NATO Ramal Perang Rusia dan Ukraina Akan Berlangsung Bertahun-tahun

Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO memprediksi perang Rusia-Ukraina bisa berlangsung selama bertahun-tahun. Sekretaris Jenderal Jens Stoltenberg mengatakan perang akan memakan banyak biaya, tetapi membiarkan Moskow mencapai tujuan militernya akan lebih mahal.

NATO mendesak sekutu untuk terus mendukung Ukraina. “Kita harus siap dengan kenyataan bahwa itu bisa memakan waktu bertahun-tahun. Kita tidak boleh berhenti mendukung Ukraina,” kata Stoltenberg dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Jerman Bild, dikutip oleh BBC, Senin (20/6).

Baik Stoltenberg dan Johnson mengatakan pengiriman lebih banyak senjata akan memberi Ukraina potensi untuk menang.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson juga memperingatkan konflik Rusia-Ukraina akan berlangsung lama. “Waktu adalah faktor vital. Itu semua akan tergantung pada apakah Ukraina dapat lebih cepat memperkuat kemampuannya untuk mempertahankan wilayahnya daripada kemampuan Rusia untuk meningkatkan serangan,” kata Johnson dalam Waktu Minggu.

Johnson, yang mengunjungi ibukota Ukraina pada hari Jumat, mengatakan pasokan senjata, peralatan, amunisi dan pelatihan ke Kyiv diperlukan untuk melampaui upaya Moskow untuk mempersenjatai diri.

Menteri Pertahanan Ukraina Oleksiy Resnikov bertemu dengan sekitar 50 negara di Grup Kontak Pertahanan Ukraina di Brussels pada Rabu pekan lalu. Dia meminta lebih banyak senjata dan amunisi.

Negara-negara sekutu sejauh ini telah menawarkan pasokan senjata utama tetapi Ukraina mengatakan hanya menerima sebagian kecil dari apa yang dibutuhkan untuk pertahanan diri. Mereka meminta senjata yang lebih berat.

Para pejabat Rusia sering mengkritik dukungan militer NATO untuk Ukraina. Dalam sebuah wawancara pekan lalu dengan BBC, menteri luar negeri negara itu, Sergei Lavrov, mengutip rencana Ukraina untuk bergabung dengan aliansi Barat sebagai alasan untuk mengadakan operasi militer khusus.

“Kami mendeklarasikan operasi militer khusus karena kami sama sekali tidak punya cara lain untuk menjelaskan kepada Barat bahwa menyeret Ukraina ke NATO adalah tindakan kriminal,” kata Lavrov. BBC.

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli NATO Ramal Perang Rusia dan Ukraina Akan Berlangsung Bertahun-tahun

Baca Juga:   IKN Nusantara Akan Gunakan Transportasi Umum Tanpa Pengemudi

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

BeritaNATO Ramal Perang Rusia dan Ukraina Akan Berlangsung Bertahun-tahun

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini