Kemenag Sosialisasikan Fatwa Kurban saat Penyebaran Wabah PMK

Kementerian Agama (Kemenag) akan menyesuaikan pengaturan pelaksanaan kurban pada Idul Adha 2022 saat wabah penyakit mulut dan kuku (PMK). Pemerintah juga akan memberikan 29 juta dosis vaksin untuk penanganan wabah PMK pada ternak.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan permintaan sapi dan kambing untuk Idul Adha 2022 akan tinggi. Pemerintah telah menemukan beberapa fatwa terkait pengaturan pelaksanaan kurban selama wabah.

“Dalam dua hari ke depan akan dikoordinasikan dengan ormas-ormas Islam agar bisa disampaikan kepada masyarakat apa hukum kurban itu. Yang utama hukum kurban itu sunnah muakkad,” kata Yaqut dalam pers virtual. konferensi, Kamis (23/6).

Yaqut menjelaskan bahwa menunaikan kurban merupakan sunnah yang dianjurkan. Artinya, masyarakat tidak boleh memaksakan pengorbanan ketika kondisi tidak memungkinkan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato mengatakan pemerintah akan membatasi pergerakan ternak di tingkat kecamatan yang terdampak wabah PMK. Menurutnya, langkah ini serupa dengan pembatasan penyebaran Covid-19.

Airlangga mencatat, wabah PMK telah menjangkiti 1.765 kecamatan atau 38% dari total kecamatan di Tanah Air. Pembatasan pergerakan ternak tersebut akan diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri.

Kementerian Pertanian (Kementan) memproyeksikan total kebutuhan ternak untuk menghadapi Idul Adha 2022 mencapai 1,72 juta ekor. Angka itu naik 5% dari realisasi Idul Adha 2021 sebanyak 1,64 juta.

Airlangga mengatakan pemerintah telah menyetujui pasokan 29 juta dosis vaksin PMK. Pembelian vaksin akan didanai dari Komite Manajemen Corona Virus Disease 2019 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pendistribusian vaksin PMK wajib menggunakan rantai pendingin untuk menjaga tingkat efektifitas atau efikasi vaksin. Target vaksinasi tahap pertama adalah 3 juta dosis.

“Kalau tidak salah di Jatim (daerah vaksinasi pertama), tapi secara umum (vaksinasi akan dilakukan di dalam negeri),” kata Yasin di sekitar Istana Kepresidenan, Selasa (14/6).

Baca Juga:   800 Ribu Dosis Vaksin PMK Tiba di Indonesia, Besok Didistribusikan

Yasin mengatakan, banyak negara yang menawarkan vaksin PMK di Indonesia. Menurutnya, sebagian vaksin tahap pertama didatangkan dari Prancis.

Ia mengatakan, jumlah vaksin yang dibutuhkan untuk memerangi wabah PMK cukup besar atau setidaknya 80% dari populasi terinfeksi. Selain itu, dosis yang dibutuhkan per hewan untuk menghasilkan antibodi adalah dua dosis.

Menurut data Satuan Tugas Penyakit Mulut dan Kuku (Satgas PMK), wabah PMK telah menginfeksi 214.994 ternak hingga Selasa 21 Juni 2022 pukul 12.30 WIB. Kasus infeksi ini tersebar di 208 kabupaten/kota di 19 provinsi di Indonesia.

Reporter: Andi M. Arief

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli Kemenag Sosialisasikan Fatwa Kurban saat Penyebaran Wabah PMK

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

BeritaKemenag Sosialisasikan Fatwa Kurban saat Penyebaran Wabah PMK

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini