Erick Thohir: Komitmen Jangka Panjang Bawa Indonesia Jadi Negara Maju

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, salah satu kendala Indonesia menjadi negara maju adalah kurangnya komitmen jangka panjang.

Hal itu ditegaskan Erick Thohir dalam diskusi dengan mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Selasa 21 Juni 2022.

“Ngomong-ngomong soal luar angkasa kita malah semakin tertinggal, padahal calon anak yang lahir dari BJ Habibie luar biasa. Tapi masalahnya sama, kita sebagai bangsa tidak punya komitmen jangka panjang,” ujarnya.

Salah satu komitmen jangka panjang Erick Thohir adalah membangun industri pertahanan. Dia menandatangani perjanjian kerja sama dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. “Agar industri pertahanan kita tidak memiliki ini peta jalan per tahun, harus peta jalan 10 tahun, agar industri bisa turun,” kata Erick.

Langkah konkret lainnya dalam industri digital. Potensi ekonomi digital Indonesia, kata Erick, sangat besar. Namun jika tidak dimanfaatkan dengan baik dan maksimal, Indonesia hanya akan menjadi pasar tujuan.

Sektor logistik juga masih tertinggal jauh. Hal ini tercermin dari biaya logistik yang masih terlalu mahal di Indonesia. “Hari ini kita baru membicarakan peningkatan biaya logistik termahal di dunia sebesar 23 persen dibandingkan negara lain (sebesar) 12 persen (dari total biaya),” katanya.

Dikatakannya, pembangunan infrastruktur skala besar oleh BUMN infrastruktur antara lain bertujuan untuk menekan biaya logistik yang mahal. Diharapkan dengan infrastruktur yang lebih baik, biaya logistik bisa lebih murah.

Namun dia sangat mengasihani masyarakat nysayanyir. “Dengan membangun jalan tol, bandara, pelabuhan, itu juga di marahi, katanya utang terus,” katanya.

Padahal, menurut Erick, Korea Selatan pada tahun 60-an membangun infrastrukturnya saat negara tersebut baru saja menyelesaikan perang. “Itu 50 persen dari anggaran untuk infrastruktur. Jadilah Korea hari ini,” katanya.

Baca Juga:   Indonesia Tidak akan Ekspor EBT, Bahlil: Untuk Industri Dalam Negeri

(Tim Peneliti Publikasi)

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli Erick Thohir: Komitmen Jangka Panjang Bawa Indonesia Jadi Negara Maju

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

BeritaErick Thohir: Komitmen Jangka Panjang Bawa Indonesia Jadi Negara Maju

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini