Fungsi Uang, Pengertian, Jenis dan Ketentuan

Schmu.id, Edupedia : Fungsi Uang – Uang adalah? sebelum masuk ke pembahasan, materi yang akan dibahas adalah pengertian/pengertian, fungsi, jenis dan istilah uang secara lengkap. Simak penjelasannya di bawah ini ya gaes!

Arti dan Fungsi Uang Adalah

Dalam ilmu ekonomi, uang adalah suatu benda yang dapat diterima oleh masyarakat secara umum sebagai alat tukar atau alat pembayaran yang sah untuk kegiatan ekonomi.

Ada pula pendapat lain tentang uang bahwa pengertian uang adalah suatu benda yang dapat diterima oleh masyarakat umum dalam mengukur nilai, alat tukar atau alat dalam melakukan pembelian barang dan jasa yang tempatnya telah diatur oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. hukum.

Dalam perekonomian modern, uang tidak hanya digunakan sebagai alat pembayaran atas jual beli barang dan jasa, tetapi sebagai alat pembayaran utang.

Arti Uang Menurut Para Ahli

fungsi uang adalah
Fungsi uang adalah

Pengertian uang menurut beberapa ahli yang mengatakan bahwa uang? Sebagai berikut:

  1. RS Sayers
    Dalam buku RS Sayers yang berjudul “Modern Banking”, pengertian uang adalah segala sesuatu yang umum diterima dalam pembayaran utang.
  2. Rolling G. Thomas
    Dalam buku Rolling G. Thomas yang berjudul “Our Modern Banking and Monetary System”, pengertian uang adalah suatu benda yang sangat mudah dan umum diterima oleh masyarakat dalam pembayaran pembelian barang atau jasa dan dapat digunakan sebagai pembayaran hutang.
  3. Albert Gailort Hart
    Dalam buku Albert Gailort Hart yang berjudul “Utang Utang dan Kegiatan Ekonomi”, pengertian uang adalah kekayaan yang dimiliki sebagai alat untuk melunasi utang dalam jumlah dan waktu tertentu.
  4. Anto Pracoyo dan Tri Kunawangsih
    Anto Pracoyo dan Tri Kunawangsih mengatakan, pengertian uang adalah alat tukar yang dapat digunakan oleh masyarakat ekonomi global pada umumnya.
  5. Irma Rahmawati |
    Irma Rahmawati mengatakan, pengertian uang adalah suatu benda yang dapat disetujui oleh semua lapisan masyarakat sebagai alat tukar dalam suatu kegiatan perdagangan.
  6. Rismsky K. Judisseno
    Rismsky K. Judisseno mengatakan, pengertian uang adalah suatu media yang dapat digunakan oleh setiap pelaku ekonomi atau pelaku pasar uang dalam mempermudah dalam melakukan transaksi.
Baca Juga:   Definisi Pasar Keuangan, Manfaat, Jenis, dan Bedanya dengan Pasar Uang

Fungsi Uang

fungsi uang adalah
tumpukan uang dollar

Pada umumnya fungsi utama uang adalah untuk menukar suatu barang dengan barang lain yang mempunyai nilai yang sama. Penggunaan uang dalam menghindari sistem barter seringkali menjadi masalah.

Namun dewasa ini, fungsi uang terbagi menjadi dua, yaitu fungsi asal dan fungsi turunan. Di bawah ini adalah penjelasannya:

1. Fungsi Asli Uang

Dalam hal ini fungsi asli uang adalah fungsi yang tujuan utamanya adalah penciptaan uang. Berikut adalah beberapa fungsi asli uang di bawah ini:

  • Uang sebagai alat tukar merupakan fungsi dari uang yang mengubah sistem barter sehingga pada saat melakukan transaksi berjalan lebih mudah dan cepat.
  • Uang sebagai satuan hitung (unit of account) yang menunjukkan nilai barang atau jasa sehingga dapat memperlancar proses pertukaran.
  • Uang sebagai alat penyimpan nilai atau sering disebut (currency).

2. Fungsi Derivatif Uang

Selain fungsi uang sebagai alat tukar, uang memiliki beberapa fungsi lain, sebagai berikut:

  • Uang sebagai alat pembayaran umum.
  • Uang sebagai standar pembayaran yang ditangguhkan.
  • Uang sebagai alat transfer modal atau (transfer of value), yang dalam hal ini uang dapat menambah modal usaha.
  • Uang sebagai ukuran suatu harga atau nilai (standard of value).

Jenis Uang

Jenis uang dapat dibedakan berdasarkan tiga kategori, yaitu berdasarkan lembaga yang mengeluarkan uang, bahan, dan nilai. Di bawah ini adalah penjelasannya:

1. Berdasarkan Masalah

  • Uang Kartal (uang biasa) adalah uang yang digunakan sebagai alat pembayaran yang sah dan wajib digunakan pada masyarakat untuk kegiatan transaksi jual beli.
  • Uang Giral (deposit bank) adalah jenis uang yang disimpan di Bank dan dapat digunakan setiap kali ada kebutuhan pembayaran. Contoh uang giral adalah cek karcis, giro, dan uang lainnya.
Baca Juga:   Pengertian Tagihan, Jenis, dan Contoh Kewajiban yang Harus Dibayar

2. Berdasarkan Bahan Manufaktur

  • Uang Logam adalah uang yang terbuat dari bahan logam (emas atau perak) yang dapat digunakan secara umum, memiliki nilai yang tinggi dan stabil, mudah dikenali, tahan lama, dan dapat dibagi menjadi yang lebih kecil.
  • uang kertas adalah uang yang dihasilkan dari bahan kertas berdasarkan standarisasi. Pada uang kertas terdapat warna, gambar, dan stempel khusus yang telah disertifikasi.

3. Berdasarkan Nilai

  • Uang penuh adalah uang yang mengandung nilai intrinsik (materi) dan jumlah nominal yang sama. Atau, nilai nominal uang yang sama pada bahan dan proses pembuatannya.
  • uang token adalah uang yang nilai nominalnya berbeda dari nilai intrinsiknya. Atau, nilai nominal uang berbeda pada bahan dan proses pembuatannya.

Istilah Uang – Fungsi Uang

Berikut 10 persyaratan uang yang telah ditetapkan, sebagai berikut:

1. Dapat Diterima Secara Umum (acceptability)

Syarat utama atas uang adalah akseptabilitas yang dapat diterima secara umum. Dalam hal ini uang harus dapat diterima secara umum untuk digunakan, apakah itu sebagai alat tukar, timbunan kekayaan, dan untuk pelunasan utang standar atau alat pembayaran barang yang sah.

2. Mudah Disimpan (storable)

Dapat disimpan atau bisa saat disimpan. Dalam hal ini uang harus memiliki fleksibilitas, karena bentuk fisiknya tidak terlalu besar dan mudah saat akan dilipat. Uang harus mudah disimpan seperti di saku atau dompet.

3. Portabilitas

Uang mudah dibawa atau mudah dibawa. Uang harus mudah ketika dipindahkan ke tempat lain. Ini pasti lebih mudah dalam pembayaran. Tidak terbayangkan jika berat uang mencapai 5 kilogram, maka orang akan kesulitan saat membawa uang.

4. Daya Tahan

Persyaratan uang harus mencakup daya tahan atau umur panjang. Uang harus tahan lama dan tidak mudah rusak. Kualitas uang harus tahan lama dan tidak mudah.

Baca Juga:   Beasiswa Kuliah Di Jepang Lulusan Smk, Segera Daftar!

5. Dapat dibagi

Uang harus mudah bila dibagi dengan jumlah nilai nominal. Dalam hal ini uang harus mudah dibagi tanpa mengurangi jumlah nilai aslinya sehingga dapat digunakan dalam kelancaran proses jual beli dan dapat dibagi menurut satuan dengan berbagai ukuran jumlah nominal.

6. Ada Jaminan dari Pemerintah

Uang yang telah beredar dibuat oleh pemerintah. Tentunya setiap uang yang diciptakan harus dijamin oleh pemerintah. Dalam hal ini ada jaminan dari pemerintah, penggunaan uang untuk berbagai keperluan akan dipercayakan kepada masyarakat luas.

7. Nilai stabil (stability of value)

Uang harus memiliki nilai yang stabil (stability of value). Jika nilai uang berfluktuasi secara tidak teratur, orang tidak akan menggunakan uang sebagai alat tukar. Kestabilan nilai uang sangat penting dalam hal uang agar tidak menimbulkan fluktuasi yang besar.

8. Kualitas cenderung sama (keseragaman)

Uang harus memiliki kondisi yang seragam atau sama kualitasnya. Kualitas semua uang harus cenderung sama dan tidak ada perbedaan. Dalam hal ini uang dalam jumlah nominal yang sama dengan kualitas yang berbeda akan tetap sama jumlahnya dengan aslinya atau tidak dapat dikurangi.

9. Tidak Mudah Dipalsukan (scarcity)

Dalam hal ini harus ada ciri khusus pada uang tersebut agar tidak mudah dipalsukan oleh para pemalsu uang. Jika uang mudah dipalsukan maka nilai uang akan menurun karena dapat diperkirakan akan banyak beredar uang palsu di masyarakat.

10. Ada Kesinambungan yang Berkelanjutan

Yang terakhir dalam hal uang adalah memiliki kontinuitas terus menerus. Dalam hal ini penggunaan uang tersebut dapat digunakan terus menerus dalam jangka waktu yang lama sehingga masyarakat dapat mempercayai uang tersebut tetap ada.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan

Itulah Info tentang Fungsi Uang, Pengertian, Pengertian, Jenis dan Ketentuan, yang kami tulis ulang (kurasi) dari banyak sumber.

EdupediaFungsi Uang, Pengertian, Jenis dan Ketentuan

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini