Kemenhub Bahas Pengembangan Transportasi Ibu Kota Baru dengan Jepang

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membahas potensi kerja sama pengembangan sistem transportasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dengan pemerintah Jepang. Moda transportasi yang menjadi fokus pembahasan adalah kereta api.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, ada dua potensi kerjasama pengembangan transportasi di ibu kota baru dengan pemerintah Jepang, yakni transportasi air dan kereta api. Namun, Budi dalam diskusi dengan Jepang menekankan pada pengembangan transportasi kereta api.

“Aku pagi ini mensurvei Chiba untuk melihat kemungkinan kereta gantung bisa diterapkan di IKN,” kata Budi dalam jumpa pers virtual, Rabu (22/6).

Budi mengatakan perkembangan kereta gantung akan berbasis listrik sehingga ramah lingkungan. Sementara itu, Kementerian Perhubungan yang baru akan melakukan kajian perencanaan angkutan umum untuk IKN Nusantara pada 2023 dengan alokasi anggaran Rp 3,2 miliar. Salah satu studi yang akan dilakukan adalah studi desain water bus di kawasan IKN Nusantara.

Di Kementerian Perhubungan, ada dua jenis transportasi air yang diperkenalkan, yaitu bus Tanah Air (bus amfibi) dan shuttle air perkotaan bertenaga surya. Menurut dia, ada tiga tujuan angkutan sungai di IKN, yakni memberikan alternatif perjalanan di Kawasan Inti Pemerintah Pusat (KIPP), Kawasan Ibu Kota Negara (KI-IKN), Kawasan Strategis Nasional IKN (KSN-IKN, dan Balikpapan) sehingga mengurangi beban jalur darat, dan menjadi alternatif wisata.

Di sisi lain, ada tiga moda angkutan umum darat yang diperkenalkan, yaitu mini bus otonom, Layanan Langsung BRT, dan kereta light rapid transit (LRT). Moda transportasi yang diusulkan akan disesuaikan dengan kondisi jaringan jalan dan tingkat permintaan penumpang.

Angkutan umum massal di IKN Nusantara hanya akan melayani koridor utama kota dengan jarak minimal lebih dari 400 meter. Sedangkan pergerakan di bawah 400 meter akan didorong menggunakan kendaraan tidak bermotor.

Baca Juga:   Jokowi Keluhkan Besarnya Subsidi, Bandingkan Harga BBM dengan Amerika

Biaya pembangunan sistem transportasi di IKN Nusantara tahun ini diperkirakan mencapai Rp 582,6 miliar. Sistem transportasi akan dibangun dengan pendekatan cerdasramah lingkungan, dan terintegrasi.

Reporter: Andi M. Arief

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli Kemenhub Bahas Pengembangan Transportasi Ibu Kota Baru dengan Jepang

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

BeritaKemenhub Bahas Pengembangan Transportasi Ibu Kota Baru dengan Jepang

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini