Jokowi Tawarkan 4 Konsep Agar Dunia Tahan Bencana Alam hingga Pandemi

Presiden Joko Widodo menawarkan empat konsep kepada dunia internasional agar lebih tangguh dalam menghadapi bencana alam. Beberapa yang ditawarkan adalah investasi teknologi hingga pembangunan infrastruktur hijau.

Hal itu disampaikan Jokowi saat membuka pertemuan internasional kebencanaan The 7th Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di Bali, Rabu (25/5).

“Kami menawarkan konsep berkelanjutan sebagai jawaban atas tantangan segala bencana, termasuk menghadapi pandemi,” kata Jokowi di Nusa Dua, Bali, Rabu (25/5).

Konsep pertama adalah penguatan budaya dan kelembagaan yang antisipatif terhadap bencana. Salah satu isu yang sedang ditangani adalah pendidikan yang mengedepankan keselamatan dan tanggap bencana.

Kedua, berinvestasi dalam ilmu pengetahuan, teknologi, hingga inovasi dalam menghadapi bencana. Ini termasuk memastikan akses ke pendanaan dan transfer teknologi. Jokowi mengatakan Indonesia sudah memiliki dana darurat bencana.

“Serta dana desa untuk mendukung upaya mitigasi dan kesiapsiagaan,” ujarnya.

Ketiga, membangun infrastruktur yang tangguh terhadap bencana dan perubahan iklim. Jokowi mengatakan, selain infrastruktur fisik, infrastruktur hijau seperti budidaya mangrove juga bisa didorong.

“Mangrove, cemara udang, lalu tanaman vetiver untuk mencegah longsor, serta pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTh) menjadi bagiannya,” kata Jokowi.

Keempat, terus berkomitmen untuk mengimplementasikan kesepakatan global seperti Sendai Framework, Paris Agreement, dan Sustainable Development Goals (SDGs). Jokowi mengatakan bahwa Indonesia akan terus melaksanakan kerja sama tersebut.

“Kami siap berbagi ilmu dalam mitigasi bencana, namun sekaligus ingin belajar dari dunia internasional,” ujarnya.

Bukan tanpa alasan Jokowi menawarkan empat konsep tersebut. Indonesia menjadi salah satu negara yang sering dilanda bencana alam mulai dari gempa bumi hingga letusan gunung berapi.

Hingga 23 Mei, telah terjadi 1.613 bencana alam di Indonesia. Rata-rata, sebanyak 500 gempa skala kecil dan besar terjadi dalam sebulan.

Baca Juga:   Tesla PHK 200 Pekerja Tim Autopilot dan Tutup Kantor di California

Selain itu, selama tahun 2015 hingga 2021 telah terjadi 121 letusan gunung berapi di Indonesia. Belum lagi kebakaran hutan yang terus menjadi potensi ancaman.

“Dengan berbagai upaya, kebakaran hutan bisa ditekan. Tahun 2021, kami telah merestorasi 3,4 juta hektare lahan gambut,” kata mantan Wali Kota Solo itu.

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli Jokowi Tawarkan 4 Konsep Agar Dunia Tahan Bencana Alam hingga Pandemi

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

BeritaJokowi Tawarkan 4 Konsep Agar Dunia Tahan Bencana Alam hingga Pandemi

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini