GoTo Buka Peluang Gaet Bank Jago untuk Bidik UMKM Tahun Ini

GoTo dan Bank Jago telah mengintegrasikan layanan sejak Juli 2021. Kini, lini bisnis keuangan GoTo, GoTo Financial, sedang menjajaki kerja sama baru dengan bank digital ini.

Head of Merchant Business Platform GoTo Financial Novi Tandjung mengatakan, perusahaan fokus memberikan solusi bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UKM) di setiap skala bisnis.

GoTo Financial juga menyediakan berbagai layanan, yaitu:

  1. Pembayaran non tunai: Midtrans dan GoBiz Plus
  2. Administrasi operasional: Selly, Gobiz, dan GoKasir
  3. Saluran penjualan online ke offline (O2O): Moka dan GoStore
  4. Akses modal ventura: GoModal

Pertengahan tahun lalu, Pembayaran non tunai Bank Jago tersedia di aplikasi Gojek. Pelanggan dapat menggunakan tas Jago sebagai sumber dana untuk bertransaksi di berbagai layanan di aplikasi Gojek.

Layanan yang dimaksud meliputi layanan transportasi, pemesanan makanan dan pembayaran tagihan lainnya.

Kemudian, pengguna dapat membuka rekening Bank Jago melalui aplikasi Gojek.

Kini, GoTo Financial tengah mengkaji kerjasama lain dengan Bank Jago. Perusahaan mencatat, salah satu tantangan UKM adalah mengelola keuangan.

Oleh karena itu, perusahaan secara aktif memberikan edukasi terkait hal tersebut.

“Kami juga melihat, mungkin dengan fitur pengelolaan uang keluar masuk, kerjasama dengan Bank Jago bisa kami hadirkan sebagai solusi untuk pedagang. Jadi yang paling dekat, kami ingin bermitra dengan Bank Jago di sini,” kata Novi saat Peluncuran Redaksi di Jakarta, Selasa (21/6).

GoTo Financial Services mencatat pertumbuhan tinggi tahun lalu. Jumlah mitra bisnis GoStore Moka, misalnya, meningkat empat kali lipat setiap tahunnya (tahun demi tahun/yoy) untuk triwulan kedua tahun 2021.

“Moka sudah digunakan di 40 ribu pedagang,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Niaga Haryanto Tanjo.

Sementara itu, jumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang mendaftarkan Selly meningkat dua kali lipat sejak pandemi corona.

Baca Juga:   Operasi Kereta Tangguh 2 Terganggu, Pengiriman LNG Berkurang 1,5 Kargo

Kemudian, nilai transaksi Midtrans meningkat 116% yoy tahun lalu. Sementara fitur transaksi tautan pembayaran melonjak empat kali lipat selama pandemi Covid-19.

Managing Director GoPay Budi Gandasoebrata mengatakan, Midtrans Aggregator menyediakan lebih dari 15 layanan pembayaran, termasuk Indomaret dan Alfamart. “Ada 20 ribu mitra yang aktif bertransaksi. Yang terdaftar bisa lebih banyak lagi,” ujarnya.

Secara keseluruhan, jumlah mitra ritel GoTo Financial telah meningkat tiga kali lipat. Sementara itu, transaksi melonjak enam kali lipat.

Berdasarkan penelitian Lembaga Demografi (LD) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI), ekosistem GoTo Financial dan Gojek berkontribusi 1,6% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional. Nilainya tahun lalu Rp 249 triliun.

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli GoTo Buka Peluang Gaet Bank Jago untuk Bidik UMKM Tahun Ini

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

BeritaGoTo Buka Peluang Gaet Bank Jago untuk Bidik UMKM Tahun Ini

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini