Isi BBM Via Aplikasi MyPertamina, Amankah Pakai Ponsel di SPBU?

Pertamina (Persero) meminta masyarakat menggunakan aplikasi MyPertamina untuk membeli Pertalite dan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi. Apakah Aman Menggunakan Ponsel Saat Mengisi Bahan Bakar di Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU)?

SPBU rata-rata melarang semua orang di lokasi untuk menggunakan gawai, terutama saat mengisi bahan bakar. Alasannya, penggunaan ponsel pintar (smartphone) dapat menyebabkan kebakaran.

Pertamina melalui MyPertamina mengatakan, penggunaan ponsel di SPBU dimungkinkan. “Asalnya sesuai dengan ketentuan keamanan lokasi penggunaan dan tujuannya,” demikian dikutip dari akun Facebook MyPertamina, dua pekan lalu (13/6).

Ponsel dapat digunakan dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Digunakan di tempat umum seperti toko serba ada, foodcourt, dan kantor
  • Untuk pembayaran gunakan aplikasi MyPertamina dari dalam mobil atau dengan jarak aman 1,5 meter dari SPBU dispenser

Gawai tidak boleh digunakan di area pembongkaran tangki dan SPBU, atau terlalu dekat dengan pompa pengisian.

Dikutip dari situs resmi Verizon, Komisi Komunikasi Federal Amerika Serikat (FCC) menyatakan bahwa tidak ada bukti laporan, ponsel menjadi penyebab kebakaran. Meskipun, secara teoritis mungkin ada percikan dari baterai ponsel.

Namun, FCC menyimpulkan potensi ancaman seperti itu sulit. Fuel Trade Association atau Petroleum Equipment Institute (PEI) juga mengatakan penyebab kebakaran di SPBU tersebut berasal dari pelepasan listrik statis, bukan dari ponsel.

Meski begitu, para ahli sepakat bahwa konsumen harus mengambil tindakan pencegahan yang tepat. Oleh karena itu, SPBU biasanya melarang konsumen:

  • Menggunakan ponsel
  • Merokok
  • Isi bahan bakar sambil menyalakan mesin kendaraan

Sebelumnya, Pertamina akan mengandalkan aplikasi MyPertamina di ponsel untuk mengisi BBM bersubsidi Pertalite dan Solar. Pertamina meminta masyarakat segera membuat akun dan mendaftar di laman MyPertamina mulai 1 Juli.

Baca Juga:   Populasi Merupakan Salah Satu Objek Penelitian, Ini Penjelasan Para Ahli

Hal ini bertujuan untuk menyaring konsumen yang berhak mendapatkan BBM bersubsidi Pertalite dan Solar.

Cara pembelian BBM menggunakan aplikasi MyPertamina yaitu :

  • Pendaftaran dapat dilakukan melalui Aplikasi MyPertamina atau situs subsiditepat.mypertamina.id
  • Pengguna akan diminta untuk mengunggah data kendaraan dan identitas
  • Setelah itu, pengguna akan diberi tahu melalui surel terdaftar
  • Pengguna terdaftar akan mendapatkan Kode QR secara khusus menunjukkan bahwa data mereka cocok dan berhak untuk membeli Pertalite dan Solar

Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution berharap pendistribusian BBM bersubsidi dengan skema digital tertutup akan memudahkan pemerintah untuk mengidentifikasi konsumen yang berhak menerima Pertalite dan Solar.

“Sistem MyPertamina ini akan membantu kita mencocokkan data pengguna,” kata Alfian dalam siaran persnya, Senin (27/6).

Uji coba awal program distribusi Pertalite dan Solar sesuai target akan dilakukan di lima provinsi, yakni Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Jawa Barat, dan DI Yogyakarta.

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli Isi BBM Via Aplikasi MyPertamina, Amankah Pakai Ponsel di SPBU?

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

BeritaIsi BBM Via Aplikasi MyPertamina, Amankah Pakai Ponsel di SPBU?

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini