Golkar, PPP, dan PAN Sepakat Bersatu Bangun Koalisi untuk Pemilu 2024

Partai Golkar tengah mengupayakan koalisi dengan Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) untuk menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Kerja sama ketiga partai ini dibentuk untuk membangun budaya politik baru.

Demikian disampaikan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto usai menggelar rapat tertutup dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/5) malam.

Menurut Airlangga, kesepakatan ini tidak terbentuk secara spontan. “Budaya politik baru ini dilakukan dengan kerja sama berjenjang dan bertahap. Kerja sama ini tidak dilakukan secara terburu-buru, melainkan dari hasil kajian yang mendalam,” kata Airlangga dalam konferensi pers usai pertemuan di Rumah Heritage Jakarta, seperti dikutip oleh Antara.

Dalam resepsi tersebut, turut hadir Bendahara Umum DPP Partai Golkar Dito Ganinduto, Wakil Ketua Umum PAN Asman Abnur, dan Dewan Pertimbangan PPP Muhamad Mardiono.

Ketiga ketua umum itu juga sepakat bekerja sama mengendalikan agenda politik ke depan sebagai bagian dari rangkaian pemilu 2024.

“Pertemuan ini tentu akan mendorong ketiga pihak ini untuk bekerja sama atau akan bersatu. Bersatu itu sendiri berarti beringin, matahari, dan Baitullah,” kata Airlangga.

Beringing, matahari, dan rumah mengacu pada lambang masing-masing pihak. Airlangga juga berharap kerjasama ketiga parpol tersebut dapat mencerminkan persatuan. “Kami akan menekankan risiko yang ditimbulkan dari politik identitas,” kata Airlangga.

Lihat juga elektabilitas ketiga partai tersebut.

Selain kepentingan politik, Airlangga menilai koalisi tiga partai tersebut juga akan berdampak positif untuk menopang dan mendukung program pemerintahan Presiden Joko Widodo.

“Saya dan Pak Harso berada di pemerintahan jadi ini akan terus memperkuat pemerintahan Pak Presiden Jokowi. Pertemuan ini sekaligus menyimpulkan pengalaman masing-masing parpol termasuk PAN yang sangat berpengalaman di pemerintahan, baik di DPR maupun di MPR,” ujarnya.

Baca Juga:   BI Ramal Inflasi Mei 3,5% Akibat Harga Bawang Merah dan Tiket Pesawat

Hal senada juga diungkapkan Suharso. Sebagai parpol yang saat ini sama-sama berada dalam koalisi pemerintahan, ketiganya juga ingin menunjukkan kerjasama yang baik.

“Kami memang koalisi pemerintah saat ini. Tentu kami ingin memastikan seluruh perjalanan akuntabilitas yang dipikul Pemerintah harus tuntas dan baik,” ujarnya.

Semoga pemerintahan saat ini dapat meninggalkan warisan yang baik bagi masyarakat dan bangsa Indonesia hingga akhir masa jabatannya pada tahun 2024.

Selain itu, kerja sama ketiga parpol ini juga merupakan bagian dari penguatan kebersamaan agar tidak terjadi perpecahan akibat politik identitas.

Suharso berharap perpecahan akibat politik identitas tidak terulang pada pemilihan umum mendatang.

Sebagai bangsa yang besar, kata dia, Indonesia harus menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia juga bisa menyelenggarakan pemilihan umum dengan baik dan penuh suka cita.

Berita ini kami Kurasi dari sumber: katadata.co.id dengan judul aseli Golkar, PPP, dan PAN Sepakat Bersatu Bangun Koalisi untuk Pemilu 2024

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini