Erick Thohir: SOP dan Kepemimpinan yang Jelas Akan Cegah Korupsi

Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan perlu adanya standar operasional, prosedur atau SOP dan kepemimpinan yang jelas untuk mencegah korupsi di lingkungan BUMN.

“Aturan main yang jelas, SOP yang dalam proses bisnis diperlukan untuk mencegah korupsi. Namun, SOP yang baik tanpa kepemimpinan yang baik itu gratis,” kata Erick Thohir dalam unggahan di akun Twitternya, @erickthohir, Selasa (28/6).

Menurut Erick Thohir, pemimpin tanpa SOP akan menumbuhkan korupsi, karena mereka memiliki kekuasaan penuh. Di sisi lain, SOP yang baik tanpa ada kepemimpinan, juga gratis.

Erick Thohir mencontohkan kasus yang terjadi di PT Garuda Indonesia. Kedua hal tersebut tidak berjalan beriringan sehingga berujung pada terjadinya kasus dugaan korupsi yang kini ditangani Kejaksaan Agung.

Dalam video singkat yang diposting di Twitter-nya, Erick Thohir mengatakan bahwa setelah membersihkan Garuda Indonesia, restrukturisasi tercapai. Namun, setelah restrukturisasi, roda bisnis Garuda Indonesia tidak bisa lagi seperti biasanya.

“Tidak mungkin kehabisan restrukturisasi, bisnis seperti biasa, itu tidak mungkin, itu akan terjadi lagi nanti. Setelah ini, kita harus disiplin dengan model bisnis yang kita punya, tingkatkan SOP dan leadershipnya,” ujar Erick Thohir.

Oleh karena itu, kata Erick Thohir, Kementerian BUMN bersinergi dengan KPK dan Kejaksaan dalam proses bisnis BUMN.

Misalnya di Garuda Indonesia dulu beli pesawat, beli apa-apa rencana bisnis sama sekali. Sekarang hal seperti itu tidak boleh terjadi lagi.

“Sejak awal, kami juga bersinergi dengan KPK, Kejaksaan Agung, dan BPKP untuk menjadikan Garuda Indonesia profesional, transparan, dan akuntabel,” kata Erick Thohir.

(Tim Peneliti Katadata)

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli Erick Thohir: SOP dan Kepemimpinan yang Jelas Akan Cegah Korupsi

Baca Juga:   Menelaah Wujud Bantuan Kejaksaan dan Kepolisian dalam Penyidikan Pajak

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

BeritaErick Thohir: SOP dan Kepemimpinan yang Jelas Akan Cegah Korupsi

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini