Harga Ponsel Samsung, Xiaomi hingga Apple Berpotensi Naik Tahun Depan

Produsen semikonduktor Taiwan Semiconductor Manufacturing (TSMC) berencana menaikkan harga produk sebesar 6% mulai Januari 2023. Hal ini dinilai berpotensi membuat Samsung, Xiaomi, dan Apple menaikkan harga ponsel pintar (smartphone).

Menurut laporan Digitimes, pesanan dari TSMC dan pelanggan lain di Taiwan belum turun secara signifikan. Padahal, permintaan gadget sudah menurun sejak awal tahun.

“Pesanan pelanggan masih akan mencapai lebih dari 95% kapasitas produksi. Pabrik-pabrik di Taiwan juga fokus untuk meningkatkan kapasitas, karena mereka memiliki komitmen pesanan jangka panjang dengan pelanggan, “kata laporan itu seperti dikutip. GizchinaRabu (29/6).

Dengan optimisme bahwa permintaan masih akan tinggi, produsen chip termasuk TSMC berencana menaikkan harga produk. Selain itu, harga bahan baku, biaya tenaga kerja dan listrik naik.

Belum lagi, beberapa pembuat chip utama di industri perangkat keras, mengandalkan manufaktur TSMC. MediaTek, misalnya, menggunakan chip TSMC untuk lini Dimensity dan Helio-nya.

Qualcomm juga meninggalkan Samsung dan beralih ke TSMC untuk memproduksi SoC Snapdragon 8+ Gen 1 dan Snapdragon 8 Gen 2.

Oleh karena itu, harga ponsel diperkirakan akan naik tahun depan.

Seiring dengan rencana menaikkan harga produk. TSMC akan memulai produksi massal chip 3-nanometer. Chip ini diharapkan akan digunakan secara besar-besaran pada tahun 2024.

Samsung Electronics Co. juga mengumumkan telah memulai produksi massal semikonduktor 3-nanometer. Chip 3nm generasi terbaru ini dibangun di atas teknologi Gate-All-Around (GAA).

Menurut Samsung, teknologi ini memungkinkan pengurangan ruang yang digunakan hingga 35% dan membuat kinerja ponsel 30% lebih cepat. “Juga, konsumsi dayanya 50% lebih rendah dibandingkan FinFET,” kata Samsung seperti dikutip Yonhap, Kamis (30/6).

Kemajuan dalam teknologi manufaktur chip canggih diharapkan dapat meningkatkan jumlah pelanggan semikonduktor Samsung.

Baca Juga:   Inflasi Inggris Terus Meroket Capai 9%, Tertinggi dalam 40 Tahun

“Kami berkembang pesat karena kami terus menunjukkan kepemimpinan dalam menerapkan teknologi generasi mendatang untuk manufaktur,” kata Choi Si-young, presiden dan kepala bisnis pengecoran Samsung.

“Kami akan terus mengembangkan teknologi inovatif dan bekerja untuk mengamankan proses teknologi yang matang dengan cepat,” tambahnya.

Samsung akan bersaing dengan TSMC dalam memproduksi chip 3nm.

Menurut TrendForce, TSMC menguasai 53,5% pasar semikonduktor global pada kuartal pertama. Sedangkan Samsung 16,3%.

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli Harga Ponsel Samsung, Xiaomi hingga Apple Berpotensi Naik Tahun Depan

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

BeritaHarga Ponsel Samsung, Xiaomi hingga Apple Berpotensi Naik Tahun Depan

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini