Jokowi Beri Wejangan Polri: Setiap Kecerobohan Bisa Rusak Kepercayaan

Presiden Joko Widodo hari ini menghadiri Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-76. Dalam sambutannya, Jokowi mengingatkan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) untuk menjaga kepercayaan masyarakat.

Bukan tanpa alasan, dalam survei Kompas terbaru, masih ada 28,6% masyarakat yang menilai tindakan Polri tidak sesuai dengan visi presisi. Karena itu, Jokowi meminta polisi bertindak hati-hati.

“Setiap kelalaian di lapangan sekecil apapun bisa merusak kepercayaan masyarakat,” kata Jokowi di Semarang, Selasa (5/7).

Jokowi mengatakan Polri adalah organisasi besar yang jaringannya bisa sampai ke desa. Oleh karena itu, lembaga ini sering diamati karena mengganggu kehidupan masyarakat.

“Masyarakat akan menilai apakah perilaku polisi sesuai dengan harapan,” kata Jokowi.

Presiden juga meminta Polri untuk adaptif dan mampu berinovasi menjadi institusi modern. Selain itu, polisi harus mengutamakan upaya pencegahan dan tetap menjunjung tinggi hak asasi manusia (HAM).

“Lakukan proses dengan humanis tapi tegas, jadikanlah penegakan hukum sebagai langkah terakhir (ke masyarakat),” kata Presiden.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan momentum HUT Bhayangkara akan menjadi momentum Polri untuk berbenah. Tujuannya agar lembaga yang dipimpinnya menjadi modern.

“Tingkatkan agar kita tidak anti kritik dengan menyerap aspirasi masyarakat,” kata Sigit.

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli Jokowi Beri Wejangan Polri: Setiap Kecerobohan Bisa Rusak Kepercayaan

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

Baca Juga:   BI Sebut Tarif Transfer BI-Fast Rp 2.500 Akan Turun, Bisa Gratis?
BeritaJokowi Beri Wejangan Polri: Setiap Kecerobohan Bisa Rusak Kepercayaan

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini