Harta Rp 5,4 T yang Diungkap di Tax Amnesty 2 Berasal dari Surga Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) melaporkan, nilai properti asing yang masuk dalam Program Pengungkapan Sukarela (PPS) alias Tax Amnesty Volume II mencapai Rp 76,13 triliun. Dari jumlah itu, sebanyak Rp 5,45 triliun berasal dari tiga surga pajak, yakni British Virgin Islands, US Virgin Islands, dan Cayman Islands.

“Yang sebenarnya memiliki harta benda di Virgin Islands yang merupakan wilayah Inggris Raya. Ada 50 wajib pajak dengan total harta Rp 4,97 triliun, kita dapat pajak Rp 601 miliar,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers online. , Jumat (1/7) .

British Virgin Islands menjadi negara asal pengungkapan aset asing terbesar kedua, setelah Singapura yang mencapai Rp 56,9 triliun.

Selain negara aliansi Inggris, Sri Mulyani juga menyebut ada harta senilai Rp 326,2 miliar yang berasal dari negara surga pajak lain, yakni US Virgin Islands. Nilai harta itu diungkap tiga wajib pajak dengan setoran pajak Rp 29 miliar.

Sementara itu, laporan harga dari Cayman Islands disampaikan oleh 135 wajib pajak dan nilai propertinya mencapai Rp 147 miliar. Dari pengungkapan itu, pemerintah mengumpulkan Rp 24,2 triliun.

Surga pajak umumnya didefinisikan sebagai negara atau wilayah yang memberlakukan pajak rendah atau bahkan tidak mengenakan pajak sama sekali. Negara atau wilayah juga menyediakan tempat yang aman untuk menabung untuk menarik arus masuk modal.

Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) menyebutkan ada tiga ciri yangsurga kapak:

  1. Terapkan tarif pajak rendah atau bebas pajak.
  2. Kurang atau kurangnya transparansi
  3. Kurang atau tidak adanya pertukaran informasi antar negara (kurangnya pertukaran informasi yang efektif)

Di luar tiga negara surga pajak, Sri Mulyani menyebutkan, beberapa negara asal aset terbesar terungkap dalam PPS. Kekayaan dari Singapura tercatat Rp 56,9 triliun dengan setoran pajak Rp 7,3 triliun. Disusul Hongkong sebesar Rp 3,6 triliun dengan setoran pajak Rp 440,7 miliar.

Baca Juga:   Daftar Rincian Bahan Baku Minyak Goreng Resmi Yang Dilarang Ekspor

Selain itu, harga yang dilaporkan dalam PPS juga berasal dari Australia sebesar Rp 2,8 triliun dan setoran pajak sebesar Rp 372 miliar dan Rp 1,5 triliun dengan PPh sebesar Rp 180 miliar.

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli Harta Rp 5,4 T yang Diungkap di Tax Amnesty 2 Berasal dari Surga Pajak

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

BeritaHarta Rp 5,4 T yang Diungkap di Tax Amnesty 2 Berasal dari...

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini