Dorong Belanja Produk Lokal, LKPP Bekukan 5.000 Produk Impor

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) melakukan berbagai upaya untuk mendorong belanja produk dalam negeri (PDN) serta produk usaha mikro kecil (UMK) dan koperasi.

Salah satunya, LKPP membekukan produk impor yang bisa digantikan produk lokal.

“Presiden RI telah mengamanatkan anggaran belanja pemerintah sebesar Rp1.200 triliun harus difokuskan pada belanja PDN dan UMK-Koperasi. Setelah itu, LKPP telah membekukan lebih dari 5.000 produk impor yang memiliki substitusi PDN,” tulis LKPP dalam siaran persnya, Sabtu (18/6/2022).

LKPP juga bekerjasama dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), dimana semua pemerintah daerah telah ditunjuk sebagai pengelola katalog daerah.

“Kemajuan pemerintah daerah yang menyelenggarakan Katalog Elektronik Daerah masih belum sesuai dengan harapan Pak Presiden, sampai saat ini baru 127 pemerintah daerah (23,4%) yang sudah mengeluarkan produk, namun 415 pemerintah daerah (76,6%) belum produk yang dikeluarkan,” kata Kepala LKPP Abdullah Azwar Anas dalam Rakernas XIV Apkasi, Sabtu (18/6/2022).

“Tugas kami saat ini adalah membantu pengusaha untuk maju orientasi hingga Katalog Elektronik dan Toko Online,” lanjutnya.

Untuk memudahkan pelaku UMK dan koperasi dalam mensuplai produknya, LKPP menyederhanakan birokrasi untuk masuk ke Katalog Elektronik LKPP dari 8 tahap menjadi hanya 2 tahap.

“Atas instruksi Presiden, kami memiliki beberapa kondisi rumit menjatuhkan dan seluruh Kabupaten/Kota kini dapat mengelola Katalog Elektronik Lokal maupun Toko Online. Ini harus terintegrasi dan mudah dijangkau oleh para pelaku usaha, oleh karena itu kondisi yang menyulitkan dunia usaha kita terputus, tentunya bersama kita bersama-sama mengontrol kualitas pengadaan barang/jasa,” jelas Anas.

Di sisi lain, Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Sutan Riska menyampaikan, seluruh Bupati yang tergabung dalam APKASI siap mendukung program tersebut.

Baca Juga:   Promosikan Produk, BSI Gelar Pameran Life with BSI Expo di Surabaya

“Pemerintah daerah harus bisa membuat kebijakan yang konkrit agar dampaknya bisa dirasakan, komitmen akan terus dilakukan untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional dan menghadapi gejolak ekonomi global,” kata Sutan, seperti dilansir situs LKPP, Sabtu. 18/6/2022).

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli Dorong Belanja Produk Lokal, LKPP Bekukan 5.000 Produk Impor

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

BeritaDorong Belanja Produk Lokal, LKPP Bekukan 5.000 Produk Impor

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini