Mahfud Benarkan Jokowi Akan Bertemu Putin Akhir Bulan Ini

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD membenarkan kabar bahwa Presiden Joko Widodo akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Pertemuan tersebut akan digelar pada 30 Juni mendatang.

“Itu agenda Presiden. Saya kira apa masalahnya? Saya hanya ingin bertemu,” kata Mahfud di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (20/6), dikutip dari Di antara.

Berita itu datang dari sumber Kremlin ke media Rusia, TASS. Sumber tersebut mengatakan Indonesia merupakan mitra penting bagi Negara Beruang Merah. Oleh karena itu, Rusia selalu menjaga hubungan politik dan ekonomi kedua negara.

Di sisi lain, tahun ini Indonesia menjabat sebagai presiden G20 dan telah mengundang Putin ke KTT G20 di Bali. Tapi dalam format apa nanti akan diputuskan,” ujar sumber TASS.

Jokowi juga berbicara dengan Putin dan Presiden Ukraina Zelensky tentang konflik antara kedua negara Eropa Timur pada akhir April 2022. Dalam pembicaraan itu, Putin memberi penjelasan kepada Jokowi tentang kondisi terbaru, termasuk proses negosiasi Rusia-Ukraina.

RUSIA-PUTIN (ANTARA FOTO/REUTERS/Sputnik/Mikhail Metzel/Kremlin/hp/sedih.)

Jokowi mengatakan Indonesia siap berkontribusi untuk mendinginkan konflik tersebut. Putin juga mengucapkan terima kasih kepada Republik Indonesia yang telah mengundang mereka untuk menghadiri KTT G20 mendatang. “Indonesia ingin menyatukan G20, agar tidak ada perpecahan,” kata Presiden pada 28 April.

Jokowi juga mengundang Volodymyr Zelenskyy ke KTT G20. Zelenskyy menanggapi undangan ini dengan menyatakan bahwa dia tidak dapat hadir secara langsung, tetapi dia akan hadir secara virtual.

“Saya tidak bisa menghadapinya karena saya harus bersama komunitas saya,” kata Zelensky dalam acara virtual yang digelar Komunitas Kebijakan Luar Negeri Indonesia (FPCI), Jumat (27/5).

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli Mahfud Benarkan Jokowi Akan Bertemu Putin Akhir Bulan Ini

Baca Juga:   Harga-harga di 10 Kota Ini Naik Paling Tinggi Bulan Lalu

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

BeritaMahfud Benarkan Jokowi Akan Bertemu Putin Akhir Bulan Ini

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini