Erick Thohir Ketua Peringatan Satu Abad Nahdlatul Ulama

Erick Thohir ditunjuk sebagai ketua panitia memperingati seratus tahun Nahdlatul Ulama (NU), karena Menteri BUMN merupakan kader ormas Islam terbesar di Indonesia.

Ketua Umum PBNU, KH Ahmad Fahrur Rozi atau Gus Fahrur mengatakan, Erick diangkat menjadi ketua karena salah satu dari sembilan agenda dalam peringatan satu abad NU adalah menargetkan kemandirian ekonomi umat.

Sosok Erick Thohir yang aktif di dunia ekonomi dinilai sesuai dengan pesan yang ingin dibawanya di peringatan satu abad NU.

Menurut Gus Fahrur, usia NU sudah seabad. NU juga akan menunjukkan prestasi abad pertama dan bagaimana membangun abad kedua. Memasuki abad kedua, tentunya ada juga harapan terkait kebangkitan ekonomi mahasiswa.

“Oleh karena itu, salah satu agenda Gerakan Kemerdekaan NU. Kemandirian dalam bidang ekonomi, pendidikan, dan kesehatan,” ujarnya, Jumat (17/6).

Nahdlatul Ulama berdiri pada tanggal 31 Januari 1926 M atau 16 Rajab 1344 H. Peringatan HUT dilaksanakan dua kali yaitu setiap tanggal 31 Januari dan 16 Rajab. Menurut penanggalan Hijriah, tahun depan NU tepat berusia satu abad.

Agenda lain dalam peringatan satu abad NU akan terkait dengan refleksi capaian ormas abad pertama dan proyeksi menyambut abad kedua.

Ada juga agenda penting dalam peringatan itu akan diadakan dialog antara para pemimpin Islam di seluruh dunia dan dengan para pemimpin agama lain.

Bahkan, kata Gus Fahrur, rencana acara dialog antar tokoh agama akan mengundang tokoh Katolik, Paus Fransiskus.

Pada kesempatan terpisah, Erick Thohir menjelaskan bahwa tema yang diangkat adalah “Peduli Dunia, Membangun Peradaban”.

Tema tersebut, kata dia, diambil sebagai langkah besar NU dalam menghadapi sejumlah tantangan, termasuk mempertahankan tradisi keagamaan yang mengayomi semua.

Baca Juga:   NASA Tunjuk 3 Perusahaan untuk Desain Reaktor Nuklir di Bulan

“Akan ada sembilan program besar dalam rangkaian peringatan satu abad NU yang akan dimulai pada Juni mendatang,” katanya, yang berpuncak pada resepsi satu abad NU di Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Februari 2023.

Erick menampilkan sembilan program dalam peringatan harlah NU meliputi NU Tech, Pembentukan Wanita NU, Festival Tradisi Islam Nusantara, dan Anugerah Tokoh Nahdlah.

Kemudian, Pekan Olahraga NU, Agama Dua Puluh (R-20), Launching Gerakan Kemerdekaan NU, Musyawarah Fiqih Peradaban, dan Resepsi Satu Abad NU.

(Tim Peneliti Katadata)

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli Erick Thohir Ketua Peringatan Satu Abad Nahdlatul Ulama

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

BeritaErick Thohir Ketua Peringatan Satu Abad Nahdlatul Ulama

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini