Jumlah Pemain Bola Kasti dan Formasi yang Perlu Diketahui

Permainan catur sudah tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia. Olahraga yang satu ini sekilas mirip dengan baseball dan sofbol. Untuk bermain kasta harus mengumpulkan banyak orang, karena jumlah pemain kasta dalam satu regu cukup banyak.

Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang olahraga catur mulai dari pengertian hingga jumlah pemain lengkap dengan posisinya. Penasaran? Simak penjelasan berikut untuk informasi lebih lanjut.

Apa itu Permainan Bola Kasta?

Menurut penjelasan di Gramedia.com, permainan yang dimainkan oleh dua tim dengan cara melempar, menangkap, dan memukul bola menggunakan tongkat. Bola yang digunakan dalam permainan ini adalah bola tenis kecil.

Permainan kasta bola termasuk permainan tradisional yang mengedepankan kerjasama, kekompakan, kelincahan, dan kesenangan. Permainan ini dibagi menjadi dua tim dengan tugas sebagai penjaga dan batsmen.

Tim yang berfungsi sebagai penjaga harus berusaha menangkap bola yang dipukul oleh tim pemukul. Bola yang berhasil ditangkap akan dimainkan agar bola dapat ditembakkan ke tim pemukul yang sedang berlari untuk pindah tiang.

Tujuan dari relokasi adalah agar para pemain tim pemukul dapat kembali ke tempat asalnya atau yang disebut dengan free space. Ketika di tengah perjalanan menuju tempat asalnya, bola mengenai tim pemukul yang sedang berlari, maka pemain tersebut dinyatakan mati.

Alhasil, kedua tim akan bertukar posisi. Skuad yang sebelumnya menjadi pemukul sekarang berfungsi sebagai pasukan penjaga.

Tujuan dan Manfaat Permainan Bola Kasta

Sama seperti jenis olahraga lainnya, kasta juga memiliki sejumlah tujuan dan manfaat. Mengutip dari Gramedia.comberikut adalah beberapa tujuan dan manfaat dari permainan catur.

  1. Melestarikan olahraga tradisional.
  2. Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.
  3. Meningkatkan rasa sportivitas antar pemain.
  4. Meningkatkan pemahaman tentang aturan permainan.
  5. Meningkatkan kemampuan menggunakan strategi dan teknik dalam permainan ganda.
  6. Memperkuat persahabatan dan kerjasama.
  7. Melatih keterampilan komunikasi dan kerjasama.
  8. Jadilah wadah untuk mengekspresikan diri dan melatih kreativitas.
  9. Dapatkan olahraga yang murah tapi tetap sehat.
Baca Juga:   Kisah KH Ahmad Dahlan Lolos Bawa Majalah Yang Dilarang Belanda

Jumlah Pemain Kasta dan Jabatannya

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, permainan catur ini melibatkan banyak pemain. Sesuai deskripsi di sportstarts.idjumlah pemain sepak bola kasta adalah 12 orang dalam satu regu dengan 5 di antaranya sebagai rekomendasi.

Setiap pemain akan mendapatkan angka dari 1 sampai 12. Posisi pemain dalam permainan catur, sebagai berikut:

1. Posisi Pemukul

Dalam permainan kasta terdapat pemain yang berperan sebagai pemukul. Seorang pemukul memiliki peluang tiga kali untuk memukul bola ketika dilempar. Pemukul tidak boleh asal-asalan dalam menjalankan tugasnya, karena memukul bola kasta juga harus menggunakan teknik.

Ada tiga macam teknik memukul dalam permainan bola kasta, yaitu teknik memukul menanjak, memukul mendatar, dan memukul tanah. Masing-masing teknik tersebut akan menghasilkan gerakan bola yang berbeda.

Pemain yang telah memukul bola harus segera berlari mengelilingi lapangan yang dijaga oleh tim lawan. Bola yang dilempar tidak boleh mengenai pemukul. Jika bola mengenai batsman, itu berarti batsman kalah dalam permainan.

2. Posisi Pelempar

Selain pemukul, ada juga posisi pelempar. Seperti namanya, posisi pemain ini bertugas melempar bola ke arah batsman sesuai dengan instruksi batsman. Dalam melempar bola kasta juga terdapat teknik tersendiri yaitu teknik memantul dan mendatar. Sebisa mungkin pemain yang bertugas melempar bola, harus bisa melempar bola tepat pada tim pemukul.

3. Posisi Tim Penangkap

Posisi pemain kasta selanjutnya adalah posisi tim penangkap. Pemain pada posisi ini bertugas menangkap bola yang telah dipukul oleh batsman, kemudian melemparkan bola ke arah batsman. Tim penangkap ini biasanya tersebar di seluruh lapangan.

4. Posisi Tim Penjaga

Terakhir, ada posisi tim penjaga dalam permainan catur. Jumlah pemain sepak bola kasta pada posisi ini adalah 12 pemain termasuk batsmen. Pemukul setelah menyelesaikan tugasnya, akan berlari mengelilingi lapangan tanpa terkena bola dari pelempar. Ketika tim penjaga (batsman) memukul bola, maka tim tersebut dinyatakan kalah dalam permainan.

Baca Juga:   Contoh Karya Ilmiah yang Sederhana Namun Benar

Itulah sejumlah informasi penting terkait permainan catur, mulai dari arti, tujuan dan manfaatnya, hingga jumlah pemain catur dan posisinya. Informasi itu perlu dipahami sebelum Anda mencoba bermain olahraga tradisional ini.

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli Jumlah Pemain Bola Kasti dan Formasi yang Perlu Diketahui

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

EdupediaJumlah Pemain Bola Kasti dan Formasi yang Perlu Diketahui

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini