Hormati Tjahjo Kumolo, Kader PDIP Diminta Kibar Bendera Setengah Tiang

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memerintahkan seluruh kader, anggota, dan simpatisan mengibarkan bendera PDIP setengah tiang di semua kantor partai. Perintah ini datang dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, sebagai bentuk belasungkawa kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo.

Tjahjo meninggal di RS Abdi Waluyo sore ini, Jumat (1/7), setelah menjalani perawatan intensif akibat infeksi paru-paru.

“Ini penghargaan terbaik untuk almarhum Tjahjo,” kata Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto di Jakarta, Jumat (1/7) seperti dikutip dari Antara.

Hasto mengatakan, Tjahjo merupakan salah satu kader terbaik PDIP, yang sabar, antusias, ramah, dan memiliki karakter kepemimpinan yang pemersatu.

Megawati Soekarnoputri dan seluruh keluarga besar PDI Perjuangan, kata dia, menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Tjahjo Kumolo.

Hasto menyebut Tjahjo sebagai sosok legendaris di PDIP, pernah menjadi anggota DPR selama enam periode, menjadi Sekretaris Jenderal PDIP, hingga dua kali menjabat menteri pada masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo, yakni Menteri Dalam Negeri. Mendagri dan Menpan RB.

“Almarhum juga sosok setia yang mendampingi Bu Megawati Soekarnoputri. Saya diajari Mas Tjahjo bahwa mengabdi kepada Bu Megawati harus menggunakan dunia batin dan pikiran jernih, penuh kejujuran dan kesetiaan,” ujarnya.

Sebelum berkarir politik di Jakarta, saat masih muda, Tjahjo cukup aktif di Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Tengah. Tjahjo juga seorang politikus Golkar sebelum bergabung dengan PDIP.

Jenazah Tjahjo akan disemayamkan di kantor menteri di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan untuk dimandikan. Setelah itu, jenazah akan disemayamkan di masjid Kantor Kementerian PAN RB. Selanjutnya, proses pemakaman akan berlangsung di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata.

Baca Juga:   Hindari Sensor Cina, Warga Shanghai Buat Konten Lockdown Gunakan NFT

Tjahjo Kumolo sebelumnya dikabarkan menjalani perawatan intensif karena infeksi paru-paru. Akibatnya, ia tidak aktif dalam perannya sebagai Menpan RB sejak 21 Juni 2022. Selama Tjahjo sakit, Presiden Joko Widodo telah menunjuk Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD sebagai Menpan RB. untuk sementara.

Sebelum menjabat sebagai Menpan RB, Tjahjo pada masa kepresidenan pertama Jokowi dipercaya menjadi Menteri Dalam Negeri di Kabinet Kerja sejak 2014.

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli Hormati Tjahjo Kumolo, Kader PDIP Diminta Kibar Bendera Setengah Tiang

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

BeritaHormati Tjahjo Kumolo, Kader PDIP Diminta Kibar Bendera Setengah Tiang

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini