KKN-T UAD Adakan Pengobatan Gratis dan Edukasi Kesehatan

Mahasiswa KKN-T Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Gelar Pengobatan dan Pendidikan Kesehatan Gratis (Foto: Istimewa)

Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Teknik Industri Periode 78 menyelenggarakan kegiatan pengobatan dan pendidikan kesehatan gratis bagi masyarakat di Desa Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2022 di Anjungan Kelurahan setempat.

Rafik Gumelar Kuswara selaku pimpinan acara mengatakan pengobatan gratis ini bertujuan untuk membantu masyarakat Sorosutan, khususnya bagi mereka yang merupakan pekerja di Industri Kecil Menengah (UKM) di industri logam. “Selain itu, kegiatan ini juga memberikan edukasi dan penyuluhan terkait pola hidup sehat pascapandemi,” ujar Rafik. Dalam rangka menambah pengetahuan warga, penjelasan tentang risiko yang mungkin terjadi dalam kegiatan industri dan cara penanganannya juga disampaikan oleh Tim KKN-T.

Senada dengan itu, Ketua Program Studi (Kaprodi) Teknik Industri (Kaprodi) Utaminingsih Linarti, ST, MT juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat baik karena keselamatan kerja di IKM merupakan hal yang wajib diketahui karyawan. “Ini dimaksudkan untuk meningkatkan keselamatan dan metode kerja. Oleh karena itu, kami berharap masyarakat menyimak baik-baik apa yang disampaikan oleh mahasiswa KKN tersebut,” jelasnya.

Hapsoro Agung Jatmiko, ST, M.Si., salah satu dosen Teknik Industri UAD berharap dengan adanya kegiatan ini masyarakat dapat lebih peduli terhadap kesehatan. Kesadaran bahwa hidup sehat sangat penting dan dimulai dari hal kecil seperti tekanan darah harus ditekankan kepada masyarakat. “Jangan berpuas diri, pandemi belum benar-benar berakhir,” kata Miko.

Selain pengobatan dan penyuluhan gratis, Tim KKN-T juga membagikan pensanitasi tangan dan cinderamata berupa botol minuman bagi warga yang mengikuti kegiatan tersebut. Melihat antusiasme masyarakat yang baik, seluruh tim berharap dengan adanya acara ini pola hidup sehat dan keselamatan kerja dapat diterapkan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. (tsa)

Baca Juga:   Humas Kampus Perlu Evaluasi Program Agar Berkemajuan

uad.ac.id

Berita ini kami Kurasi dari uad.ac.id dengan judul aseli KKN-T UAD Adakan Pengobatan Gratis dan Edukasi Kesehatan

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

BeritaKampusKKN-T UAD Adakan Pengobatan Gratis dan Edukasi Kesehatan

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini