Dimediasi Kemenaker, Dunkin Donuts Akan Bayar Tunggakan THR Pekerjanya

Dunkin’ Donuts telah sepakat untuk membayar Tunjangan Hari Raya (THR) untuk tahun 2021 dan 2022 kepada sejumlah karyawannya. Hal itu sejalan dengan tercapainya Kesepakatan Bersama (PB) antara manajemen PT Dunkindo Lestari dengan Serikat Pekerja Dunkindo Lestari (SP KINTARI) di Kementerian Tenaga Kerja, Senin (23/5).

Penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Manajer Human Resource Development (HRD) PT Dunkindo Lestari Djenede Jahya dengan Ketua Umum SP KINTARI Adi Darmawan. Turut hadir Kemnaker Heru Widianto, Direktur Pencegahan Perselisihan Hubungan Industrial dan Kelembagaan (KPPHI).

Dunkindo Lestari akan membayar THR 2021 pada Rabu 15 Juni dan THR 2022 pada Jumat 1 Juli 2022. Kesepakatan ini merupakan hasil instruksi Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah kepada bawahannya untuk menangani masalah tersebut.

“Kami menindaklanjuti dialog antara perusahaan dan serikat pekerja dengan Mediator Hubungan Industrial sehingga tercapai kesepakatan,” kata Indah Anggoro Putri, Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja dalam keterangan pers, Selasa (24/5). .

Sebelumnya Dunkin Donuts tidak membayar THR selama dua tahun berturut-turut. Ida juga meminta perusahaan untuk membayar tunjangan yang merupakan hak pekerja sekaligus kewajiban pengusaha.

“Kemnaker telah mengontrol pelaksanaan pembayaran THR keagamaan,” kata Indah.

Kesepakatan dicapai setelah pertemuan selama hampir tujuh jam. Dunkin akhirnya setuju untuk membayar THR secara penuh kepada 35 pengurus dan anggota SP KINTARI.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (ASPEK) Sabda Pranawa Djati yang mendampingi SP KINTARI juga berharap setelah pembayaran THR, Dunkindo Lestari dapat mempekerjakan 92 orang tenaga kerja lagi.

“Untuk aktif bekerja di lokasi yang masih beroperasi tanpa persyaratan pelatihan yang diadakan oleh pengusaha,” katanya dalam keterangan tertulis ASPEK Indonesia.

Baca Juga:   Pasar Khawatir The Fed Lebih Agresif Kerek Bunga Picu Resesi Ekonomi

Sebelumnya, kuasa hukum Dunkin Donuts Indonesia Mohammad Zahky Mubaroh mengatakan perusahaan yang bergerak di bidang food & beverage tersebut terkena dampak pandemi Covid-19.

“Klien kami selalu berusaha untuk mematuhi semua peraturan perundang-undangan yang ada di Indonesia, terutama yang berkaitan dengan ketenagakerjaan,” kata Zhaky pada 19 Mei.

Berita ini kami Kurasi dari sumber: katadata.co.id dengan judul aseli Dimediasi Kemenaker, Dunkin Donuts Akan Bayar Tunggakan THR Pekerjanya

BeritaDimediasi Kemenaker, Dunkin Donuts Akan Bayar Tunggakan THR Pekerjanya

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini