dan gigi dengan gerakan memutar. Langkah ini dilakukan selama kurang lebih 20 menit.

Kemudian, gosok gigi geraham bawah mulai dari batas gusi hingga ke ujung gigi. Tujuannya untuk menghilangkan plak dan sisa makanan yang masih menempel di gigi atau di sela-selanya. Gerakan ini juga dilakukan selama 20 detik.

Gerakan pembersihan geraham ini dilakukan pada seluruh bagian gigi geraham. Baik kanan, kiri, luar, maupun dalam.

Baca Juga:   Spesifikasi Lengkap dan Harga Poco M4 Pro

2. Bersihkan gigi depan

Cara menyikat gigi yang benar selanjutnya adalah dengan membersihkan gigi depan. Anda dapat memindahkan sikat gigi secara melingkar dan perlahan ke semua permukaan.

Setelah itu, bersihkan gigi depan bagian dalam dengan gerakan vertikal. Ulangi langkah ini 2-3 kali di kedua sisi (luar dan dalam).

3. Sikat Bagian Mengunyah

Bagian pengunyah atau bagian atas geraham juga harus dibersihkan secara perlahan. Bagian gigi ini memiliki permukaan yang lebar dan sedikit cekung, sehingga memungkinkan makanan menempel padanya. Oleh karena itu, sebaiknya bersihkan secara perlahan dengan gerakan memutar agar sisa makanan dapat terangkat dengan sempurna.

4. Jangan lupa membersihkan lidah dan bagian dalam pipi

Lidah dan bagian dalam pipi juga penting untuk dibersihkan. Pasalnya, tidak menutup kemungkinan bakteri penyebab bau mulut menempel di area tersebut.

Namun, karena lidah dan bagian dalam pipi sangat lembut, sebaiknya gunakan kuas khusus. Meski saat ini ada juga sikat gigi yang memberikan fitur tambahan untuk membersihkan lidah dan bagian dalam pipi.

5. Bersihkan celahnya

Di antara gigi biasanya ada sisa makanan. Karena itu, Anda perlu membersihkan celah di antara gigi. Agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan benang gigi agar sisa makanan lebih mudah terangkat.

Cara Menyikat Gigi Saat Memakai Behel

Behel adalah behel yang fungsinya untuk membuat gigi lebih rapi sehingga membuat tampilan area mulut dan rahang menjadi lebih baik. Penggunaan behel ini tidak berumur pendek. Oleh karena itu, agar gigi tidak rusak saat memakai kawat gigi, Anda harus memperhatikan cara menyikat gigi saat memakai kawat gigi.

Menurut penjelasan di hellosehat.comberikut cara menyikat gigi yang benar saat memakai behel yang penting untuk diketahui.

Baca Juga:   Memahami Konsep Neraca Lajur Lengkap dengan Cara Membuatnya

1. Gunakan Sikat Gigi Khusus

Untuk pengguna behel sebaiknya menggunakan sikat gigi khusus yang disebut sikat gigi ortho. Sikat gigi ini merupakan sikat yang bulunya di bagian tengah lebih pendek dari bagian samping. Sikat gigi ortho ini terbukti membersihkan piring lebih baik dari sikat gigi pada umumnya.

Selain sikat gigi ortho, Anda juga bisa menggunakan sikat interdental dan benang gigi setelah makan untuk membersihkan celah di antara gigi. Dengan demikian, gigi selalu bersih dan tidak menimbulkan plak.

2. Sikat gigi dua kali sehari

Aturan menyikat gigi dua kali sehari sebenarnya tidak berlaku bagi pengguna behel saja. Setiap orang harus menyikat gigi setidaknya dua kali sehari untuk menjaga giginya tetap bersih dan terawat.

Namun, bagi pengguna behel, disarankan untuk membersihkan gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Tujuannya untuk mencegah gigi berlubang. Selain pasta gigi, obat kumur yang digunakan juga harus mengandung fluoride.

3. Bersihkan seluruh gigi

Cara menyikat gigi bagi yang memakai kawat gigi juga harus membersihkan seluruh bagian gigi. Baik permukaan ggi, bagian posterior menghadap lidah atau langit-langit mulut, di antara gigi, di daerah dekat kawat, hingga bagian bracker atau bagian behel yang menempel pada gigi. Dengan membersihkan secara menyeluruh, gigi tetap bersih dan terawat.

Itulah penjelasan tentang cara menggosok gigi yang perlu diketahui. Selain membersihkan gigi dengan baik dan benar, untuk menjaga kesehatan gigi kita juga perlu mengatur makanan yang dikonsumsi dan rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi.

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli Pahami Cara Menggosok Gigi yang Benar Agar Gigi Tetap Terawat

Baca Juga:   Rekening Bersama Makin Populer, Ini Cara Kerja hingga Kelebihannya

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

BeritaPahami Cara Menggosok Gigi yang Benar Agar Gigi Tetap Terawat

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini