Memahami Konsep Positioning, Definisi, dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Pemosisian merupakan strategi komunikasi yang penting dalam bisnis. Konsep penentuan posisi hal ini diperlukan untuk membangun citra bisnis di era konsumen. Ketika citra bisnis baik, tidak menutup kemungkinan pendapatan perusahaan akan meningkat.

Mengingat kesempatan ini, kami akan mengomentari pasar penentuan posisi mulai dari definisi hingga manfaat yang diberikan. Simak penjelasan berikut untuk informasi lebih lanjut.

Pengertian Positioning Menurut Para Ahli

Penjelasan definisi penentuan posisi ternyata sudah banyak dilakukan oleh para ahli. Berikut rangkuman artinya penentuan posisi Menurut para ahli.

1. Philip Kotler (1997)

Pemosisian adalah tindakan yang dilakukan oleh seorang pemasar untuk menciptakan citra produk dan hal-hal yang ingin ditawarkannya kepada pasarnya agar berhasil memperoleh posisi yang jelas dan berarti dalam diri konsumen yang sebenarnya.

2. Heibing dan Cooper (1997)

Melengkapi definisi Kotler, Heibing dan Cooper menyebutkan bahwa penentuan posisi merupakan upaya untuk membangun persepsi produk yang dimiliki di pasar sasaran relatif terhadap persaingan.

3. Rhenald Kasali (2007)

Sementara itu, Rhenald Kasali dalam bukunya yang berjudul “Targeting the Indonesian Market: Segmentation, Targeting, and Positioning”, menjelaskan bahwa penentuan posisi merupakan strategi komunikasi untuk memasuki jendela otak manusia sehingga produk yang dimiliki mengandung makna tertentu dalam berbagai cara yang mencerminkan keunggulan atas produk lain dalam bentuk hubungan asosiatif.

Rhenald Kasali juga menjelaskan bahwa sebagai strategi komunikasi, penentuan posisi bertindak sebagai penghubung antara produk yang Anda miliki dan calon konsumen. Walaupun demikian, penentuan posisi bukan sesuatu yang Anda lakukan dengan produk.

Baca Juga:   Boy Thohir dan Saratoga Jual Saham Merdeka Copper

Komunikasi dalam hal ini berkaitan dengan atribut fisik atau non fisik yang melekat pada produk yang Anda tawarkan. Misalnya, warna, desain, tulisan pada label, kemasan, nama merek, dan sebagainya.

Berbagai Pemosisian

Pemosisian menjadi hal yang penting dalam pemasaran suatu produk atau jasa. Menurut penjelasan di majoo.idberikut jenis-jenisnya penentuan posisi yang perlu dipahami.

1. Pemosisian Merek

Penempatan merek adalah sebuah strategi pemasaran yang bertujuan untuk memperkenalkan produk atau jasa perusahaan agar lebih dekat dengan konsumen. Bagaimana menerapkan penentuan posisi Hal ini untuk menempatkan nama perusahaan atau produk dengan baik di hati konsumen agar selalu diingat.

Untungnya, perusahaan dapat menarik konsumen untuk terkesan dengan produk yang ditawarkan. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan minat konsumen terhadap produk atau jasa yang ditawarkan adalah;

  • Meningkatkan layanan yang diberikan.
  • Memberikan kemudahan kepada konsumen.
  • Perhatikan harga dan kualitas produk.
  • Manfaatkan media sosial.
  • Memastikan kesuksesan produk.

2. Pemosisian Pasar

Pemosisian pasar atau pasar penentuan posisi adalah kemampuan perusahaan untuk mempengaruhi persepsi konsumen terhadap produk yang dijual. Agak penentuan posisi Hal ini mendorong perusahaan untuk memiliki produk atau jasa yang berkualitas, sehingga unggul dalam persaingan. Pemosisian Memiliki beberapa fungsi, antara lain:

  • Meningkatkan angka penjualan produk.
  • Membantu menentukan target pasar yang jelas.
  • Membantu perusahaan dalam memahami kebutuhan konsumennya.
  • Menjadikan perusahaan lebih kritis dalam pengambilan keputusan.

3. Pemosisian Produk

Agak penentuan posisi Ini adalah salah satu langkah yang biasanya dilakukan perusahaan agar produknya selalu diingat oleh konsumen. Dengan mengambil tindakan ini, perusahaan dapat meningkatkan penjualan dan menjangkau basis pelanggan yang lebih luas.

Tidak hanya itu, penentuan posisi Produk juga mengharuskan perusahaan untuk memperkenalkan nilai produk kepada konsumen. Dengan demikian, minat konsumen akan terus meningkat.

Baca Juga:   Kejaksaan Periksa Pejabat Perusahaan Importir di Kasus Impor Baja

Tujuan Pemosisian

Selain mengetahui jenis-jenisnya penentuan posisi, hal lain yang juga perlu dipahami adalah tujuan dari strategi komunikasi ini. Berdasarkan deskripsi di eprints.umpo.ac.idini beberapa golnya penentuan posisi hal yang perlu diketahui:

  1. Menempatkan atau memposisikan suatu produk di pasar, sehingga produk tersebut terpisah atau berbeda dengan produk sejenis.
  2. Memposisikan produk agar dapat menyampaikan berbagai hal utama kepada konsumen.
  3. Mencapai hasil yang diharapkan, berupa:
  • Memenuhi sejauh mungkin kebutuhan segmen pasar tertentu.
  • Batasi kemungkinan perubahan mendadak dalam penjualan.
  • Menciptakan kepercayaan kepada konsumen terhadap merek yang ditawarkan.

Manfaat Pemosisian

Selain memiliki tujuan tersendiri, penentuan posisi juga memberikan sejumlah manfaat dalam pemasaran di perusahaan. Mengumpulkan majoo.idberikut penjelasannya.

1. Buat Posisi Kompetitif yang Lebih Kuat

Pemosisian yang tepat dapat mempengaruhi sudut pandang konsumen ketika melihat produk atau jasa pesaing. Ketika perusahaan menciptakan citra positif terhadap produk dan jasa yang ditawarkan, maka besar kemungkinan perusahaan dapat menikmati keunggulan produk di pasar secara terus menerus.

2. Meningkatkan Omset

Omset adalah pendapatan yang diperoleh dari penjualan produk atau jasa selama periode waktu tertentu. Besar kecilnya omzet yang diperoleh dipengaruhi oleh tingkat penjualan pada saat itu. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga penjualan tetap meningkat adalah dengan menggunakan penentuan posisi.

Ada penentuan posisi ini, maka peluang perusahaan memperoleh pasar yang luas akan semakin besar. Dengan demikian, bukan tidak mungkin perusahaan mendapatkan omset yang tinggi.

3. Membuat Komunikasi Lebih Efektif

Manfaat lain dari penentuan posisi adalah untuk membantu komunikasi antara perusahaan dan konsumen menjadi lebih efektif. Dengan demikian, hubungan keduanya menjadi lebih sehat dan kuat.

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli Memahami Konsep Positioning, Definisi, dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Baca Juga:   Temui Jokowi, Putin: Rusia Kirim Ahli, Buat Stadion dan RS di RI

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

BeritaMemahami Konsep Positioning, Definisi, dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini