Jurusan Kuliah Ekonomi, Apa saja?

Edu Pedia Jurusan Kuliah:: Jurusan Kuliah Ekonomi biasanya merupakan bagian dari Fakultas Ekonomi bersama dengan program lain, seperti Manajemen dan Akuntansi. Bagaimana gambaran kehidupan kampus dalam program ini??

Manajemen dan Akuntansi adalah contoh jurusan kuliah anak IPS yang paling sering dipilih. Di luar kedua jurusan itu, ada juga, lho, jurusan soshum yang layak untuk dipelajari lebih lanjut. Pernah dengar jurusan Ekonomi?

Jurusan Kuliah Ekonomi, Apa saja?

Jurusan Kuliah Ekonomi, Apa saja?
Jurusan Kuliah Ekonomi, Apa saja?

Jika Anda belajar tentang Ekonomi di sekolah menengah, batasan membahas materi pelajaran tentu lebih kecil dibandingkan dengan belajar di perguruan tinggi nanti. Ilmu dasar, sih, sama, memang. Apa sih pengertian ekonomi? Ekonomi adalah tentang bagaimana kita mengelola sumber daya yang ada, seperti sumber daya alam, manusia, dan lingkungan, yang jumlahnya terbatas untuk memenuhi kesejahteraan manusia. Melalui pertimbangan tertentu, manusia didorong untuk membuat pilihan dalam memenuhi kebutuhannya yang tidak terbatas dengan jumlah sumber daya yang terbatas.

Prodi Ekonomi akan memandu Anda dalam menentukan pilihan yang dianggap paling menguntungkan dengan memanfaatkan potensi sumber daya yang tersedia. Selain itu, dengan mempelajari Ilmu Ekonomi secara lebih mendalam, Anda dapat menimbang prioritas kebutuhan dan urgensi dengan harapan dapat lebih bijak menentukan, mana yang hanya kemauan, mana yang kebutuhan.

Kurikulum Kuliah untuk Prodi Ekonomi. Pengantar Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi adalah contoh mata kuliah di Prodi Ekonomi.

Tidak ada ilmu yang bisa berdiri sendiri, teman-teman. Bisa dikatakan Jurusan Ekonomi bersifat multidisiplin, artinya Anda akan mempelajari materi penunjang lainnya, seperti Pengantar Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi.

Baca Juga:   Info Beasiswa Dalam Negeri Dan Luar Negeri

Sedangkan mengenai kurikulum Ilmu Ekonomi, tentunya masing-masing universitas memiliki aturannya masing-masing ya. Misalnya, Universitas Atma Jaya Yogyakarta memberikan kesempatan kepada mahasiswanya untuk memilih bidang yang diminati. Sementara itu, Departemen Ilmu Ekonomi Universitas Brawijaya membuka tiga program studi, antara lain Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Syariah, serta Ekonomi, Keuangan, dan Perbankan.

Beberapa Jurusan Kuliah Ekonomi

Secara umum, mata kuliah Jurusan Ilmu Ekonomi akan mempelajari materi-materi berikut ini.

Ekonomi Mikro

Materi kuliah Ekonomi Mikro (Mikroekonomi) membahas tentang perilaku dan aktivitas antara konsumen dan produsen, termasuk penentuan harga pasar produk atau jasa yang diperdagangkan. Kuliah ini juga membahas tentang struktur pasar dan dinamika kegiatan ekonomi di dalamnya.

Ekonomi Makro

Kuliah Ekonomi Makro membahas ruang lingkup ilmu ekonomi dalam skala yang lebih besar, seperti pendapatan nasional, inflasi, hingga pertumbuhan ekonomi. Makroekonomi juga mencakup neraca fiskal, produk domestik bruto, pembayaran, dan moneter.

Ekonomi Industri

Dalam kursus Ekonomi Industri, Anda akan belajar tentang perilaku perusahaan di pasar persaingan tidak sempurna. Kuliah ini juga mencakup diskusi tentang pemasaran jaringan produk atau layanan untuk penelitian dan pengembangan.

Kalau diperhatikan, memang ada minat di bidang Ekonomi itu sendiri, ya. Seperti disebutkan di atas, ada juga program Ekonomi Islam dan Ekonomi Pembangunan. Tidak, dari perbedaan tersebut akan mempengaruhi materi perkuliahan penunjang dalam kurikulum jurusan yang Anda pilih.

Misalnya, Ekonomi Islam akan didukung oleh materi Pemikiran Ekonomi Islam, Fiqh Muamalat, dan Keuangan Publik Islam. Sementara itu, program Ekonomi Pembangunan memiliki materi pendukung, seperti Perencanaan Pembangunan, Ekonomi Daerah, dan Ekonomi Perkotaan.

Prospek kerja bagi lulusan Kuliah Ekonomi

Berbagai prospek pekerjaan bagi lulusan Ekonomi dari akademisi hingga konsultan.

Baca Juga:   Jurusan Dengan Praktikum Terbanyak, Nomor 1 Jadi Impian Para Calon Mahasiswa

Dengan materi kuliah dan keahlian yang kamu dapatkan selama kuliah, harapannya ya, kamu bisa menjadi peluang kerja sebagai:

  1. konsultan ekonomi
  2. akademisi atau peneliti di bidang ekonomi
  3. analisis ekonomi.

Selain prospek pekerjaan yang disebutkan di atas, Anda juga bebas memilih jalur karir Anda sendiri, baik di kantor-kantor swasta atau instansi pemerintah yang terkait dengan keahlian dan kemampuan Anda.

Baca juga: Intip Yuk!, Jurusan Kuliah Presiden Indonesia, Presiden Jokowi Jurusan Apa?

Mau ngingetin, hanya, nih. Banyak faktor yang berperan dalam kesuksesan masa depan Anda. Malas belajar menjadi salah satu faktor penghambatnya. Mengerti, kok, terkadang belajar membuatmu bosan. Mungkin Anda membutuhkan cara belajar baru yang kaya yang ada di kelas, jadi, deh.

EdupediaJurusan Kuliah Ekonomi, Apa saja?

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini