Hari Jum’at Saatnya Memperbanyak Shalawat, Ini Keutamaanya!

Schmu.id :: Keutamaan Memperbanyak Shalawat di Hari Jum’at. Meskipun dikatakan bahwa kita tidak boleh melakukan ibadah tertentu hanya pada hari Jumat tanpa adanya dalil tertentu. Ada juga beberapa amalan utama yang sunnah untuk dilakukan baik pada malam hari maupun pada hari Jumat.

Beberapa amalan tersebut seperti membaca Surah Al-Kahfi, Sholat Jum’at dan Sholawat. Membahas tentang sholawat, mari kita ketahui apa saja hikmah memperbanyak bacaan sholawat di hari Jumat.

Memperbanyak membaca sholawat pada malam jumat merupakan salah satu amalan ibadah yang dianjurkan. Arti kata memperbanyak di sini tentunya bukan hanya bacaan sholawat saat sholat tetapi juga di luar waktu sholat.

Dalam sebuah hadits disebutkan mengenai keutamaan memperbanyak membaca sholawat di hari Jumat. Hadits tersebut berbunyi sebagai berikut.

“Perbanyaklah Sholawat kepadaku (Nabi Muhammad SAW) pada setiap jum’at. Karena sholawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap jum’at. Barang siapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti” H.R Baihaqi.

Pada hadits tersebut dijelaskan bahwasanya sholawat yang dilantunkan umat muslim akan diperlihatkan pada Baginda Nabi Muhammad SAW pada setiap waktu jum’at dan orang yang memperbanyak membaca sholawat adalah orang-orang yang kelak paling dekat dengan Nabi Muhammad di hari kiamat.

Keutamaan Memperbanyak Shalawat di Hari Jum’at

Keutamaan Memperbanyak Shalawat di Hari Jum'at

Dikutip dari buku Fadhilah Hari Jum’at karangan Moh. Sanusi terdapat beberapa keutamaan memperbanyak sholawat yang dijelaskan oleh Ibnul Qayyim yaitu sebagai berikut.

  • 1. Merupakan bentuk ketaatan kepada Allah SWT
  • 2. Bagi orang yang bersholawat satu kali maka akan mendapat 10 kali sholawat dari Allah SWT
  • 3. Peluang diterimanya do’a akan semakin besar apabila didahului dengan sholawat
  • 4. Menjadi sebab kita mendapatkan syafaat
  • 5. Menjadi sebab diampuninya dosa-dosa
  • 6. Mendekatkan umatnya dengan Nabi Muhammad SAW
Baca Juga:   Hukum Tidur Siang Hari Bulan Ramadhan: Ya, Tapi Tidak Afdhal

Memperbanyak membaca sholawat tidak memiliki waktu tertentu untuk dilakukan. Memperbanyak membaca sholawat bisa saja dilakukan pada malam maupun siang di hari jum’at. Seperti yang disampaikan dalam sebuah hadits

“Perbanyaklah Sholawat kepadaku pada hari jum’at dan malam jum’at. Barang siapa yang bersholawat kepadaku satu kali, niscaya Allah bersholawat kepadanya sepuluh kali” H.R Baihaqi.

Dari hadits tersebut dapat kita ketahui bahwa Allah akan bersholawat kepada umat muslim yang senantiasa bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW terkhusunya pada malam dan hari jum’at.

Pada dasarnya sholawat bukan sekedar bacaan biasa. seperti dzikir yang dilakukan untuk senantiasa mengingat Allah SWT, sholawat adalah suatu bukti kecintaan kita kepada Rasulullah SAW.

Memperbanyak bersholawat kepada Baginda Nabi Muhammad SAW adalah bentuk rasa cinta, rasa syukur dan rasa terimakasih kita atas kesabaran dan ketabahan beliau sehingga kita dapat menikmati indahnya islam di seperti saat ini.

Untuk itulah jangan sampai kita lupa memperbanyak membaca sholawat pada Baginda Nabi Muhammad SAW pada hari jum’at dan pada hari-hari lainnya untuk membuktikan hal tersebut.

Baca Juga : 5 Syarat Taubat Nasuha, Nomor Terakhir Jangan Tunggu Kiamat Datang

Khazanah IslamHari Jum'at Saatnya Memperbanyak Shalawat, Ini Keutamaanya!

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini