Mengenal Payment Gateway dan Cara Kerjanya

Gerbang pembayaran adalah layanan transaksi yang biasa digunakan pada platform e-niaga. Layanan ini mencakup pemrosesan, verifikasi, penerimaan atau penolakan pembayaran yang dilakukan secara digital.

Bagi seseorang yang menjalankan bisnis digital tentu tidak asing dengan layanan tersebut. Karena, gerbang pembayaran merupakan sistem pembayaran digital yang praktis dan terjamin keamanannya.

Bisa dikatakan gerbang pembayaran merupakan salah satu terobosan di bidang transaksi digital. Mekanismenya adalah memantau dan mengawasi proses transaksi pada perdagangan elektronik. Pembayaran dapat diproses menggunakan kredit, debit, transfer bank, atau sistem pembayaran digital lainnya.

Lebih lanjut simak penjelasan definisinya gerbang pembayaran dan bagaimana sistem bekerja dalam proses pembayaran digital berikut.

Memahami Gerbang pembayaran

Pada umumnya gerbang pembayaran adalah sistem pembayaran digital yang ada di perdagangan elektronik. Sistem ini dapat memudahkan para pelaku usaha digital untuk menerima pembayaran dari konsumennya di berbagai belahan dunia.

Berdasarkan Penasihat Forbes, gerbang pembayaran adalah mekanisme yang membaca dan mentransfer informasi pembayaran dari pelanggan ke rekening bank pedagang. Sistem ini bertugas menangkap data, memastikan dana tersedia, dan membuat pedagang dibayar.

Sebagai inovasi dalam bisnis digital, sistem gerbang pembayaran berbasis perangkat lunak awan yang menghubungkan pelanggan dengan pedagang.

Konsep dari gerbang pembayaran adalah bagian dari perangkat lunak yang dibangun ke dalam sistem titik penjualan (POS) atau pembaca kartu yang memproses transaksi saat pemegang kartu menggunakan kartunya untuk melakukan pembayaran. Ada begitu banyak sekarang perdagangan elektronik yang menggunakan sistem ini.

Arti lainnya dari gerbang pembayaran adalah teknologi yang digunakan oleh merchant untuk menerima pembelian kartu debit atau kredit dari pelanggan. Mengutip dari Investopedia, ketentuan gerbang pembayaran tidak hanya mencakup perangkat pembaca kartu fisik yang ditemukan di toko ritel. Selain itu, sistem ini juga digunakan pada halaman pemrosesan pembayaran yang ditemukan di toko on line. Dalam beberapa tahun terakhir, sistem telah berkembang dan mulai menerima pembayaran berbasis telepon menggunakan kode atau teknologi QR Komunikasi Lapangan Dekat (NFC).

Baca Juga:   Omicron BA.4 dan BA.5 Masuk RI, Kemenkes: Tingkat Kesakitan Rendah

Dari penjelasan di atas, secara singkat gerbang pembayaran merupakan teknologi yang berfungsi untuk menjembatani transaksi antara konsumen dan pemasok barang.

Cara kerja Gerbang pembayaran

Umumnya gerbang pembayaran adalah teknologi yang menangkap dan mentransfer data pembayaran dari pelanggan ke penjual atau pengakuisisi. Sebelum membahas lebih jauh tentang cara kerja sistem ini, berikut beberapa komponen yang ada pada sistem gerbang pembayaran dikutip dari Forbes.com.

  • Pedagang: bisnis atau orang yang melakukan penjualan.
  • Pemegang kartu: pelanggan yang melakukan pembelian.
  • Bank penerbit: lembaga keuangan yang mengelola rekening pelanggan, baik rekening kartu kredit atau rekening giro yang ditautkan ke kartu debit.
  • Skema kartu: perusahaan kartu kredit yang mengelola kartu, seperti Visa dan Mastercard.
  • Mengakuisisi bank: lembaga keuangan yang memegang rekening pedagang.

Berdasarkan Investopedia, sistem gerbang pembayaran pada perdagangan elektronik biasanya membutuhkan antarmuka pemrograman aplikasi (API) yang memungkinkan platform toko on line berkomunikasi dengan jaringan pemrosesan pembayaran yang mendasarinya. Gerbang pembayaran pada perdagangan elektronik akan menggunakan terminal POS yang terhubung ke jaringan pemrosesan pembayaran secara elektronik menggunakan koneksi internet.

Untuk memahami lebih lanjut tentang cara kerjanya gerbang pembayaran, lihat penjelasan di bawah ini:

Ketika konsumen telah memilih barang dan selesai Periksa pada platform e-niaga, mereka biasanya akan diarahkan ke halaman dengan opsi metode pembayaran. Mekanisme ini disebut gerbang pembayaran. Konsumen dapat memilih salah satu metode pembayaran yang diinginkan.

Setelah memilih metode pembayaran, sistem kemudian akan mengkonfirmasi. Kemudian informasi terkait proses transaksi dikirim ke pemroses pembayaran dimiliki oleh bank pilihan konsumen.

Informasi transaksi yang dikirimkan ke bank nantinya akan diproses. Jika proses ini selesai maka bank akan mengirimkan respon berupa kode khusus yang berisi apakah transaksi berhasil atau tidak. Jika ditemukan sesuatu yang terjadi pada transaksi (misalnya ada kesalahan), sistem secara otomatis akan gagal dalam proses pembayaran.

Baca Juga:   Tabungan Adalah Simpanan Uang, Ini Perbedaan dengan Giro dan Deposito

Jika semua proses sudah benar, maka pemroses pembayaran akan mengirimkan notifikasi atau pesan yang berisi status transaksi konsumen platform e-niaga. Setelah itu proses transaksi selesai.

Demikian pembahasannya gerbang pembayaran. Sebagai inovasi terbaru di bidang financial technology (keuangan technology/fintech), sistem ini sangat berguna dan membantu proses transaksi digital di perdagangan elektronik semakin aman.

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli Mengenal Payment Gateway dan Cara Kerjanya

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

BeritaMengenal Payment Gateway dan Cara Kerjanya

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini